Kreasi Kertas Origami dan Kardus Bekas: Jadwal Pelajaran

Jadwal pelajaran merupakan dokumen yang sangat penting bagi setiap siswa. Umumnya jadwal pelajaran ditulis pada selembar kertas kemudian ditempel di dinding atau meja belajar.

Untukmu para pelajar yang mungkin bosan dengan jadwal pelajaran yang hanya itu-itu saja. Mengapa tidak mencoba membuat jadwal pelajaran yang unik untuk mempercantik ruang belajarmu. Dan ternyata untuk mempercantik ruang belajar itu tidak harus mahal kan? Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu. Ada banyak barang bekas yang bisa kamu sulap menjadi aneka kreasi yang menarik salah satunya jadwal pelajaran.

Contoh Jadwal Pelajaran

Pada artikel-artikel yang lain saya sudah membahas serta membagikan tutorial aneka kreasi dari bahan bekas. Dan seperti biasanya, pada kesempatan kali inipun saya juga akan membagikan pengalaman membuat kreasi dari bahan bekas yaitu dari kardus air mineral yang dihias kertas origami. Nah, jika kamu ingin kamarmu atau ruang dekat meja belajarmu tampak unik, sepertinya kerajinan tangan dari kertas origami motif dan kardus bekas ini cocok deh untuk dijadikan Jadwal Pelajaran.

Jadwal pelajaran unik dari bahan bekas

Bagaimana menurutmu, bagus kan? Meskipun menggunakan bahan yang sederhana, jadwal pelajaran ini dapat menjadi alternatif desain untuk memperindah kamar maupun ruang belajarmu. Membuat kerajinan seperti ini juga bisa mengasah daya kreativitas loh. Agar tangan kita menjadi kreatif dan terampil caranya yaitu dengan sering-sering berlatih membuat secara manual beragam pernak-pernik.

Bagi kamu yang kebetulan menyukai desain busana seperti saya, kamu bisa mencoba membuat kreasi seperti yang saya buat ini. Kamu juga bisa membuatnya untuk adikmu yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Atau kamu ingin membuatnya bersama adikmu, tentunya ini sangat mengasikkan.



Berkreasi sambil bermain. Teringat zaman SD bermain bongkar pasang. Sekarang permainan bongkar pasang sepertinya sudah langka. Maka dari itu saya mendesain jadwal pelajaran ini seperti permainan bongkar pasang dengan tema butik ceria hehe. Metode pembuatan baju-baju kertas ini mirip dengan cara membuat baju sungguhan. Jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar menjahit baju sendiri atau memang pada dasarnya sudah memiliki hobby dan bakat di bidang tata busana.

Mau tahu bagaimana saya membuatnya? Baca tutorial atau lebih tepatnya sharing pengalaman saya berikut ini ya ....

Cara Membuat

Alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat kreasi jadwal pelajaran adalah bahan yang ada di sekitar kita yaitu:
• Kardus bekas air mineral, kertas marmer untuk melapisi kardus, kertas origami warna polos dan warna bermotif. Namun jika tidak ada kertas origami, kamu bisa menggunakan bekas kertas kado. Tapi lebih baik menggunakan kertas origami karena motifnya beragam dengan beberapa pilihan warna lagi pula harganya juga murah. Sisa dari kertas origami nantinya masih bisa digunakan untuk membuat kerajinan dalam bentuk lain.
• Gunting untuk memotong
• Lem untuk menempel
• Spidol marker besar untuk menulis
• Kertas agak tebal untuk pola
• Pensil untuk menggambar pola

Berikut adalah langkah-langkah membuat jadwal pelajaran dari kertas origami kardus bekas yang hasilnya seperti ditunjukkan gambar di atas.

Tutorial 1 jadwal pelajaran unik dari bahan bekas
1. Pertama-tama, siapkan kertas warna putih yang agak tebal dan pensil. Yang akan kita lakukan selanjutnya adalah menggambar pola baju yang terdiri dari pola rok, atasan, kerah dan lengan. Selanjutnya kita gambar pola bentuk hanger untuk menggantung baju dan bentuk awan untuk menuliskan hari Senin-Sabtu. Sesuaikan ukuran pola menurut jadwal pelajaran yang diinginkan. Jadi atur ukuran bajunya agar nantinya semua muat jika ditempelkan. Disini jadwal pelajaran yang saya buat berukuran 45x35 cm. Setelah gambar selesai dibuat kemudian gunting gambar pola dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

2. Setelah pola selesai dibuat selanjutnya persiapkan kertas origami warna-warni polos dan bermotif atau kertas bekas bungkus kado.

Tutorial 2 jadwal pelajaran unik dari bahan bekas

3. Langkah selanjutnya yaitu memotong kertas origami sesuai pola yang dibuat. Karena ada enam hari masuk sekolah, jadi ada enam baju yang harus dibuat untuk ditempelkan. Untuk mempercepat proses, disini kita bekerja dengan cara borongan. Potonglah kertas sesuai pola, masing masing berjumlah enam buah kecuali untuk lengan cara memotongnya kita lipat menjadi dua agar lengan berpasangan. Potong kertas origami dan pilihlah motif sesuai dengan seleramu. Untuk bagian atasan kamu bisa menggunakan kertas origami warna polos. Dan untuk bagian kerah dan lengan, motif harus disesuaikan dengan rok.

4. Selanjutnya yaitu membuat wiru untuk bagian roknya. Buatlah beberapa lipatan sehingga ukuran atau lebar rok setelah dilipat sama dengan lebar baju atasan.

5. Langkah berikutnya yaitu menempelkan bagian rok ke bagian atasan baju. Kamu bisa menggunakan lem kertas yang banyak dijual di toko peralatan tulis. Pasangkan atasan dan roknya dengan menyesuaikan warna baju dan motif roknya.

6. Kemudian tempelkan kerah baju tepat di bawah kerung leher. Kerah baju harus sesuai dengan motif rok.

7. Tempelkan bagian lengan kiri dan kanan tepat pada kerung lengan. Masukkan agak ke dalam bagian lengan sehingga bagian baju menindih lengan. Lengan baju harus sesuai dengan motif rok.

8. Baju dari kertas sudah jadi. Kerah, lengan dan rok motifnya sama sehingga serasi. Selanjutnya pasangkan hanger pada baju dan hasilnya seperti pada gambar.

Langkah terakhir yaitu melapisi kardus bekas yang sebelumnya sudah dipersiapkan dengan kertas marmer yang harganya juga murmer. Kemudian tulislah nama-nama hari pada pola awan dilanjutkan dengan menuliskan mata pelajaran pada masing-masing baju. Kemudian tempelkan baju pada pola awan.

Sebenarnya menuliskan mata pelajaran ini bisa kamu lakukan di awal sebelum baju jadi yaitu ketika pola selesai digunting. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan ketika menulis. Namun jika kamu yakin tidak akan terjadi kesalahan ketika menulis maka kamu bisa menuliskannya ketika baju sudah jadi. Selanjutnya tempelkan baju-baju tadi pada kertas dasar dan atur susunan bajunya sesuai seleramu untuk membentuk sebuah jadwal pelajaran selama seminggu.

Itulah Kreasi Kertas Origami dan Kardus Bekas: Jadwal Pelajaran. Oh ya, jangan lupa pada bagian atas dikasih judul "JADWAL PELAJARAN" atau kamu bisa memberikan judul sesuai dengan imajinasimu misalnya " BUTIKKU". Kamu bisa meletakkannya di kamar tidurmu dengan cara menggantungnya, menempelkan di dinding atau apalah yang penting kamu bisa melihatnya. Dengan demikian kamu bisa mempersiapkan pelajaran untuk besok pagi.

Dan yang perlu diingat, kamu adalah seorang pelajar yang harus fokus pada pelajaran sekolah. Jangan membayangkan yang aneh-aneh sebelum tidur ya. Lebih baik kamu melakukan afirmasi sebelum tidur atau berhayal menjadi desainer terkenal atau pengusaha butik yang sukses. Semakin sering kamu membayangkannya, kamu yakin dan mantap maka jangan heran jika kelak hayalanmu itu menjadi kenyataan.

Kata Rhonda Byrne dalam bukunya yang berjudul "The Secret" terkabulnya doa itu tidak lepas dari Law of Attraction atau hukum tarik menarik. Sayangnya banyak yang tidak memahami sepenuhnya termasuk penulis sendiri hmmm...

Oke deh, selamat berkreasi ya dik. Semoga kreasi yang kamu hasilkan nantinya bisa bermanfaat untuk dirimu sendiri dan orang lain.

0 Response to "Kreasi Kertas Origami dan Kardus Bekas: Jadwal Pelajaran"

Posting Komentar

DMCA