Tutorial Cara Membuat Topi Kupluk dari Kain

Ketika sedang bersih-bersih entah menyapu atau membersihkan perabotan rumah dengan kemoceng pasti banyak debu beterbangan sehingga mengotori rambut kecuali bagi wanita yang senantiasa memakai kerudung atau jilbab. Namun ada kalanya wanita cenderung melepas jilbabnya ketika berada di dalam rumah.

Solusi Agar Rambut Tetep Bersih

Semua orang pada dasarnya ingin memiliki rambut yang sehat. Karena rambut yang sehat dapat menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Anda tidak mau kan memiliki rambut yang kotor, kusam, lepek, dan bau. Masalahnya kadang tanpa disadari rambut cepat sekali kotor terkena debu. Apalagi para ibu yang aktif dan energik. Selain memasak, mengurus anak, mencuci baju pasti setiap hari memegang sapu karena memang tidak memiliki pembantu jadi semua tugas rumah harus dikerjakan sendiri.

Kegiatan bersih-bersih memang merupakan rutinitas. Apalagi yang punya hewan peliharaan seperti ayam, bebek atau puyuh tentunya setiap hari harus memberi makan dan minum. Saat membersihkan kandangnya pasti banyak debu bercampur partikel-partikel kotoran unggas yang ikut terbang dan menempel pada rambut. Jika sudah begitu sudah bisa dipastikan betapa kotor dan baunya itu rambut. Bisa-bisa harus keramas setiap hari deh.

Nah, agar rambut anda terlindungi dari debu dan kotoran, pastikan untuk selalu memakai penutup kepala jika memang tidak sedang berhijab. Anda bisa memakai kupluk. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa membuat sendiri topi kupluk dari kain. Ada juga yang menyebutnya kerpus atau ciput. Yang jelas kupluk ini sangat nyaman dipakai karena selain menutupi rambut dan telinga, juga bisa digunakan untuk bergaya.

Contoh model topi kupluk dari kain

Bagaimana? Tertarik ingin membuatnya juga? Jangan kawatir. Mudah kok prosesnya. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini ya ...

Langkah-langkah Membuat Topi Kupluk

Cara membuat topi kupluk ini cukup mudah, apalagi bahan dan alatnya juga mudah kita temukan di sekitar kita. Anda bisa menggunakan kain perca atau kain dari baju bekas. Untuk membuat topi kupluk, anda bisa menjahitnya secara manual atau dengan mesin jahit.

Untuk membuat topi kupluk ini, anda hanya perlu mempersiapkan bahan dan peralatan yaitu:
1. Kain
2. Jarum dan benang
3. Gunting
4. Jarum pentul
5. Meteran

Langkah membuat topi kupluk dari kain

1. Pertama-tama ukur lingkar kepala anda. Selanjutnya potong kain berbentuk lingkaran yang agak besar dengan keliling lingkaran kira-kira dua kali lingkar kepala.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat wiru atau kerutan. Buat wiru dengan bantuan jarum pentul. Anda bisa mengatur jarak lipit wiru. Sesuaikan ukurannya dengan lingkar kepala. Jika setelah diwiru ternyata tidak pas, anda bisa menambah atau mengurangi lipit wiru.

3. Selanjutnya potong kain berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang sesuai dengan lingkar kepala ditambah 2 cm untuk kampuh. Dan untuk lebar kain sesuaikan dengan keinginan.

4. Selanjutnya lipat kain persegi panjang tadi menjadi dua bagian sama besar. Lipatan bertemu sisi lebarnya. Setelah itu jahit tepinya untuk menggabungkan.

5. Balikkan kain dan lipat sehingga lipatan kain bertemu dengan sisi panjangnya. Dan kini kain bentuknya melingkar seperti gelang.

6. Langkah selanjutnya gabungkan kupluk bagian atas yang diwiru dengan bagian bawah yang berbentuk melingkar tadi. Namun sebelumnya balikkan dulu bagian yang diwiru dengan posisi kain yang bagus berada di dalam. Sedangkan yang bagian bawah posisinya di dalam. Setelah itu dijahit melingkar.

7. Jika proses menjahit sudah selesai, selanjutnya balikkan kain sebagaimana mestinya. Kini posisi kain yang bagus berada di luar.

8. Selesai. Dan itu dia topi kupluk dari kain yang sudah jadi.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Topi Kupluk dari Kain. Sangat mudah dan sederhana. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Trima kasih sudah membaca dan selamat mencoba.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Topi Kupluk dari Kain"

Posting Komentar

DMCA