Cara Membuat Slime dengan Aman dan Mudah

Cara Membuat Slime dengan Aman dan Mudah

Banyak cara membuat slime yang bisa kita jumpai dengan penggunaan bahan yang berbeda-beda. Slime merupakan mainan yang sedang digemari oleh banyak orang. Teksturnya yang lembek dan mudah dibentuk membuat banyak anak ketagihan untuk memainkannya, bahkan tak segan mereka akan membuatnya sendiri di rumah. Sebagai orang tua, kita harus memastikan bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan slime tersebut aman dan tidak berbahaya bagi anak.

Inilah Cara Membuat Slime dengan Aman dan Mudah

Banyaknya anak yang suka memainkan slime membuat banyak pedagang mainan yang kemudian memperjualbelikan slime dengan tampilan yang menarik. Kita tidak pernah tahu, bahan apa yang digunakan dalam pembuatan tersebut, apakah aman atau tidak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika kita membuat sendiri slime di rumah sehingga kita bisa mengawasi bahan dan cara pembuatan slime agar aman untuk anak.

Bahan yang Digunakan

Sebenarnya, banyak variasi bahan yang bisa digunakan, meskipun nanti hasilnya tidak jauh berbeda. Gunakan bahan-bahan yang aman ketika Anda memutuskan untuk membuat slime sendiri di rumah. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:
3 sdm lem fox
3 sdt air
3 tetes obat tetes mata
1 sdt baking powder
2 sdt baby oil
2 sdt sabun cair
1sdt pewarna makanan
Bahan-bahan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di beberapa toko. Meskipun terlihat aman, tapi Anda wajib mendampingi anak ketika melakukan cara membuat slime ini di rumah.

Cara Pembuatan Slime

Untuk bisa mendapatkan slime yang kenyal dan tekstur sesuai yang diharapkan, Anda harus mengikuti cara pembuatannya dengan benar, baik langkah-langkahnya maupun penggunaan bahan slime. Berikut adalah cara pembuatan slime yang bisa Anda ikuti:

1. Tuangkan lem fox pada baskom atau nampan, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan merata.

2. Masukkan baking powder secara perlahan sambil mengaduk adonan sehingga semuanya tercampur menjadi satu.

3. Tambahkan obat tetes mata, sabun cair dan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut. Aduk terus sampai semua bahan tercampur merata.

4. Terakhir, masukkan baby oil dalam adonan dan lakukan pengadukan secara terus menerus hingga adonan menjadi kalis.

5. Jika semua bahan sudah tercampur rata, slime pun sudah bisa dimainkan. Mudah, bukan? Membuat sendiri slime di rumah tidak hanya bermanfaat untuk keamanan anak, tapi juga berguna untuk melatih kreativitas anak. Mereka bisa mengkreasikan dengan berbagai bentuk dan warna sesuai kesukaannya. Keterampilan dan kreativitas anak menjadi lebih terasah melalui eksperimen pembuatan slime. Namun, pastikan bahwa, bahan yang digunakan tidak berbahaya bagi anak.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara membuat slime dengan aman dan mudah di rumah yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak. Semoga bermanfaat. Happy crafting.

Baca juga:

Tidak ada komentar