Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel

Siapa sih yang tidak kenal dengan Upin dan Ipin, dua anak comel yang menjadi tokoh utama dalam serial kartun animasi. Karakter kedua bocah kembar ini sukses menghipnotis masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Betul-betul-betul ?

Serial Kartun Animasi Upin Ipin

Di tengah maraknya tayangan sinetron Indonesia tak bermutu yang menceritakan kisah cinta tak mendidik, serial kartun animasi Upin Ipin masih mampu bertahan dan memanjakan anak-anak akan hiburan berkualitas yang sesuai dengan umur. Jika dibandingkan dengan tayangan anak-anak sejenis, Upin dan Ipin tak lebih bertemakan dunia anak-anak lengkap dengan problematikanya yang tidak jauh dari aktivitas sekolah, belajar, membantu orang tua, hingga bermain.

Bukan hanya anak-anak saja, para remaja dan orang tua pun tak sedikit yang menyukai kartun animasi ini. Pantas saja jika serial kartun animasi Upin dan Ipin begitu booming. Pasalnya selain lucu dan menggemaskan, serial kartun ini dianggap mampu memberikan pesan moral dan nilai-nilai edukatif.

Mungkin juga karena itulah mengapa serial Upin Ipin ini begitu dicintai dan menjadi film favorit anak-anak bahkan orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Film animasi yang diproduksi Les Copaque, sebuah rumah produksi di Malaysia ini sukses beredar dan sudah ditayangkan di beberapa negara. Tercatat lebih dari 10 negara yang menayangkan serial kartun animasi ini termasuk Indonesia.

Membuat Boneka Upin Ipin

Serial animasi Upin Ipin begitu fenomenal dan populer di Indonesia. Memboomingnya serial Upin Ipin sangat berpengaruh pada peningkatan produk anak-anak seperti tas, sepatu, dan mainan mulai dari boneka hingga uang mainan pun tak luput dari gambar Upin Ipin. Sebagai penggemar berat serial Upin Ipin, saya pun mencoba untuk membuat boneka Upin Ipin dari kain flanel. Meskipun hasilnya tidak mirip dengan aslinya, minimal bisa mengobati rasa jenuh ketika sedang tidak ada kegiatan.

Boneka comel Upin Ipin dari Kain flanel

Bagaimana boneka Upin Ipinnya? comel kan? Tapi kok Upin dan Ipinnya cantik ya, seperti anak perempuan hahaha. Jika anda juga penggemar serial Upin Ipin dan ingin juga membuat bonekanya tanpa harus membeli, caranya gampang kok. Namun sebelum membuatnya, ada beberapa bahan dan peralatan sederhana yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
1. Kertas hvs untuk menggambar pola
2. Pensil
3. Kain flanel
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak
6.Gunting
7. Dakron
8. Cat akrilik

Cara Membuat Boneka Upin Ipin

Seperti yang kita ketahui, dalam serial Upin Ipin ada dua bocah kembar yang kepalanya gundul. Yang membedakan kedua bocah ini adalah baju dan kepalanya. Jika Upin kepalanya berjambul, maka Ipin sama sekali tak punya rambut alias plontos. Anda bisa membuat salah satunya atau kedua-duanya dengan cara yang sama. Untuk boneka Upin, anda tinggal menambahkan jambulnya saja.

Berikut ini pengalaman membuat boneka Upin Ipin yang akan Kreasi Ceria bagikan dalam bentuk tutorial yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara membuat boneka Upin Ipin dari kain flanel

1. Pertama-tama, siapkan kertas hvs dan pensil. Buat pola bentuk badan yang disertai dengan kaki, tangan dan bentuk agak bulat untuk kepala. Kemudian gunting pola yang sudah dibuat selanjutnya gambar pola tersebut pada kain flannel.

2. Setelah pola digambar pada kain flanel, selanjutnya potong kain flanel menurut pola sehingga didapat bagian-bagian boneka yaitu bagian badan berikut kakinya (2 buah), bagian kepala ( 2 buah), dan bagian tangan (4 buah).

3. Langkah selanjutnya yaitu jahit dua lembar bagian kepala boneka dengan tusuk feston. Sisakan sedikit pada bagian sambungan untuk memasukkan dakron. Lakukan hal yang sama untuk bagian badan, tangan, boneka Upin Ipin.

4. Setelah semua bagian boneka sudah terjahit, selanjutnya balikkan dengan menggunakan bantuan sumpit atau tusuk sate. Atur sedemikian rupa agar setiap lekuk-lekuknya membentuk bagian-bagian boneka yang diinginkan.

Selanjutnya isi bagian-bagian boneka dengan dakron menggunakan bantuan sumpit. Usahakan untuk mengisi semua bagian sampai rata dan padat agar boneka menjadi lebih berbentuk dan tidak mudah kempes. Pada bagian kepala boneka, lipat sedikit ke dalam untuk menyambungkan ke bagian badan boneka.

Setelah terbentuk kepala boneka selanjutnya yaitu melukis wajah boneka. Disini saya menggunakan cat akrilik. Namun jika tidak ada cat akrilik, untuk bagian mata bisa menggunakan mata boneka atau jika tidak ada bisa diganti dengan kancing baju atau kain flanel.

Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan semua bagian pada badan boneka. Pasangkan kepala pada badan. Jahit dengan teknik tusuk rol. Usahakan agar benang tidak terlihat. Untuk bagian tangan, jahit yang sebelumnya terbuka untuk memasukkan dakron tadi.

Selanjutnya pasangkan bagian tangan. Cara menjahitnya yaitu dengan menusukkan jarum pada bagian tangan boneka menembus bagian badan selanjutnya pasangkan tangan yang satunya lagi. Jahit secara berulang agar bagian tangan dan badan menyatu dengan kuat. Setelah semua bagian boneka digabungkan, maka hasilnya tangan boneka Upin dan Ipin bisa diputar-putar.

Setelah boneka jadi, saatnya membuatkan baju dan celana. Proses membuat baju yaitu dijahit dengan tusuk feston kemudian dibalik. Buat dua baju dari kain flanel yang berbeda warna dengan menambahkan huruf u untuk Upin dan i untuk Ipin. Selanjutnya pasangkan baju dan celana pada boneka Upin dan Ipin. Jika semua langkah sudah dilakukan, maka seharusnya anda sudah memiliki kedua boneka bocah comel ini yang siap untuk dipajang bahkan dijual 😄

Itulah Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel dan hasilnya seperti yang anda lihat pada gambar paling atas.

0 Response to "Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA