-->
Tutorial Cara Membuat Sepatu Bayi dari Kain Perca

Tutorial Cara Membuat Sepatu Bayi dari Kain Perca

Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan yang sempurna bagi seorang ibu. Apapun dilakukan demi menunjukkan kasih sayangnya kepada sang buah hati. Banyak calon orang tua yang bingung ketika mempersiapkan perlengkapan bayi. Sebenarnya mempersiapkan perlengkapan bayi tidak harus membeli. Bagi calon ibu yang kreatif dan memiliki banyak waktu luang bisa saja membuat perlengkapan bayi sendiri. Misalnya membuat baju, topi, sarung tangan dan sepatu bayi.

Sepatu bayi yang lucu dari kain perca

Tutorial Cara Membuat Sepatu Bayi dari Kain Perca

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat sepatu bayi dari bahan kain perca. Mengapa lagi-lagi kain perca yang digunakan ? Ya, namanya juga berkreasi dan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita. Tidak ada salahnya bukan ? Meskipun sebenarnya kita bisa membeli perlengkapan bayi yang lucu dan bagus di baby shop mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tapi kalau bisa membuat sendiri pastinya ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri.

Oke, berikut ini adalah bahan dan cara membuat sepatu bayi dari kain perca.

Tutorial dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca

Bahan Bahan Yang Di Perlukan
Kain katun untuk upper dan lining, kalau bisa bahannya pilih yang katun jepang karena lebih lembut dan adem. Kain fleece untuk lapisan. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai pengganti busa, agar sepatu nyaman dipakai. Velcro dan kancing hias untuk pengait sepatu.

Cara membuat :
1. Setelah bahan-bahan sudah dipersiapkan, langkah pertama yaitu menggunting kain katun seperti gambar untuk bagian upper (sepatu bagian atas), sol (sepatu bagian bawah) dan pengait. Kemudian gunting kain katun yang kedua untuk upper lining dan lining bagian sol sepatu. selanjutnya gunting lagi kain fleece seperti pada gambar. Kain fleece sangat lembut sehingga cocok untuk kulit bayi. Untuk ukuran sepatu bisa disesuaikan dengan ukuran kaki bayi dan untuk  warna silahkan sesuaikan dengan selera anda.




Langkah kedua yaitu menggabungkan kain katun (upper) dengan pelapis (kain fleece) dengan cara ditumpuk, demikian juga pada bagian sol sepatu. Langkah berikutnya yaitu proses menjahit. Pertama-tama yaitu membuat pengait seperti pada gambar 2. Selanjutnya jahit velcro kanan dan kiri pada upper menindas pelapis kemudian jahit pengait di tepi lubang sepatu (yang berbentuk huruf U). kemudian sambung  upper dan lining bagian  belakang dengan cara menjahitnya seperti gambar 4.

Tutorial 2 dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca

2. Setelah proses menyambung upper bagian belakang selesai langkah berikutnya adalah  menjahit upper dan menggabungkannya dengan sol sepatu. Cara menjahitnya yaitu yang bagian pelapis (kain fleece) di luar. Untuk memudahkan sematkan jarum pentul agar tidak bergeser. Jahit upper mengikuti  bentuk sol sepatu. Menjahitnya tanpa lining seperti gambar 6.

Tutorial 3 dan cara mudah membuat sepatu bayi dari kain perca
3. Langkah terakhir adalah menjahit lining. Caranya masukkan lining dengan posisi sambungan belakang berada di luar. Selanjutnya jahit lining mengikuti lubang sepatu. Setelah selesai dibalik maka hasilnya tampak seperti gambar 8. Untuk bagian lining bisa dirapikan dengan cara dijahit jelujur atau diberi bisban mengikuti sol sepatu yang sudah dijahit dengan uppernya. Untuk mempercantik sepatu beri kancing hias sehingga hasilnya tampak seperti gambar di atas.

Bagaimana kawan ? mudah bukan cara membuat sepatu bayi ? Awalnya ketika  membaca tutorial-tutorial cara membuat sepatu bayi yang bertebaran di internet saya agak bingung juga. Tapi setelah dipraktekkan ternyata sangat mudah dan sesederhana itu. And now, I just wanna say "practice makes perfect". It's true.

Demikianlah Tutorial cara membuat sepatu bayi dari kain perca yang bisa saya bagikan. Khusus calon ibu yang mungkin membutuhkan tutorial ini untuk berkreasi atau mbak-mbak , adik-adik yang ingin berkarya. Semoga yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda semua.
Happy crafting dan terima kasih :)

Baca juga:

8 komentar

Makasiih ya mba, pas banget butuh tutorial ini

Balas

Sama-sama mbak. Trimakasih sudah berkunjung. Saya senang jika yang saya tulis ternyata bermanfaat. Jangan kapok berkunjung ke blog ini yaaa :)

Balas

Cara ukur polanya gimana mba..??

Balas

Kita bisa mengukur kaki bayi langsung. Pertama-tama ukur panjang dan lebar telapak kaki bayi untuk ukuran sepatu bagian bawah atau sol. Kemudian punggung telapak kaki juga diukur untuk bagian upper nya. Selain dengan cara mengukur kaki bayi langsung, kita juga bisa menjiplak sepatu bayi yang sudah jadi. Untuk membuat pola sepatu bayi, sebaiknya diterapkan dulu pada kertas koran selanjutnya diterapkan pada bahan. Dan bentuk pola standar sepatu bayi kurang lebih seperti yang ada pada gambar artikel ini.

Balas

Untuk lapisan dalamnya apa bs diganti yg lain mbak? Flanel misalnya

Balas

Untuk lapisannya bisa diganti dengan kain flanel. Seperti yang kita tahu, kain flanel adalah kain yang fleksibel dan aman digunakan untuk berbagai keperluan:)

Balas

Thanks infonya sangat bermanfaat

Balas

Sama-sama. Terima kasih kunjungannya :)

Balas