Cara Mudah Membuat Softcase Tablet dari Sampul Buku Bekas

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini semakin banyak pula gadget yang beredar di pasaran. Seperti yang kita ketahui kini gadget bukan lagi merupakan barang mewah. Persaingan yang semakin ketat antara produsen dan tingginya minat pasar terhadap gadget dengan harga yang murah inilah yang menyebabkan para produsen berlomba-lomba menciptakan produk bagus dengan harga yang murah.

Bukan hanya HP android saja, HP besar seukuran buku tulis yang fungsinya mirip dengan laptop atau yang lebih dikenal dengan istilah tablet, kini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini rasanya kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Dengan internet kita bisa mencari informasi apapun yang kita butuhkan, berkomunikasi tanpa batas, kapanpun dan dimanapun kita berada.

Disadari atau tidak, kini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk bisa mengakses internet maka dibutuhkan media elektronik seperti handpone, smartphone, tablet, komputer, laptop, notebook dan masih banyak lagi. Salah satu perangkat elektronik yang sekarang sedang ngetren dan bisa memenuhi kebutuhan internet kita adalah komputer tablet atau yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan PC tablet. Sebagian orang menyebutnya Ipad, padahal Ipad adalah merk tablet namun karena menjadi pelopornya tablet maka tidak salah jika banyak orang yang menyebut tablet dengan nama Ipad. Tapi ya sudahlah, kalau saya lebih suka menyebutnya dengan nama HP besar hehe.

Softcase tablet yang unik dari sampul buku bekas

Fungsi PC Tablet

Tidak hanya sekedar untuk berinternet, PC tablet juga bisa digunakan sebagai penunjang gaya hidup. Bagi pekerja di dunia pendidikan seperti saya, PC tablet sungguh memudahkan pekerjaan saya. Dengan fiturnya yang sangat canggih PC tablet telah saya optimalkan fungsinya sebagai perangkat untuk menyimpan file-file edukasi. Dengan PC tablet saya tidak perlu lagi membawa buku yang terlalu banyak, karena materi pelajaran sudah terangkum dan saya save dalam bentuk file PDF dan Power Point.

Dengan adanya perangkat canggih seperti PC tablet ini membuat saya merasa lebih keren dan percaya diri apalagi ketika memegang tablet sambil melakukan presentasi di depan siswa-siswi saya. Sesekali saya ajak mereka menonton video cerita anak untuk menghilangkan kejenuhan.

Cara Merawat PC Tablet

Memiliki PC tablet tentunya harus diimbangi dengan perawatan agar tidak mudah rusak. Banyak faktor yang menjadi penyebab kerusakan pada tablet. Salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan tablet adalah karena terjatuh.

Nah bagaimana cara melindungi tablet kesayangan kita dari benturan ketika terjatuh? Atau setidaknya mengurangi resiko ketika tablet terjatuh sehingga terhindar dari kerusakan yang terlalu fatal. Caranya yaitu dengan menggunakan softcase tablet. Untuk mendapatkan softcase tablet , kita bisa membeli dengan cara online atau membeli secara langsung di counter-counter HP. Atau mungkin anda ingin berkreasi sendiri membuat softcase tablet dengan memanfaatkan barang bekas juga boleh.

Membuat Softcase Tablet

Berikut ini adalah cara membuat softcase tablet dari sampul buku bekas yang mudah dipraktekkan. Cara membuat softcase tablet ini tanpa proses menjahit sehingga bagi pemula yang sama sekali tidak bisa menjahit dijamin bisa membuatnya karena yang digunakan hanya lem saja. Untuk membuat softcase seperti pada gambar di atas, alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah gunting, lem fox, sampul buku bekas, kain, karet elastik.

Cara membuat :

Tutorial cara membuat Softcase tablet dari sampul buku bekas
Sampul buku yang digunakan yaitu sampul buku bekas yang agak tebal.  Selanjutnya letakkan sampul buku di atas kain kemudian gunting kain seperti gambar 1 , beri jarak 3 cm untuk lipatan atau kampuh. Langkah selanjutnya yaitu memberi lem di sekeliling sampul kemudian lipat kampuh. Selanjutnya gunting kain untuk lapisan dalam softcase.

Tutorial lanjutan membuat Softcase tablet dari sampul buku bekas
Langkah berikutnya adalah membuat alas tablet. Gunakan kertas yang agak tebal atau bisa juga menggunakan sampul buku yang lain. Lakukan pengukuran tablet. Alas tablet usahakan ukurannya lebih besar dari ukuran tablet dan lebih kecil dari softcase. Dengan demikian maka softcase akan tampak rapi ketika ditutup.

Selanjutnya gunting kain sebagai penutup alas tablet, beri lem dan lipat ke bawah. Langkah selanjutnya yaitu memasang karet elastik. Potong karet elastik sebanyak 4 buah dengan ukuran sesuai ukuran tablet (lihat gambar 5). Setelah karet elastik dipasang di semua sudut alas, kemudian beri lem yang agak banyak dan merata selanjutnya tempelkan alas tablet seperti gambar 6.

Itulah tutorial Cara Mudah Membuat Softcase Tablet dari Sampul Buku Bekas. Begitu mudah, murah dan simpel.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Softcase Tablet dari Sampul Buku Bekas"

Posting Komentar

DMCA