Cara Membuat Dompet Lipat dari Kain Perca Katun

Dompet, semua orang pasti sudah tahu definisi dari kata "dompet". Anak kecilpun juga tahu apa itu dompet dan fungsinya. Bagi anak-anak, dompet biasanya dipakai untuk menyimpan uang mainan. Jadi saya tidak perlu menjelaskan atau mendeskripsikan lagi meskipun sebenarnya saya ingin menulis artikel yang panjang dan kaya informasi seperti blog-blog yang dikelola secara professional. Kali ini saya benar-benar kehabisan kata-kata, jadi to the point saja ya.

Dompet lipat yang bagus dari perca katun

Saya akan membahas tutorial cara membuat dompet lipat langsung pada intinya tanpa banyak basa-basi. Dompet yang saya buat ini berbahan kain katun, lagi-lagi bahannya dari kain perca. Dompet yang saya buat ini terinspirasi dari dompet berbahan imitasi sehingga model dan ukurannya sama persis. Barangkali anda ingin mencoba membuat dompet lipat seperti gambar di atas, berikut ini tutorialnya.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:
Gunting, jarum, benang, kain katun, viselin, kain sponbond untuk lapisan, kain perca beludru dan kancing hias.

Membuat dompet lipat dari kain perca katun

Tutorial membuat dompet lipat yang bagus dari perca katun

1. Untuk bagian luar dompet ,potong kain katun, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama yaitu 26cm x 20 cm (untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar)

2. Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain sponbond dengan ukuran 26cm x 20cm. Potong 2 kain katun + viselin masing-masing ukuran 26cm x 7cm dan 26cm x 8cm. Cara ini untuk menghemat kain. Namun jika tidak ingin ribet bisa langsung menggunakan kain katun + viselin dengan ukuran 26cm x 20cm seperti ukuran kain sponbond.

3. Untuk bagian saku, potong kain katun + viselin + kain sponbond dengan ukuran 20cm x 8cm. Untuk tempat kartu, potong kain katun + viselin sebanyak 3 dengan ukuran 10cm x 9m. Potong kain sponbond berukuran 20cm x 9cm. Kain sponbond ini sebagai alas untuk menjahit tempat kartu.

Tutorial kedua membuat dompet lipat yang bagus dari perca katun
4. Setelah proses memotong bahan selesai selanjutnya rekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain katun kemudian setrika. Suhu setrika jangan terlalu panas agar kain yang sudah ditempeli viselin tidak melengkung. Hasilnya seperti gambar 4.

Tutorial ketiga membuat dompet lipat yang bagus dari perca katun
5. Selanjutnya lipat kain katun bagian atas dan bawah kemudian jahit pada kain sponbond. Lakukan pula untuk bagian satunya. Untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula untuk 3 tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya.

6. Setelah proses menjahit kelim selesai selanjutnya jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis kemudian jahit kelim. Selanjutnya tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond seperti gambar 5. Selanjutnya gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk selanjutnya jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar seperti gambar 6. Selanjutnya jahit kelim pada sisi dompet sampai pada bagian yang dijahit tindas tadi. Proses selanjutnya adalah memasang kancing magnet pada bagian luar dan dalam dompet.



7. Langkah berikutnya yaitu menjahit bisban pada semua sisi dompet. Untuk mempercantik dompet, beri hiasan bunga dari kain perca. Disini saya menggunakan kain perca beludru dan kancing hias.

8. Proses pembuatan dompet lipat selesai .

Bagaimana, mudah kan cara membuat dompet lipatnya ? Saya yakin, praktek membuat dompet lipat seperti ini jauh lebih mudah daripada membaca tutorial yang membingungkan ini. Ternyata tidak mudah ya membuat tutorial dalam bentuk rangkaian kata demi kata agar menjadi kalimat yang enak dibaca dan mudah dipahami. Meskipun demikian, saya harap anda tidak bosan mengunjungi blog sederhana ini. Tanpa anda saya bukan siapa-siapa.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Dompet Lipat dari Kain Perca Katun yang bisa saya bagikan. Trima kasih sudah membacanya. Salam kreatif

2 Responses to "Cara Membuat Dompet Lipat dari Kain Perca Katun"

  1. Keren banget blog, coba setiap artikel di kasih link ke artikel lain,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kapan-kapan InsyaAllah kami edit lagi. Trima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Hapus

DMCA