Membuat Kreasi Gantungan Kunci Unik dari Kain Perca

Gantungan kunci atau dalam bahasa Inggris nya disebut keychain merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Gantungan kunci sering berfungsi sebagai aksesoris yang bermanfaat sebagai penanda kunci. Dengan adanya gantungan kunci maka kunci akan lebih mudah dikenali atau ditemukan. Tidak sebatas itu saja, gantungan kunci juga sering digunakan untuk mempercantik tas sekolah.

Gantungan Kunci Unik

Saat ini beragam gantungan kunci bisa kita temukan di toko-toko aksesoris. Bahkan gantungan kunci juga banyak dijual di lapak-lapak online. Aneka gantungan kunci unik bisa kita temukan hanya dengan mengetikkan kata gantungan kunci. Namun kebanyakan gantungan kunci yang dijual adalah gantungan kunci impor yang harganya lumayan mahal.

Oleh karena harganya yang lumayan mahal itulah, saya tidak berniat untuk membeli. Apalagi modelnya ya hanya begitu saja. Kalau ada yang bagus dan unik pasti harganya selangit melebihi harga tas sekolah di daerah kami. Ya begitulah, namanya juga barang unik apalagi yang impor. Jadi wajarlah kalau harganya mahal. Tapi tidak semua barang yang didatangkan dari luar negeri itu harganya mahal. Ada juga kok yang murah misalnya buatan China.



Berbicara mengenai gantungan kunci, sebenarnya tergantung dari kebutuhan saja. Kalau gantungan kunci hanya untuk penanda agar kunci mudah dicari, lebih baik membuat sendiri itu lebih keren. Mungkin membuat gantungan kunci unik dari kain perca seperti di bawah ini bisa anda coba. Lumayan loh untuk aksesoris kunci kontak motor.

Gantungan kunci unik bentuk boneka dari kain perca

Dengan gantungan kunci berbahan lembut, dijamin motor bakalan awet mulus. Lain halnya jika menggunakan gantungan kunci dari bahan keras seperti besi yang bisa menyebabkan ebek-ebek sepeda motor lecet-lecet karena ulah gantungan kunci yang gondal-gandul.

Bagaimana? Anda tertarik ingin membuatnya juga? Berikut ini sharing pengalaman membuat gantungan kunci unik dari kain perca yang bisa anda ikuti :D

Cara Membuat Gantungan Kunci Unik

Gantungan kunci unik ini berbentuk boneka. Untuk membuat gantungan kunci unik ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu:
1. Kain perca
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Tali kur
5. Mote
6. Gantungan kunci
7. Pita
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Lem tembak

Langkah-langkah membuat gantungan kunci unik

Tutorial gantungan kunci unik bentuk boneka dari kain perca part 1

1. Potong kain perca berbentuk persegi panjang berukuran 6 x 20 cm. Potong kain flanel berbentuk lingkaran dengan diameter 8 cm.

2. Masukkan tali kur yang agak panjang pada gantungan kunci kemudian tarik. Tali kur ini untuk badan boneka. Selanjutnya jahit jelujur pinggir kain flanel yang berbentuk lingkaran tadi kemudian tarik benangnya dan isi dengan dakron. Tarik lagi benangnya hingga berkerut. Langkah ini untuk membuat bulatan.

3. Setelah bulatan terbentuk, jahit lagi agar bentuk bulatan menjadi sempurna kemudian simpulkan benangnya dan jadilah kepala boneka.

4. Langkah selanjutnya yaitu memasang mote untuk membuat mata boneka dan membuat mulut boneka.

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat rok boneka. Lipat kain perca bagian bawah dan beri lem tembak jika tidak ingin menjahitnya. Kemudian yang bagian atas juga dilipat kemudian dijahit jelujur dan benangnya ditarik. Setelah itu gabungkan pinggirnya untuk membentuk rok.

6. Nah, itu dia hasilnya berupa rok boneka. Setelah itu rapikan agar bentuk roknya tidak terlalu mekar.

7. Potong kain flanel berukuran 3 x 10 cm untuk membuat topi boneka.

8. Tempelkan kepala boneka pada kain flanel tadi. Tempelkan juga tali kur yang terkait dengan gantungan kunci pada kepala boneka.

Tutorial gantungan kunci unik bentuk boneka dari kain perca part 2

9. Lipat kedua sisi kain flanel untuk menutupi kepala boneka dan tali kur.

10. Potong tali kur yang kepanjangan. Potongan tali kur ini untuk membuat lengan boneka.

11. Potong kain flanel untuk tangan boneka. Potong sebanyak 4 buah.

12. Kemudian pasangkan tangan boneka pada tali kur.

13. Langkah selanjutnya pasangkan lengan boneka pada badan boneka dengan cara menyisipkan di bawah kepala boneka. Rekatkan dengan lem tembak.

14. Langkah selanjutnya masukkan tali kur/ badan boneka pada rok boneka. Beri lem tembak dan rekatkan rok pada kepala boneka.

15. Potong kain flanel untuk sepatu boneka. Potong sebanyak 4 buah. Sampai di sini gantungan kunci sudah jadi.

16. Untuk mempercantik boneka, tambahkan pita dan pasangkan pada rok boneka sebagai dasi.

Demikianlah artikel tentang Membuat Kreasi Gantungan Kunci Unik dari Kain Perca. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Membuat Kreasi Gantungan Kunci Unik dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA