Jenis-jenis Kain untuk Bahan Boneka

Jenis-jenis Kain untuk Bahan Boneka

Jenis-jenis kain untuk bahan boneka harus Anda ketahui terlebih dahulu agar bisa menemukan bahan yang sesuai. Setiap jenis kain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Cara mendapatkannya pun tidak sulit karena sekarang kita bisa membelinya secara online, termasuk import.

Pentingnya Memilih Kain untuk Bahan Boneka

Inilah Jenis-jenis Kain untuk Bahan Boneka

Boneka menjadi barang yang disukai oleh semua kalangan, terlebih wanita dan anak-anak. Berbagai karakter terlihat lebih lucu ketika dibuat boneka. Kain yang halus dan lembut membuat boneka sangat nyaman untuk dipeluk, dijadikan bantal ataupun guling. Kualitas boneka ini tidak bisa dipisahkan dengan kain yang digunakan. Kita harus bisa memilih kain boneka yang terbaik dan sesuai. Pemilihan kain juga berpengaruh terhadap harga jual boneka.

Ini Dia 5 jenis Kain untuk Membuat Boneka

Sebenarnya, banyak jenis kain yang dapat digunakan dalam pembuatan boneka. Namun, ada jenis-jenis kain untuk bahan boneka favorit Anda, yaitu:

1. Kain flannel

Kain ini semakin populer karena bisa dibuat menjadi berbagai macam produk kreasi. Kain yang terbuat dari wol halus ini mudah dilipat dan dibentuk, termasuk menjadi boneka. Selain itu, kain flannel harganya juga relatif murah dan mudah didapat. Saat ini banyak toko yang menjual kain flannel misalnya toko bahan kerajinan dan toko peralatan tulis.

2. Kain rasfur

Bahan yang mahal ini pasti sering Anda jumpai di banyak toko boneka. Kain rasfur memiliki bulu yang lurus dan keriting. Pasalnya, semakin panjang bulunya membuat harga jualnya juga semakin mahal. Bahkan, Anda perlu mengimpor untuk mendapatkan kain kualitas unggulan.

3. Kain yelvo

Kain ini memiliki bulu yang pendek, bertekstur licin, dan mudah melar. Dengan sifatnya ini, tidak semua penjahit bisa membuat boneka dari kain ini karena diperlukan teknik menjahit yang berbeda. Jika Anda ingin menggunakan kain ini, maka Anda harus mengimpornya dari luar negeri karena kain ini jarang digunakan di Indonesia.

4. Kain nylex

Sebagian besar boneka yang berbentuk mirip manusia dibuat dari kain yang satu ini, seperti boneka upin ipin, mickey mouse, minnie mouse dan lain sebagainya. Sifatnya sedikit kasar, tipis dan berbulu sedikit. Harganya pun lebih terjangkau dengan varian warna yang memadai.

5. Kain velboa

Kain ini memiliki varian warna yang paling lengkap, mulai dari warna terang hingga warna gelap. Teksturnya hampir mirip dengan kain rasfur, hanya saja bulunya lebih pendek dan harganya lebih murah. Meski demikian, bulunya tidak mudah rontok. Tidak heran jika banyak produsen boneka yang suka menggunakan kain ini.

Banyak kain yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pembuatan boneka. Pilihlah bahan yang lembut, halus, dan bulu-bulu yang tidak mudah rontok agar aman digunakan oleh anak-anak.

Demikian artikel yang mengulas tentang jenis-jenis kain untuk bahan boneka. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar