-->
Cara Mudah Membuat Topi dari Kain

Cara Mudah Membuat Topi dari Kain

Topi, seperti yang kita ketahui adalah benda penutup kepala yang berguna untuk melindungi kepala dan rambut dari sinar matahari. Sejak zaman dulu sampai sekarang topi menjadi salah satu fashion yang menjadi tren di dunia. Lihat saja kaum bangsawan di negara-negara Eropa, topi merupakan asessoris yang wajib dipakai sebagai pelengkap penampilan. Di negeri Ratu Elizabeth misalnya,topi  di negara ini kerap dikenakan kaum wanita di berbagai acara baik formal maupun informal. Jadi topi bukan hanya sekedar sebagai penutup kepala namun juga bisa dikatakan sebagai gaya hidup dikalangan para pecinta mode.

Cara membuat topi dari kain

Membuat Topi Sendiri

Berbicara mengenai topi, pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat topi sederhana dengan cara yang mudah. Bahan untuk membuat topi ini adalah kain. Meskipun sebenarnya bahan untuk membuat topi bukan dari kain saja. Topi yang dari dulu sampai sekarang masih banyak digunakan adalah topi dari bahan kulit yang bentuknya lebar atau yang biasa dinamakan topi koboy. Namun yang umum bentuknya adalah yang dipakai anak sekolah ketika upacara.


Selain berbahan kain dan kulit, tidak jarang kita menjumpai topi yang dibuat dari bahan seperti bambu yang dianyam contohnya topi yang biasanya dipakai para petani dan nelayan. Topi jenis ini dikenal dengan nama caping nggunung karena bentuknya mengerucut seperti gunung dan sangat lebar. 

Oke deh sekarang kita lanjutkan pada pokok pembahasan cara membuat topi sederhana yaitu dari kain. Dan ternyata cara membuat topi sendiri itu tidak terlalu sulit dan bahannya pun ada di sekitar kita.

Bahan yang diperlukan untuk membuat topi adalah : kain, benang, pita dengan ukuran lebar 1,5cm.
Alat yang diperlukan : gunting, jarum, mesin jahit.
Langkah pertama adalah membuat pola.

Pola bagian topi
Bentuk Pola topi dan potongan kain

Potong pola seperti pada gambar di atas dengan ukuran lebar 10 cm , tinggi pola 18 cm. Selanjutnya potong kain mengikuti pola , potong sebanyak 6 .Beri jarak 1 cm untuk kampuh jahitan. Kemudian gabungkan keenam potongan kain tadi dengan cara dijahit. Kain bagian dalam atau sisi yang jelek bertemu dengan  kain bagian dalam. Setelah itu dibalik. Untuk menyiasati agar sambungan tidak terlihat, maka disini kita beri aplikasi pita untuk bagian luar dan dalam. Caranya jahit dulu pita untuk bagian dalam topi, selanjutnya jahit pita untuk bagian luar topi. Agar mudah ketika menjahit dengan mesin, sebaiknya dijahit jelujur dulu. Gambar tutorial selengkapnya ada di bawah ini.
Tutorial cara membuat topi kain
Setelah proses membuat topi bagian atas selesai, selanjutnya potong kain dengan ukuran panjang 2 kali lingkar topi bagian atas dengan lebar 12 cm. Selanjutnya buat kerutan atau wiru pada kain yang sudah dipotong tadi, kemudian jahit kain yang sudah diwiru tadi pada topi bagian atas dan obras tepinya agar serat kain tidak terurai dan rapi.

Langkah terakhir dari proses pembuatan topi adalah menjahit kelim pinggiran topi dan menjahit pita untuk tali topi.

Demikianlah tutorial cara mudah membuat topi dari kain yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat and Happy Crafting :)

Baca juga:

Tidak ada komentar