Cara Membuat Boneka Bayi Lucu dari Kain Flanel

Siapa sih yang tidak suka melihat bayi yang lucu. Hampir semua orang pasti dibuat gemas dan ingin ngudang jika melihat bayi lucu dan menggemaskan. Saking lucunya, ada bayi yang nampak sangat mirip dengan boneka atau sebaliknya, ada boneka yang mirip dengan bayi asli.

Sepasang Boneka Bayi

Kita semua tahu, boneka merupakan mainan yang disukai anak perempuan. Konon, boneka bisa memberikan rasa nyaman. Namun tahukah anda jika ternyata boneka tidak hanya disukai anak kecil saja. Orang dewasa pun, baik pria maupun wanita juga menyukai boneka. Maka tidak heran jika saat ini boneka merupakan benda yang bisa dijadikan pilihan tepat sebagai kado untuk orang terkasih.

Buat anda yang saat ini sedang bingung mempersiapkan dan sedang mencari referensi kado apa yang sesuai untuk orang yang anda sayangi, mungkin di bawah ini bisa menjadi solusi. Sepasang boneka bayi yang lucu dari kain flanel. Tidak perlu kawatir, boneka bayi dari kain flanel ini bisa dibuat sendiri. Cara membuat boneka bayi lucu ini juga sangat mudah. Selain sebagai kado untuk orang tersayang, boneka bayi dari kain flanel juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Boneka bayi lucu dan menggemaskan dari bahan kain flanel

Sekarang ini, mempromosikan produk kerajinan bukanlah hal yang sulit. Dengan adanya media sosial sangat membantu dalam hal pemasaran produk. Umumnya produk kerajinan begitu laris manis bak kacang goreng. Boneka bayi dari kain flanel seperti ini memang sangat unik dan lucu. Anda bisa membuatnya sendiri untuk dijadikan pajangan. Sepasang boneka bayi lucu dari kain flanel juga sangat cocok untuk kado ulang tahun maupun kado pernikahan dengan harapan agar mempelai lekas diberikan momongan :)

Inilah Cara Membuat Boneka Bayi

Seperti yang sudah diuraikan tadi, cara membuat boneka bayi lucu ini sangat mudah. Kita tidak membutuhkan mesin jahit. Yang paling penting adalah memiliki kemampuan dasar menjahit. Cukup dengan teknik jahit feston, maka ide membuat boneka bayi lucu berbahan kain flanel ini akan menjadi kenyataan.

Untuk membuat boneka bayi lucu ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yang bisa kita dapatkan di sekitar kita.
Bahan dan peralatan :
1. Kertas hvs dan pensil untuk menggambar pola
2. Kain flanel
3. Mote/ manik-manik
4. Dakron
5. Jarum dan benang
6. Gunting
7. Lem tembak

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan boneka bayi lucu dari kain flanel yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangan secara berurutan.

Tutorial membuat boneka bayi lucu dari bahan kain flanel

1. Pertama-tama siapkan kertas hvs dan pensil untuk menggambar pola dasar boneka. Pada artikel tutorial kali ini, kreasi yang dibuat adalah sepasang boneka bayi yaitu boneka bayi laki-laki dan perempuan. Pada dasarnya kedua bentuk pola boneka adalah sama. Yang berbeda adalah bentuk kepala dan rambut serta bentuk kaki. Untuk ukuran boneka sesuaikan saja dengan keinginan anda. Setelah itu, potong pola kertas untuk selanjutnya diterapkan pada kain flanel. Untuk kain flanel yang digunakan pilihlah yang warna krem atau yang menyerupai warna kulit.

Setelah itu potong kain flanel menurut pola yang sudah dibuat. Dan setelah kain flanel dipotong, maka akan kita dapatkan bagian-bagian boneka yang terdiri dari kepala, rambut, badan, tangan, dan kaki. Untuk bagian kepala, badan, tangan, dan kaki buatlah dua potongan. Demikian juga untuk bagian rambut, ada bagian depan dan belakang.

2. Setelah proses memotong bahan, kemudian kita lanjutkan dengan menempelkan beberapa bagian boneka yaitu bagian rambut, celana, dan lengan baju. Untuk boneka bayi laki-laki disini langsung menggunakan kain warna biru untuk badan boneka sekaligus baju. Sedangkan untuk boneka bayi perempuan memang sengaja tidak dipakaikan baju hehehe.

3. Langkah selanjutnya yaitu menjahit bagian-bagian boneka dengan teknik tusuk feston. Jahit dua lembar bagian kepala boneka dengan teknik tusuk feston. Jangan dijahit seluruhnya. Sisakan sedikit untuk memasukkan dakron. Setelah itu masukkan dakron dengan bantuan tusuk sate kemudian lanjutkan lagi proses menjahit dengan mengganti benang sesuai dengan warna kain flanel untuk menjahit bagian rambut sehingga bagian kepala boneka terbentuk dengan sempurna. Lakukan hal yang sama untuk bagian badan, tangan, dan kaki boneka.

4. Langkah terakhir yaitu memasangkan mata boneka. Buatlah tusukan untuk membuat cekungan yang digunakan untuk memasangkan mata. Selanjutnya potong kain flanel warna hitam bentuk lingkaran kecil. Setelah itu tempelkan pada area cekungan tadi. Tambahkan jahitan di tengahnya dengan benang warna putih. Buat sulaman untuk membentuk bibir. Silahkan atur sendiri agar benang tidak terlihat. Anda bisa menyembunyikan benang di balik rambut boneka. Untuk boneka bayi perempuan tempelkan empeng dan hiasi rambutnya dengan pita. Pasangkan juga anting-anting dari mote/ manik-manik.

Setelah itu pasangkan bagian kepala boneka, tangan, dan kaki pada badan boneka dengan cara dilem tembak. Agar merona dan tampak segar, sapukan blush on dari spidol pada pipi kedua boneka. Dan proses membuat boneka bayi lucu dari kain flanel selesai.

Bagaimana? Mudah kan Cara Membuat Boneka Bayi Lucu dari Kain Flanel? Anda bisa mempraktekkannya di rumah untuk mengisi waktu luang. Kegiatan seperti ini selain bermanfaat untuk melatih keterampilan juga berpotensi mendatangkan uang loh.

Kiranya sampai disini dulu ya, apa yang bisa penulis bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Cara Membuat Boneka Bayi Lucu dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA