Cara Membuat Kantong Serut Lucu dan Unik dari Kain Perca

Persediaan kain perca begitu banyak tapi bingung mau dibuat apa. Dijual mungkin juga tidak laku kecuali kain perca tersebut sudah disulap menjadi sesuatu yang menarik. Ya sudah, mumpung ada waktu luang lebih baik berkarya saja ah, agar tangan semakin gemulai dan terampil dalam berkarya.

Membuat Kantong Serut yuk !

Masih menyimpan kain perca? Daripada dibuang, yuk kita manfaatkan untuk membuat sesuatu yang lebih berguna. Apa yang kita buat ini nantinya bisa digunakan untuk wadah kosmetik atau untuk menyimpan ponsel, tablet dan benda lainnya. Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan keinginan. Jika ukurannya terlalu besar maka fungsi kantong akan berubah menjadi tas. It's no problem karena membuat kantong serut seperti ini memang mirip dengan cara membuat tas serut. Bedanya hanya pada ukuran. Dan seperti inilah penampakan kantong serut lucu dan unik yang dibuat dari kain perca.

Kantong serut lucu dan unik dari kain perca

Bagaimana? Bagus tidak? Meskipun kantong serut ini simple namun lucu dan unik kan? Lumayan untuk menambah koleksi handmade. Kantong serut dengan model seperti ini sangat mudah dibuat. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dengan sering-sering berlatih membuat kerajinan maka keterampilan akan semakin terasah. Aktif dan kreatif di rumah merupakan hal positif yang bisa membuat diri menjadi lebih produktif.

Nah, langsung saja ya kita mulai dan berikut ini sharing pengalaman membuat kantong serut simple dan unik dari bahan kain perca. Anda bisa langsung mengikutinya sesuai dengan petunjuk gambar yang dilengkapi dengan keterangan di bawahnya secara berurutan.

Untuk membuat kantong serut ini, alat dan bahan yang digunakan adalah :
1. Kain perca
2. Tali kur
3. Busa angin (optional)
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Peniti

Step by step Membuat Kantong Serut

Pada tutorial kali ini, kantong serut yang dibuat adalah kantong serut dengan model bunny atau kepala kelinci.

Tutorial cara membuat kantong serut berbahan kain flanel

1. Pertama-tama potong kain perca berbentuk persegi panjang sebagai pola utama (body kantong) dan furing. Potong kain perca bentuk persegi panjang untuk tempat tali kur. Potong kain perca dan busa angin berbentuk seperti telinga. Maaf ,untuk gambar pola furingnya tidak ada karena saya lupa mengambil gambarnya.

2. Langkah selanjutmya yaitu lipat kain utama selanjutnya jahit bagian pinggir kain. Lakukan hal yang sama untuk bagian furingnya. Jahit juga bagian yang menyerupai bentuk telinga. Tumpuk kain dengan busa angin kemudian dijahit tepinya kemudian balikkan bahan dengan bantuan sumpit atau tusuk sate.

3. Setelah bagian kantong dan furing sudah dijahit selanjutnya jahit pada bagian bawah kain utama (kantong bagian luar) yaitu sisi kiri dan kanan untuk membentuk sudut. Lakukan hal yang sama pada bagian furingnya.

4. Langkah selanjutnya yaitu memasang telinga pada kantong. caranya letakkan telinga pada mulut kantong dengan posisi seperti pada gambar. Sematkan jarum pentul agar telinga tidak bergeser.

5. Selanjutnya jahit tepi kain yang berbentuk persegi panjang agak kecil tadi (ada 2) yaitu kain sebagai tempat tali kur. Setelah itu tumpuk kain di atas telinga. Untuk kain yang satunya lagi letakkan di bawah kantong. Selanjutnya jahit melingkar mengikuti mulut kantong.

6. Langkah berikutnya, balikkan kain sehingga furing berada di dalam dan kantong kembali pada posisi semestinya. Setelah kantong dibalik selanjutnya lipat tempat tali kur keluar. Buatlah lipatan dengan rapi selanjutnya jahit tindas melingkar. Dan kantong serut sudah jadi. Masukkan tali kur pada tempat yang sudah disediakan tadi dengan bantuan peniti. Terakhir serut kantong tersebut dan jadi deh.

Bagaimana? mudah kan? Anda bisa membuatnya untuk mengisi waktu luang atau waktu liburan dengan melakukan kegiatan positif dan bermanfaat misalnya membuat kantong serut seperti yang saya buat ini.

Demikianlah Cara Membuat Kantong Serut Lucu dan Unik dari Kain Perca yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Kantong Serut Lucu dan Unik dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA