Cara Membuat Rok Simple Tanpa Pola

Waktu itu niatnya sih hanya ingin membeli kain jeans untuk bahan tas dan dompet. Begitu melirik kain sifon polkadot apalagi setelah tahu harga per meternya yang hanya Rp 18.000,- membuat hati ini kepincut juga untuk membeli. Sudah kainnya lumayan bagus, murmer lagi. Rencananya mau dibikin jilbab sifon yang modelnya tumpuk seperti yang dijual di toko online.



Sesampainya di rumah langsung saya buka lemari ambil jilbab sifon pemberian kakak yang belinya online gitu loh, buat contoh, mau menjiplak. Tapi akhirnya tidak jadi, karena saya pikir untuk bikin jilbab kan harus dikombinasikan dengan kain sifon yang warnanya senada. Dan sebelumnya saya tidak kepikiran untuk membeli kain sifon untuk kombinasi. Mau balik lagi ke tokonya kok ya jauh. Mau dibuat apa ya enaknya. Sempat bingung juga. Mau dibikin tas kok gimana gitu. Ya udah, akhirnya dibikin rok aja. Kebetulan ada persediaan kain furing

Rok sifon simple

Ok deh, untuk membuat rok simple ini , berikut tutorialnya.
Langkah pertama, ukur lingkar pinggang anda + 20cm untuk karet ban. Tentukan panjang rok sesuai keingingan anda.

Ini ukuran kain yang saya beli. Panjang kain 150cm, lebar kain 112cm. Dan ini ukuran rok saya. lebar rok 94cm, lingkar rok 188cm, panjang rok 80cm, lingkar ban setelah dikerut 60cm.
Selanjutnya siapkan alat dan bahannya.
Alat : gunting, bolpoin, kapur jahit, jarum jahit, jarum pentul, mesin jahit.
Bahan :
Kain sifon
kain furing
Benang
Karet ban

Langkah Pembuatan Rok Simple

Bentangkan kain. Letakkan 2 buah bolpoin sebagai pembatas lebar rok. Kemudian lipat menjadi dua. Melipatnya dengan mempertemukan lebar kain. Kemudian pindahkan salah satu bolpoin ke bagian atas / bagian pinggang( 1/4 lingkar pinggang + 10cm ). Tarik garis putus-putus dengan menggunakan pensil kapur sehingga membentuk bagian sisi rok , selanjutnya potong kainnya dan buka lipatannya.

Rok sifon simple pola 1
Rok sifon simple pola 2
Rok sifon simple pola 3
Rok sifon simple pola 4
Rok sifon simple pola 5
Langkah selanjutnya adalah memotong kain untuk furing. Caranya sama seperti memotong kain untuk rok. Furing harus lebih pendek. Selanjutnya jahit rok dan furingnya. Kemudian jahit obras.
Untuk memasang ban karet caranya lipat dulu bagian pinggang, kemudian jahit melingkar. Sisakan 5cm untuk memasukkan ban karet. Selanjutnya jahit ban karet dengan cara ditarik. Untuk bagian bawah bisa dijahit kelim atau dirolbis.

Rok sifon simple pola 6
Rok sifon simple pola 7

Demikian tutorial membuat rok simple tanpa pola. Saya yakin tanpa tutorialpun anda sudah bisa membuat rok sendiri. Tutorial ini saya buat dalam rangka untuk melatih keterampilan saya dalam mengetik dan merangkai kalimat yang ternyata itu tidak mudah. Jadi kalau ada kata-kata yang susah dipahami ya maap.
Anggap saja yang menulis ini masih belajar :D

So enjoy …happy crafting…
Salam Ceria

2 Responses to "Cara Membuat Rok Simple Tanpa Pola"

  1. Kreatif bgt sist..boleh jg di coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo sist dicoba, kalau bisa membuat rok sendiri kenapa tidak ? dari pada beli atau menjahitkan ke tukang jahit. Kalau bisa membuat sendiri kan lumayan. Pengiritan :>)

      Hapus

DMCA