Cara Membuat Amplop Lebaran Model Tote Bag dari Kain Flanel

Halo pembaca sekalian...masih ada lagi amplop lebaran persembahan Kreasi Ceria. Kali ini penulis ingin berbagi cara membuat amplop lebaran model tote bag dari kain flanel. Tahu kan tote bag? Itu loh, tas yang bentuknya sederhana dan cara membawanya dijinjing. Ya, mirip tas emak-emak yang biasanya dibawa ke pasar untuk membawa belanjaan. Tote bag juga sering digunakan untuk tempat kue di acara hajatan. Tote bag yang digunakan biasanya berbahan kertas.

Nah, bagaimana kalau tote bag ini dijadikan model amplop lebaran. Akan semakin menarik tentunya. Seperti yang kita lihat, model amplop lebaran sekarang ini semakin beragam. Bentuknya tidak lagi sesederhana seperti amplop-amplop pada umumnya. Model apa pun bisa dibuat untuk amplop lebaran misalnya berbagai karakter yang lucu. Apalagi jika bahannya dari kain flanel yang fleksibel dan mudah dibentuk. Dengan sumber daya dan kreativitas yang kita miliki, bukan tidak mungkin kain flanel tersebut bisa disulap menjadi berbagai karya yang unik dan menarik salah satunya amplop lebaran.

Dan seperti inilah amplop model tote bag yang dibuat dengan cara yang cukup mudah tanpa proses jahit yaitu hanya menggunakan lem saja sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Amplop Model Tote Bag dari Kain Flanel

Bagaimana amplop tote bagnya? Bagus kan? Anda juga bisa membuatnya untuk dipakai sendiri. Mari kita rayakan hari kemenangan di hari nan fitri dengan berbagi kepada mereka, anak-anak di lingkungan sekitar. Anak-anak pasti senang mendapatkan amplop beserta isinya apalagi ditambah permen sebagai bonus untuk melengkapi nominal yang mungkin tidak seberapa hehehe.

Berikut ini tutorial amplop lebaran model tote bag dari kain flanel yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara Membuat Amplop Model Tote Bag

Untuk membuat amplop tote bag, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Penggaris
3. Pensil
4. Tali kur
5. Velcro
6. Gunting
7. Lem tembak

Step by Step Membuat Amplop Model Tote Bag

Tutorial Amplop Model Tote Bag dari Kain Flanel

1. Potong kain flanel menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 16 cm dan lebar 8 cm. Siapkan juga 2 tali kur yang masing-masing panjangnya 14 cm dan velcro.

2. Langkah selanjutnya ukur kain flanel dan buat jarak 7 cm, yang tengah 2 cm, dan 7 cm. Tandai dengan pensil seperti pada gambar

3. Langkah selanjutnya gunting kira-kira 1,5 cm yang ditandai tadi seperti pada gambar. Ada 4 titik yang harus digunting.

4. Langkah selanjutnya lipat sisinya keluar atau yang sudah digunting tadi sehingga menindih tepat bagian yang tengah. Beri lem tembak dan rekatkan.

5. Lakukan hal sama untuk sisi yang satunya. Beri lem tembak dan satukan dengan cara menindih sisi yang tadi.

6. Setelah itu lakukan lagi dengan cara yang sama untuk melipat sisi tas yang satunya sehingga terbentuk bodi tas seperti pada gambar.

7. Langkah selanjutnya lubangi tas menggunakan gunting atau pendedel benang. Setelah itu pasang tali kur dan simpulkan.

8. Langkah selanjutnya tempelkan velcro seperti pada gambar. Velcro berfungsi untuk kancing tas.

9. Agar tas tampak cantik, hiasi dengan daun dan bunga dari kain flanel yang sudah disiapkan kemudian tempelkan. Selesai dan itulah amplop lebaran model tote bag yang sudah jadi.

Demikianlah sharing ide kreatif dan Cara Membuat Amplop Lebaran Model Tote Bag dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

0 Response to "Cara Membuat Amplop Lebaran Model Tote Bag dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA