Amplop Lebaran, Cara Membuat Amplop Cinta dari Kain Flanel

Membuat amplop lebaran merupakan kegiatan yang banyak dilakukan orang untuk persiapan menyambut hari raya Idhul Fitri. Banyak sekali ide kreatif membuat amplop lebaran salah satunya mungkin bisa anda coba yaitu membuat amplop cinta dari kain flanel. Amplop cinta? Ya. Memang terdengar aneh di telinga ketika menyebut namanya bahkan mungkin terkesan berlebihan. Mengapa saya memberi nama amplop cinta? Hal ini karena amplop yang saya buat ini berbentuk hati, simbol cinta atau love.

Amplop Lebaran Amplop Cinta dari Kain Flanel

Masih menggunakan kain flanel sebagai bahan dasar amplop lebaran. Amplop cinta ini dibuat dengan dua ukuran yaitu lebar/ horizontal dan lonjong/ vertikal. Untuk amplop horizontal, bentuk amplop cenderung besar dan lebar. Cara menggunakan amplop ini, uang harus dilipat dan dimasukkan dengan posisi melintang. Sedangkan amplop vertikal, bentuknya cenderung lonjong. Cara menggunakan amplop ini, uang harus digulung dan dimasukkan dengan posisi berdiri.

Membuat amplop cinta seperti ini bisa anda lakukan di waktu luang sebagai aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa dipakai sendiri, amplop cinta yang lucu dan unik ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan menjelang lebaran.

Berbahan kain flanel yang kaya warna serta tekstur kain yang lembut, amplop cinta yang lucu ini pasti disukai anak-anak apalagi jika didukung dengan isi amplop yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan bersedekah masing-masing orang.

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuat amplop cinta? Berikut ini step by step membuat amplop cinta dari kain flanel yang dapat anda simak lengkap dengan gambar dan keterangannya.

Cara Membuat Amplop Cinta

Untuk membuat amplop cinta ini, kita hanya membutuhkan kain flanel, pensil, kertas untuk pola, jarum pentul, mata boneka, lem tembak.

Tutorial Amplop Lebaran Amplop Cinta dari Kain Flanel

1. Pertama-tama buat pola dasar amplop. Buat desain amplop berbentuk hati pada selembar kertas buffalo. Gambar desain amplop menggunakan pensil. Selanjutnya terapkan pola amplop yang sudah dibuat pada kain flanel. Caranya lipat kain flanel menjadi dua. Letakkan pola dasar amplop di atasnya. Sematkan jarum pentul. Selanjutnya gunting kain flanel menurut pola.

2. Setelah digunting, maka akan didapat dua bagian amplop yaitu depan dan belakang. Kemudian gunting amplop bagian belakang. Mengguntingnya pada bagian atas kira-kira berjarak 2 cm dari tepi.

3. Langkah selanjutnya satukan kedua bagian amplop dengan cara dilem tembak tepinya. Untuk bagian atas yaitu yang digunting tadi letakkan sedikit menindih pada bagian bawah sehingga bagian atasnya ada sisa kemudian beri lem tembak dan rekatkan.

4. Langkah selanjutnya rapikan bagian atasnya atau kelebihan tadi dengan cara digunting sehingga bentuknya menjadi rapi.

5. Tekan-tekan lagi pada bagian pinggirnya. Jika ada yang berlubang karena kurang lem bisa ditambahkan lem tembak sehingga amplop benar-benar seperti yang diiginkan.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat hiasan amplop yaitu sepasang mata seperti pada gambar kemudian tempelkan mata boneka jika ada. Buat juga mulut dan pasangkan pita untuk mempercantik amplop.

7. Pada gambar adalah contoh amplop yang dibuat berdasarkan pola lonjong. Cara membuatnya sama seperti membuat amplop lebar.

Demikianlah sharing ide kreatif Amplop Lebaran, Cara Membuat Amplop Cinta dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Amplop Lebaran, Cara Membuat Amplop Cinta dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA