Cara Membuat Topi dalam Waktu 30 Menit Langsung Jadi

Ini adalah artikel saya yang kedua tentang topi dan tutorial cara membuatnya. Mungkin diantara kita ada yang belum tahu jika benda yang biasanya digunakan sebagai penutup kepala ini ternyata banyak jenisnya lo. Untuk setiap jenis topi masing-masing memiliki nama. Selama ini saya menyebut topi ya topi saja. Di Indonesia, umumnya topi dipakai para pelajar ketika upacara sekolah. Saya menyebutnya topi upacara. Sebenarnya topi upacara tersebut memiliki nama sendiri yaitu topi bisbol. Model topi jenis inilah yang paling populer dan banyak dipakai pria maupun wanita.

Bagian-bagian Topi

Sedikit info, topi itu sendiri memiliki dua bagian yaitu crown atau mahkota dan brim atau pinggiran topi. Crown maupun brim memiliki bentuk yang beraneka macam. Di dunia mode, setiap topi memiliki nama yang spesifik tergantung kombinasi crown dan brim yang membentuknya. Contohnya topi cartwheell. Nama cartwheel itu sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti roda gerobak.

Topi wanita dengan crown bulat dan brim alias pinggirannya yang sangat lebar ini dari zaman dulu sampai saat ini masih populer. Jika kita perhatikan, topi jenis ini juga dipakai oleh Rose (dibintangi oleh Kate Winslet) dan orang-orang terpandang dalam film Titanic. Di Eropa, topi jenis ini umumnya memang dipakai oleh wanita berkelas (kaum bangsawan). Di negara kita Indonesia tercinta ini, umumnya topi jenis ini dipakai ketika berlibur ke pantai.

Topi cantik dari kain flanel

Tutorial Membuat Topi Cartwheell

Nah, kali ini saya ingin membagikan tutorial membuat topi cartwheell. Cara membuatnya ternyata sangat mudah sekali. Anda boleh percaya boleh tidak. Saya membuat topi jenis ini hanya membutuhkan waktu 30 menit langsung jadi. Penasaran kan? Yuk simak tutorial berikut ini.

Seperti biasanya, siapkan dulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan yaitu kertas hvs dan pensil untuk menggambar pola. Gunting, jarum dan benang sebagai peralatan untuk menjahit. Lem tembak, kain flanel, karet elastik untuk tali topi. Agar tidak salah potong, pertama-tama buat pola dulu  pada kertas hvs.

Namun sebelumnya ukur dulu lingkar kepala yang akan dibuatkan topi misal topi untuk anak atau untuk orang dewasa. Ukuran lingkar kepala digunakan untuk ukuran besar kecilnya crown/ mahkota topi. Sedangkan untuk brim/ pinggiran topi bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Ingin topi yang lebar atau yang tidak terlalu lebar tergantung dari selera masing-masing.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan topi

Tutorial membuat topi cantik dari kain flanel
  • Setelah pola selesai dibuat (gambar 1 dan 2) selanjutnya gunting kain flanel menurut pola. Yang berbentuk lingkaran adalah brimnya, sedangkan yang berbentuk segitiga adalah crownnya. Sebenarnya pola bisa dibuat utuh tanpa memotongnya menjadi 3 bagian. Berhubung kain flanel yang saya miliki terbatas akhirnya pola saya pecah sedemikian rupa.
Cara mudah membuat topi cantik dari kain flanel
  • Jahit bagian crownnya(mahkota) dengan cara menyatukan semua sisinya. Jahit pula bagian brim (pinggiran topi) hingga bentuknya kembali menjadi lingkaran utuh.
  • Satukan bagian crown dan brim dengan cara dijahit. Posisi jahitan ada di dalam kemudian jahit melingkar. Pasang tali topi dari karet elastik dengan cara menjahitnya agar tidak mudah lepas. Untuk mempercantik topi bisa ditambahkan hiasan bunga mawar gulung dengan cara dilem tembak. Selesai deh. Jadilah topi cartwheel unyu-unyu DIY (Do It Yourself) dari kain flanel.
Kini saatnya berpose...

Topi cantik DIY dari kain flanel
Topi ini terlalu kecil untuk penutup kepala manusia. Bahkan untuk kepala bayipun juga tidak muat. Ya sudah, akhirnya topi cartwheel ini untuk adik Won saja kalau begitu. Lumayan untuk menutupi kepalanya yang botak. Daripada membeli topi di baby shop harganya mahal. Lebih baik membuat sendiri.

Demikianlah cara membuat topi 30 menit langsung jadi. Semoga bermanfaat. Happy crafting...

0 Response to "Cara Membuat Topi dalam Waktu 30 Menit Langsung Jadi"

Posting Komentar

DMCA