Cara Mudah Membuat Boneka Cantik dari Kaos Kaki

Bermain boneka itu sungguh menyenangkan. Sejak zaman dahulu sampai sekarang, boneka merupakan mainan yang sangat digemari oleh anak-anak terutama anak perempuan. Namun tidak jarang perempuan dewasa pun juga menyukainya.

Banyak sekali jenis boneka yang bisa dijadikan mainan. Bahan yang digunakan juga sangat beragam. Bahan-bahan yang bisa digunakan yaitu kain, kulit, kertas, fiber, tanah liat (keramik atau porselen), plastik, dan kayu. Bahan kain merupakan bahan yang lebih banyak digunakan dalam pembuatan boneka. Ini karena bahan kain lebih ringan, lembut dan aman untuk anak-anak. Kain yang digunakan untuk membuat boneka juga beragam. Namun umumnya berbahan seperti bulu yang lembut dan ada juga yang berbahan kain yang bisa melar seperti bahan kaos kaki.

Boneka Cantik dari Kaos Kaki

Membuat Boneka Sendiri, Kenapa Tidak?

Nah pada kesempatan kali ini, seperti biasanya saya akan berbagi pengalaman dalam pembuatan boneka berbahan kaos kaki. Kedengarannya mungkin agak sedikit aneh bukan? Hanya dengan memanfaatkan kaos kaki yang sudah tidak terpakai, kita dapat mengkreasikannya dengan membuat berbagai kerajinan tangan yang menarik salah satunya boneka cantik.

Agar mendapatkan hasil yang bagus, usahakan kaos kaki yang digunakan juga masih bagus. Karena biasanya kaos kaki bekas itu sudah buluk dan melar disana-sini. Jika tidak ada kaos kaki yang bisa digunakan, anda bisa menggunakan deker lengan.

Seperti yang kita ketahui, seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali kreasi-kreasi boneka yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Semua itu tergantung dari bahan yang digunakan. Namun anda tidak usah berkecil hati, karena tidak selalu yang mahal itu bagus. Banyak boneka yang meskipun dibuat dari bahan bekas ternyata hasilnya sangat bagus, lucu dan menggemaskan.

Apakah anda juga suka bermain boneka? Atau anda memang memiliki hobby mengoleksi boneka dan ingin membuat boneka sendiri dan saat ini sedang mencari tutorial? Itu ide yang bagus. Para pelajar yang ingin membuat prakarya. Untukmu bunda yang sedang mencari tutorial membuat boneka untuk putri tercinta. Anda-anda semua tidak salah kamar sudah mampir di blog sederhana ini hehe.

Bisa meluangkan waktu sejenak disela-sela kesibukan untuk hal-hal yang positif itu sungguh luar biasa. Dan mungkin artikel tentang membuat boneka ini bisa kalian jadikan referensi. Anda dapat berkreasi sendiri dalam membuatnya. Kalau bisa membuatnya sendiri tentunya ini hal yang sangat menyenangkan.

Cara membuat kreasi boneka ini cukup mudah dan bahannya pun juga mudah didapat. Hanya dari kaos kaki yang sudah tidak dipakai. Dengan menyulapnya menjadi barang yang lebih berguna, selain mengurangi sampah, kita sudah belajar menjadi orang yang kreatif bukan?

Langkah Pembuatan Boneka Kaos Kaki

Jika anda juga ingin membuatnya, berikut ini bahan-bahan dan peralatan yang perlu disiapkan. Pertama tentunya kaos kaki yang sudah tidak digunakan lagi atau bisa juga menggunakan deker lengan. Kertas dan bolpoint untuk menggambar pola. Dakron untuk mengisi boneka. Mata boneka, benang woll untuk rambut, viselin untuk menempelkan rambut, spidol atau skirt marker untuk membuat alis dan bibir. Kain perca untuk baju dan sepatu, dan peralatan lain seperti gunting, jarum dan benang serta lem tembak.

Berikut ini step by step pembuatan boneka kaos kaki yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara mudah membuat boneka kaos kaki
1. Pertama-tama, buatlah pola berbentuk badan, tangan dan kaki pada selembar kertas. Kemudian gunting pola tersebut. Selanjutnya aplikasikan pada bahan. Gunakan bolpoint untuk menggambar pada kaos kaki dan hasilnya seperti pada gambar di atas.

2. Setelah pola selesai digambar pada kaos kaki, langkah selanjutnya adalah memotong gambar pola tersebut agar diperoleh potongan pola yang diinginkan. Usahakan memotongnya dengan melebihkan sedikit untuk kampuh.

3. Setelah semua pola sudah terpotong dengan rapi, langkah selanjutnya adalah menjahit pinggiran potongan dengan menggunakan benang. Jahit biasa menggunakan tangan atau kalau ingin lebih rapi bisa juga memakai mesin jahit. Tapi sepertinya dengan pola yang kecil-kecil dan bahannya yang mudah melar, lebih mudah jika menjahitnya menggunakan tangan. Jahit semua sisi kecuali satu bagian yang akan digunakan untuk memasukkan dakron.

Selanjutnya masukkan dakron hingga membentuk kepala, badan, tangan, dan kaki boneka sesuai dengan yang diinginkan. Tekan-tekan sampai padat, agar boneka nantinya padat berisi dan tidak kempes.

4. Setelah bagian kepala, badan, tangan dan kaki sudah terbentuk selanjutnya satukan kaki dan tangan pada badannya. Untuk langkah ini cara menjahitnya manual yaitu dengan tangan. Gunakan jarum dan benang kemudian gabungkan bagian kaki dan tangan pada bagian badannya. Masukkan kedua bagian kaki pada lubang yang belum dijahit tadi kemudian lipat sedikit pada pola badan kemudian jahit mengikuti pola badan bagian bawah sehingga bagian ini tertutup dan bagian kaki terpasang.

Jangan lupa, pasangkan juga kedua tangan pada badan boneka. Lipat sedikit pada bagian tangan selanjutnya pasangkan pada badan boneka dengan cara dijahit melingkar mengikuti bentuk pola tangan.

Tutorial Cara membuat boneka kaos kaki

5. Saatnya membuat rambut boneka. Untuk rambut boneka, gunakan benang woll. Caranya, ambil kertas tebal berbentuk persegi panjang kemudian gulung benang woll pada kertas tersebut selanjutnya gunting pada kedua sisinya. Selanjutnya ambil sedikit viselin, tata rambut pada viselin kemudian jahit di tengahnya.

6. Pasangkan rambut pada kepala boneka dengan cara dilem tembak. Selanjutnya membuat hidung boneka. Caranya, potong kain bentuk lingkaran kecil kemudian jahit jelujur dan isi dengan dakron. Tarik dengan kuat dan jahit sekelingnya hingga membentuk bulatan kecil. Selanjutnya tempelkan pada wajah boneka.

Buat cekungan untuk memasang mata. Caranya, jahit dari atas, dan buat tusukan lalu tarik sehingga membentuk cekungan. Selanjutnya pasangkan mata boneka dengan cara dilem tembak. Gambar bulu mata, alis dan bibir menggunakan spidol. Kebetulan saya punya spidol artline shirt marker. Jadi saya menfaatkan saja benda tersebut. Karena kalau menggunakan spidol biasa bisa luntur. Namun jika tidak ada spidol apalagi shirt marker yang harganya lumayan mahal, anda masih bisa menggunakan benang atau kain flanel. Jadi berkreasi itu tidak perlu mahal.

7. Saatnya membuat baju, rok, dan sepatu. Potong kain seperti pada gambar. Selanjutnya jahit potongan-potongan tersebut sehingga menjadi baju, rok dan sepatu. Cara menjahit baju yaitu dengan menggabungkan pola depan dan belakang yang sebelumnya pada bagian kerung leher dan lengan sudah dijahit tepinya. Cara menjahit rok yaitu dengan membuat wiru kemudian menjahit ban pinggang. Sementara cara menjahit sepatu tinggal menyatukan yang berbentuk U setelah itu jahit untuk alasnya.

8. Jika semua langkah sudah dilakukan, berarti proses pembuatan boneka cantik dari kaos kaki sudah selesai. Pasangkan baju, rok dan sepatu pada boneka. Untuk mempermanis bajunya, kita bisa menambahkan dasi. Agar rambutnya rapi, kuncir dan pakaikan pita. Jadilah boneka cantik anak sekolah hehe.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Boneka Cantik dari Kaos Kaki versi saya. Dalam membuat boneka kaos kaki tidak diperlukan keahlian khusus, yang penting ada kemauan untuk berkreasi. Selamat mencoba, dan selamat berbahagia dengan hasil kreasi anda.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Boneka Cantik dari Kaos Kaki "

Posting Komentar

DMCA