Cara Mudah Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel

Bagi sebagian orang, mengisi waktu luang dengan berkarya bisa menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus sebagai hiburan. Bagaimana tidak, di saat yang lain sedang menikmati kesenangan di luar sana, kita malah asyik di rumah, khusyuk membuat kerajinan tangan.

Membuat Baju Boneka

Rasanya tidak pernah bosan untuk terus berkarya. Senang sekali jika apa yang kita hasilkan bisa membuat hati merasa puas. Meskipun ada yang menilainya biasa saja, tapi bagi saya ini sungguh luar biasa. Apalagi bagi pemula seperti saya, yang belajar nya hanya autodidak. Bisa membuat baju sendiri dengan mudah itu sungguh menyenangkan meskipun hanya berupa baju boneka dari kain flanel.

Seperti ini loh penampakan nya ...

Contoh baju boneka dari kain flanel

Bagaimana? bagus kan? Sayangnya baju tersebut berukuran mini. Tapi percayalah, jika proses membuat baju atasan yang agak mirip dengan jaket ini kurang lebih caranya sama seperti pada tutorial cara membuat baju boneka kali ini.

Anda juga bisa membuatnya kok. Coba saja kalau misalnya anda juga membuatnya tapi dengan ukuran yang sebenarnya. Pasti bajunya bisa dipakai adik bayi atau pun balita anda. Dijamin si dedek tambah cantik deh...

Cara Membuat Baju dari Kain Flanel

Untuk membuat baju boneka dari kain flanel ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan diantaranya yaitu : kertas untuk pola, kain flanel, kancing baju, jarum dan benang, pendedel benang, serta lem tembak.

Step by step membuat baju

Tutorial cara membuat baju boneka dari kain flanel part 1

1. Ukur dulu boneka anda kemudian buat gambar pola dasar baju boneka yaitu pola bagian depan, belakang, pola krah, dan pola lengan. Untuk pola dasar baju bisa dibuat pada kertas hvs atau kertas koran.

2. Selanjutnya terapkan pola dasar baju pada kain flanel dan gunting kain flanel tersebut menurut gambar pola. Untuk baju bagian depan dan bagian lengan, potong sebanyak 2 buah.

3. Langkah selanjutnya, satukan baju bagian depan dengan baju bagian belakang dengan menjahitnya pada bagian bahu.

4. Langkah berikutnya yaitu menjahit krah baju pada bagian kerung leher. Beri jarak kira-kira 0,5 cm dari tepi agar nantinya posisi baju bagian depan bisa menumpuk ketika dihubungkan dengan kancing dan posisi krah baju bisa rapi.

Setelah menjahit krah selesai selanjutnya luruskan krah ke atas dan jahit tindas mengikuti kerung leher agar krah bisa dilipat ke bawah.

Tutorial cara membuat baju boneka dari kain flanel part 2

5. Langkah selanjutnya yaitu menjahit bagian lengan baju pada kerung lengan. Setelah kedua lengan tersambung pada baju selanjutnya jahit tepi baju untuk menggabungkan baju bagian depan dan belakang. Cara menjahit nya bisa dimulai dari ujung lengan lalu dijahit sampai ujung baju bagian bawah. Lakukan hal yang sama untuk menjahit sisi yang satunya.

6. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya balikkan kedua lengannya sehingga terbentuklah baju seperti yang diinginkan. Sampai di sini pembuatan baju sudah mendekati proses finishing.

7. Agar baju tampak seperti baju yang sebenarnya, jangan lupa untuk memasang kan kancing baju. Setelah itu buat lubang kancing dengan pendedel benang. Jika tidak ada pendedel benang bisa menggunakan gunting. Hati-hati saat membuat lubang kancing. Jangan terlalu panjang merobek nya. Sesuaikan saja dengan diameter kancing baju.

8. Langkah terakhir yaitu membuat hiasan mawar gulung dari flanel. Setelah itu pasangkan mawar gulung tadi pada baju yang sudah jadi sebagai aksesoris.

Bagaimana? Mudah kan. Saya yakin anda juga bisa membuatnya dari bahan lain selain flanel. Kiranya cukup sekian dulu ya artikel tentang Cara Mudah Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA