Cara Membuat Aksesoris Kupu-kupu dari Kain Perca

Aksesoris merupakan benda yang digunakan sebagai pelengkap dalam berbusana. Saat ini banyak sekali jenis aksesoris seperti bross, jepit rambut, bando, kalung, gelang dan masih banyak lagi yang keberadaannya memang ditujukan untuk mendukung penampilan.

Membuat Aksesoris Sendiri

Bagi seorang wanita yang ingin selalu tampil modis, maka penampilan belumlah lengkap tanpa aksesoris. Terlebih lagi wanita berjilbab, aksesoris seolah menjadi benda yang wajib dimiliki salah satunya yaitu bross.

Seperti yang kita lihat, saat ini banyak sekali bross yang bagus dan bisa dibeli di toko-toko aksesoris. Bahan yang digunakan untuk membuat aksesoris bross pun beragam pula. Ada berbagai macam bentuk bross mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Untuk bahan bross itu sendiri ada yang berbahan kain hingga logam berlapis emas dengan hiasan mutiara yang harganya sangat mahal.

Sebenarnya tidak ada salahnya memiliki aksesoris yang mewah dan mahal. Yang salah adalah memaksakan diri membeli aksesoris yang bagus namun budget tidak memadai. Alih-alih bisa tampil modis seperti kaum sosialita dan selebritis, yang ada malah hati menangis karena kantong menipis gara-gara menuruti gengsi yang tiada habis. Huuuh miris !

Nah, daripada pusing memikirkan aksesoris bagus yang harganya mahal demi bisa tampil modis, mengapa tidak membuat sendiri saja. Dengan aksesoris sederhana seperti ini, dijamin penampilan anda tidak akan mengecewakan kok. Untuk bisa tampil cantik itu tidak harus mahal. Betul? Kita bisa membuat aksesoris dari bahan yang ada di sekitar kita. Anda punya kain perca kan? Ok, mari kita membuat aksesoris kupu-kupu dan lihatlah hasilnya.

Aksesoris kupu-kupu yang dibuat dari bahan kain perca
Memakai aksesoris kupu- kupu yang cantik dan unik memang sudah tidak asing lagi bagi anda pecinta bross utamanya anda para hijaber. Aksesoris bentuk kupu-kupu yang sudah dibuat ini nantinya tidak terbatas untuk bross saja. Anda bisa mengubah fungsinya yaitu sebagai penghias rambut balita anda.

Berbicara mengenai aksesoris ini, seperti biasa disini kami akan membagikan tips dan cara dalam membuat aksesoris kupu-kupu dari kain perca. Jangan kawatir, caranya cukup mudah. Prosesnya tidak terlalu sulit karena tidak memerlukan mesin jahit dalam membuat aksesoris ini. Kita hanya membutuhkan teknik dasar menjahit yang pasti bisa dikerjakan oleh pemula sekalipun.

Inilah Cara Membuat Aksesoris Kupu-kupu

Baiklah, langsung saja ya ke pembahasan utama yaitu cara membuat aksesoris kupu- kupu cantik dari kain perca. Sebelum membuatnya, sebaiknya persiapkan dulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan diantaranya yaitu kain perca, busa angin, dakron, manik-manik atau mote untuk mata, putik yang biasanya digunakan untuk membuat bunga, jarum dan benang, gunting serta lem tembak.

Tutorial cara membuat aksesoris kupu-kupu dari bahan kain perca

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan aksesoris kupu-kupu berbahan kain perca.

1. Potong dua kain perca dengan bentuk agak melingkar yang dipersiapkan untuk sayap. Untuk warna dan motif bebas, anda dapat menggunakan warna dan motif apa saja. Jangan lupa, potong kain membentuk badan kupu-kupu. Pada tutorial ini saya menggunakan kain perca tile dan satin. Untuk ukuran bisa anda sesuaikan dengan keinginan. Karena bahan dari kain tile, maka saya tambahkan busa angin karena kain tile ini sangat tipis dan seratnya seperti jaring.

2. Selanjutnya lipat kain menjadi dua. Kain yang permukaannya bagus harus berada di dalam. Kemudian letakkan busa angin setelah itu jahit menurut bentuk pola. Lakukan hal yang sama untuk bagian yang lain. Untuk badan kupu-kupu, ambil putik yang telah disediakan tadi dan lipat menjadi dua selanjutnya letakkan pada bagian tengahnya setelah itu jahit menurut bentuk pola.

3. Setelah proses menjahit selesai, selanjutnya gunting bagian tengahnya dan balikkan sehingga permukaan kain yang bagus kini berada di luar. Lakukan hal yang sama untuk semua bagian.

4. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan kedua bagian sayap kupu-kupu. Satukan kedua sayapnya menggunakan benang kemudian ikat dengan kuat dan atur agar sayap terbentuk.

5. Untuk bagian badan kupu-kupu agar berisi masukkan dakron. Setelah itu pasangkan mata dari manik-manik atau mote namun jika tidak ada, anda bisa menggantinya dengan sulaman benang hitam.

6. Langkah terakhir yaitu menggabungkan badan kupu-kupu dengan sayap. Rekatkan kedua bagian ini dengan menggunakan lem tembak. Anda tinggal memasangkan peniti atau jepit rambut. Jika semua langkah sudah dilakukan, maka aksesoris kupu-kupu yang cantik ini sudah seharusnya menjadi milik anda dan siap dijadikan sebagai bross ataupun aksesoris rambut untuk putri anda.

Bagaimana, mudah bukan Cara Membuat Aksesoris Kupu-kupu dari Kain Perca ini? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai aksesoris sederhana yang murah namun indah cantik dan unik. Saya yakin, anda pasti bisa membuat yang lebih bagus dari apa yang ada disini. Dan semoga pula artikel ini bisa menjadi salah satu inspirasi bagi anda untuk terus berkarya.

0 Response to "Cara Membuat Aksesoris Kupu-kupu dari Kain Perca "

Posting Komentar

DMCA