Cara Membuat Tempat Alat Tulis dari Botol Bekas

Pernah tidak merasa kebingungan ketika mencari peralatan tulis yang sedang dibutuhkan entah itu pensil ataupun bolpoint? Sudah dicari kemana-mana tapi tidak ketemu. Hal ini pasti membuat anda kesal. Betul tidak? Sering sekali ketika hendak digunakan alat tulis yang kita butuhkan ternyata tidak ada. Kita mengira pearalatan tulis yang dibutuhkan tersebut hilang, padahal kita lupa menyimpannya. Hal ini bisa jadi karena mungkin kebiasaan buruk kita yang tidak mengembalikan peralatan tulis pada tempatnya.

Membuat Tempat Alat Tulis Yuk !

Kita semua tahu betapa pentingnya peralatan tulis ini bagi kita terutama adik-adik yang statusnya pelajar pasti sangat akrab dengan yang namanya peralatan tulis dan menjadi benda yang wajib dimiliki. Oleh karena pentingnya alat tulis maka kita pun harus pandai-pandai menyimpan dan meletakkannya di tempat yang benar agar kita tidak kebingungan lagi ketika hendak menggunakannya karena sudah tersusun rapi didalam tempat pensil.

Seperti yang banyak kita lihat, ada berbagai macam tempat alat tulis yang dijual di luar sana. Namun sebenarnya untuk memiliki tempat alat tulis itu tidak harus membeli. Kita bisa membuat tempat alat tulis dari bahan yang sudah tidak digunakan lagi alias dari sampah seperti yang sudah kami buat ini. Tempat alat tulis seperti gambar di bawah ini dibuat dari botol bekas air mineral loh.

Tempat alat tulis unik dari botol bekas
Bagaimana? bagus kan? Selain bisa mengurangi jumlah sampah, membuat tempat alat tulis seperti ini juga bisa menghemat biaya karena sama sekali tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal. Bahkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat alat tulis ini sangat sering kita jumpai di rumah kita masing-masing yaitu botol bekas yang nasibnya selalu berakhir di tempat sampah. Meskipun ada manfaat lain dari botol bekas yaitu bisa dijual ke tukang rongsok namun harus menunggu satu karung dulu hehe.

Tidak dipungkiri, botol bekas saat ini merupakan bahan kerajinan yang serbaguna. Botol bekas sering digunakan sebagai bahan prakarya karena sangat murah bahkan bisa jadi gratis dan pengolahannya juga sangat mudah. Maka tidak heran jika botol bekas saat ini sering digunakan oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bahan prakarya. Membuat kerajinan dari bahan bekas lebih memprioritaskan pembelajaran tentang manfaat barang bekas atau sampah dan bagaimana mengelolanya menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Berbicara mengenai barang bekas, anda tentunya juga sering menjumpai sampah plastik dari botol bekas air mineral kan? Sebaiknya jangan dibuang dulu ya. Manfaatkan botol bekas tersebut dengan cara mendaur ulang menjadi tempat alat tulis yang unik. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi membuang-buang uang untuk membeli tempat alat tulis. Menjadikan botol bekas air mineral sebagai tempat alat tulis sudah pasti murah dan irit. Tempat alat tulis yang anda buat nantinya bisa diletakkan di meja belajar maupun di meja kantor.

Begini Cara Membuat Tempat Alat Tulis

Nah, bagi anda yang berminat mendaur ulang sampah menjadi tempat alat tulis, berikut ini kami bagikan pengalaman membuat tempat alas tulis yang berbentuk tabung dan dipercantik dengan hiasan menyerupai kelinci.

Berikut adalah alat dan bahan untuk membuat tempat alat tulis dari botol bekas:
Botol air mineral bekas
Kertas bufallo
Kertas origami
Lem Fox
Gunting/ Cutter

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkahnya.

Tutorial cara membuat tempat alat tulis berbahan barang bekas

1. Siapkan botol plastik bekas air mineral yang sudah dibersihkan. Lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol.

2. Selanjutnya potong bagian atas botol. Saat memotong botol, sebaiknya gunakan cutter terlebih dahulu. Potong sedikit saja untuk melubangi botol selanjutnya potong dengan menggunakan gunting. Jangan lupa siapkan kertas bufallo dengan ukuran panjang sesuai dengan botol yang sudah dibuang bagian atasnya. Lebihkan kertas kira-kira 1 cm untuk lipatan.

3. Langkah berikutnya bungkus bagian botol dengan kertas bufallo. Beri lem pada bagian tepinya kemudian rekatkan. Lipat pula kertas yang dilebihkan tadi. Lipat ke dalam yaitu pada bagian mulut botol, beri lem dan rekatkan.

4. Selanjutnya potong kertas bufallo dan kertas origami motif membentuk telinga. Kertas origami motif ini hanya sebagai variasi saja. Potong kertas bufallo untuk alas tempat alat tulis. Disini dibuat dua potongan. Buat pula potongan bentuk lingkaran untuk hidung dan potongan panjang untuk kumis.

5. Kita lanjutkan proses berikutnya yaitu mengelem. Satukan dua potongan kertas untuk alasnya. Kemudian yang potongan panjang lipat menjadi dua untuk bagian kumisnya. Satukan pula bagian telinganya. Kemudian tempelkan alas pada bagian bawah tempat alat tulis yang berbentuk tabung. Tempelkan kumis dan tutup dengan lingkaran agak kecil. Selanjutnya pasangkan mata. Anda bisa menempelkan mata boneka atau membuatnya dari potongan kertas. Langkah terakhir yaitu tempelkan kedua telinganya dan selesai.

Bagaimana? Mudah kan Cara Membuat Tempat Alat Tulis dari Botol Bekas ini?. Selain ramah lingkungan, ide membuat tempat pensil ini juga mudah dipraktekkan anak-anak yang sedang mendapat tugas membuat prakarya.

0 Response to "Cara Membuat Tempat Alat Tulis dari Botol Bekas"

Posting Komentar

DMCA