Amplop Lebaran, Amplop Es Krim dan Cara Membuatnya

Masih bersemangat membuat amplop untuk persiapan lebaran. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi ide kreatif amplop lebaran, amplop es krim dan cara membuatnya. Untuk bahan amplop itu sendiri yaitu kain flanel yang sudah tidak asing lagi bagi kita.

Kegiatan membuat amplop lebaran ini memang sangat menyenangkan apalagi jika proses membuatnya terbilang cukup mudah namun hasilnya sangat memuaskan. Amplop model es krim ini misalnya. Anda juga bisa membuatnya untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual.

Seperti yang kita tahu, menjelang Idhul Fitri, amplop merupakan benda yang banyak dicari untuk keperluan salam tempel. Selalu ada ide baru untuk membuat amplop yang menarik. Berbagai macam model amplop dapat kita jumpai ketika lebaran entah itu di dunia nyata atau hanya sekedar gambarnya saja. Namun amplop es krim seperti yang Kreasi Ceria buat ini belum ada sebelumnya. Ide membuat amplop es krim ini muncul ketika saya membeli es krim cone atau es dung-dung yang lewat di depan rumah.

Amplop Lebaran Amplop Es Krim dari Kain Flanel

Setelah mencoba membuat amplop es krim ini, sungguh di luar dugaan. Kreasi Ceria pun banjir pesanan. Jujur saja kalau kami tidak berjualan. Kreasi Ceria adalah content creator dengan kata lain, kami punya ide, dari ide tersebut terciptalah karya. Dan sudah menjadi komitmen kami untuk selalu berbagi ilmu atas karya yang sudah kami hasilkan salah satunya di blog sederhana ini.

Nah, dengan adanya amplop es krim yang mirip dengan es krim asli ini, dijamin anak-anak pasti suka. Bukankah target utama penerima amplop ketika lebaran adalah anak-anak?

Baiklah, berikut ini tutorial amplop es krim yang bisa anda simak lengkap dengan gambar dan keterangannya.

Cara Membuat Amplop Es Krim

Untuk membuat amplop es krim ini, kita membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut.
1. Kertas untuk pola
2. Pensil
3. Kain flanel
4. Gunting
5. Lem tembak

Tutorial Amplop Lebaran Amplop Es Krim dari Kain Flanel

1. Pertama-tama buat pola dasar amplop. Ada dua pola yaitu untuk cone dan es krimnya. Untuk cone atau contong nya berbentuk segitiga dengan alas agak melengkung. Ukuran segitiga ini panjang lebarnya 10 cm dan tinggi segitiga 9 cm. Untuk es krim nya, berukuran lebar 3 cm dan tingginya 5 cm.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola amplop pada kain flanel. Letakkan pola dasar amplop di atas kain flanel. Sematkan jarum pentul. Selanjutnya gunting kain menurut pola.

3. Setelah digunting, maka akan didapat bagian amplop yaitu sebuah cone. Kemudian gunting kain flanel untuk bagian es krim sebanyak dua. Untuk lebih jelasnya, bagian-bagian amplop tampak seperti pada gambar.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat cone atau contong. Lipat kain seperti pada gambar. Beri lem tembak dan rekatkan.

5. Tekan-tekan dan atur bentuknya hingga didapat bentuk cone atau contong yang diinginkan.

6. Langkah selanjutnya pasangkan bagian es krim (yang berwarna putih) pada mulut cone. Beri lem tembak dan rekatkan. Untuk bagian atas es krim, beri sedikit lem dan rekatkan sehingga bagian atas menutup. Untuk kedua sisinya jangan dilem. Kedua sisinya ini adalah lubang untuk memasukkan uang.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat lilitan pada amplop es krim. Potong kain flanel memanjang seperti pada gambar.

8. Langkah terakhir, lilitkan potongan kain flanel tadi pada amplop es krim dengan lilitan spiral seperti pada gambar. Dan itulah hasil pengerjaan amplop es krim dari kain flanel.

Demikianlah sharing ide kreatif Amplop Lebaran, Amplop Es Krim dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Amplop Lebaran, Amplop Es Krim dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA