Cara Membuat Dompet Pensil Aplikasi Bunga

Hallo netters... jumpa lagi dengan tulisan saya di blog sederhana ini. Sebelumnya saya sudah pernah memposting tutorial membuat tempat pensil dari kain perca. Bagaimana ? Apakah anda sudah mencoba membuatnya ? Atau ada yang belum paham karena tutorial yang saya posting kurang jelas, minim gambar. Jika memang demikian ya maap.

Jika cara membuat tempat pensil sebelumnya terlalu sulit, kali ini saya akan membagikan tutorial tempat pensil dengan cara yang lebih mudah karena bentuk tempat pensil ini lebih simple dan saya memberinya nama dompet pensil karena tempat pensil ini lebih mirip dompet. Sedikit info tentang dompet pensil ini saya buat masih dari bahan yang sama yaitu dari kain perca katun. Sebenarnya dompet pensil seperti ini bisa dibuat dari bahan kain flanel. Berhubung persediaan kain perca yang menumpuk, maka muncullah ide untuk membuat dompet pensil ini.

Dompet pensil aplikasi bunga dari kain perca

Untuk membuat dompet pensil, alat dan bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah :
1. Gunting, lem tembak, jarum + benang.
2. Kain perca katun (bisa diganti dengan kain yang lain )
3. Resleting ukuran 20 cm
4. Busa hati (bisa diganti dengan busa angin/ busa jilbab/ viselin)
5. Manik-manik untuk hiasan

Cara membuat dompet pensil

Tutorial membuat dompet pensil aplikasi bunga paling mudah
1. Potong kain katun perca dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 23 cm dan lebar 20 cm (sudah termasuk kampuh jahitan). Potong busa hati dengan ukuran panjang 23 cm dan lebar 18 cm. Saya memilih busa hati agar dompet pensil tebal dan agak kaku sehingga awet jika dipakai untuk menyimpan peralatan tulis.

2. Selanjutnya tumpuk busa hati dan kain katun. Beri lem bagian tepi kain kemudian lipat tepi kain menempel pada tepi busa hati. Karena resleting yang saya pakai resleting baju maka kepala resleting harus dilepas dulu agar bisa dijahit di kedua tepi kain. Selanjutnya jahit resleting pada kedua tepi kain dengan cara dijahit jelujur agar mudah ketika dijahit menggunakan mesin jahit. Setelah dijahit hasilnya akan tampak seperti gambar.

3. Buat hiasan untuk mempercantik dompet pensil. Hiasan yang saya buat adalah bunga. Untuk membuat bunga ini hanya dibutuhkan kain perca. Pilih kain perca dengan warna yang cerah agar aplikasi bunga tampak menarik.

Cara membuatnya yaitu dengan memotong kain perca sebanyak 9 atau 6 potongan dengan bentuk persegi dan lingkaran. Kemudian lipat kain yang berbentuk persegi tadi dengan mempertemukan ujungnya hingga membentuk segitiga, kemudian lipat lagi membentuk segitiga. Jahit lipatan segitiga yang terbentuk dengan teknik jelujur. Kemudian potong busa berbentuk lingkaran yang lebih kecil selanjutnya tempelkan pada potongan kain yang berbentuk lingkaran tadi.

Selanjutnya rangkai mahkota bunga dan tempelkan pada kain yang berbentuk lingkaran yang sudah dilekatkan pada busa tadi kemudian dijahit agar mahkota bunga tidak mudah lepas. Beri tambahan manik-manik untuk mata dan buat bibir dengan benang sulam. Jadilah smiling flower hehe. Selanjutnya tempelkan bunga pada bahan dengan cara dijahit atau dilem tembak.

4. Pasang kepala resleting, balik posisi pola dompet kemudian jahit kedua tepinya seperti pada gambar.

5. Setelah itu buat sudut pada sisi kanan dan kiri dengan pola segitiga. Kemudian jahit pada kedua sudutnya setelah itu balik bahan sehingga yang tadinya berada di dalam kembali ke posisi yang semestinya.

6. Selesai deh, dompet pensil cantik sudah jadi dan siap digunakan.

Bagaimana, lebih mudah kan cara membuat dompet pensil ini dibandingkan tempat pensil sebelumnya? Jika saya perhatikan dompet pensil ini bagus juga. Saya yakin, dompet pensil seperti ini pasti laku dan laris manis di pasaran jika dijual dengan harga lima ribuan  Smile with tongue out.

Demikianlah cara membuat dompet pensil aplikasi bunga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

2 Responses to "Cara Membuat Dompet Pensil Aplikasi Bunga"

  1. Bikin dompet buat GA juga gak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat GA bukan dompet lagi mbak, tapi karung hehehe

      Hapus

DMCA