Cara Membuat Aksesoris Mawar Indah dari Kain Perca

Hallo pembaca sekalian...kembali lagi Kreasi Ceria yang selalu ingin berbagi pengalaman dalam hal membuat kerajinan. Kali ini penulis ingin membagikan tutorial cara membuat aksesoris mawar indah dari bahan kain perca.

Aksesoris Mawar Indah

Aksesoris mawar ini dibuat dari kain perca yaitu kain kaca. Saya yakin, anda pastinya sudah tahu tentang kain kaca atau yang disebut juga kain organdi. Umumnya kain yang teksturnya agak kaku dan mengkilap ini digunakan sebagai bahan baju pesta. Namun saat ini kain kaca banyak digunakan untuk bahan baju karnaval. Anda juga pastinya pernah menyaksikan karnaval bukan? Nah, kebanyakan para peserta karnaval yang cewek-cewek itu memakai baju layaknya Cinderella. Betul tidak?

Selain memakai baju bak putri raja, mereka juga memakai aksesoris berupa mawar indah untuk menghias rambut. Ada pula aksesoris yang diletakkan di punggung bentuknya seperti sayap. Aksesoris-aksesoris tersebut juga berbahan kain kaca serasi dengan baju yang mereka dipakai.



Melihat bentuknya yang menarik, saya pun mencoba membuat aksesoris mawar indah. Kebetulan saya memiliki beberapa helai perca kain kaca. Dan seperti inilah aksesoris mawar indah dari kain kaca yang biasanya digunakan untuk melengkapi penampilan para peserta karnaval.

Aksesoris mawar indah dari bahan kain perca

Aksesoris mawar indah dari kain kaca ini bisa juga digunakan untuk bross loh. Untukmu ladies yang ingin tampil cantik dengan balutan hijab. Aksesoris mawar indah dari perca kain kaca ini mungkin cocok untuk anda. Bagaimana? Tertarik ingin mencoba membuatnya juga? Berikut ini tutorialnya ...

Cara Membuat Aksesoris Mawar

Untuk membuat aksesoris mawar ini kita hanya perlu menyiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain kaca
2. Kain flanel
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5. Lem tembak
6. Korek gas

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, langsung saja yuk dieksekusi dan inilah langkah-langkah membuat aksesoris mawar indah.

Tutorial aksesoris mawar indah dari bahan kain perca part 1

1. Potong kain kaca membentuk lingkaran dengan diameter 6 cm. Potong sebanyak 14 lembar. Pada tutorial ini kain kaca yang digunakan adalah kain kaca warna merah. Anda bisa memilih warna yang sesuai.

2. Selanjutnya lipat kain menjadi dua sehingga bentuknya menjadi bentuk setengah lingkaran.

3. Kemudian jahit dengan teknik tusuk jelujur lalu tarik benangnya hingga berkerut dan simpulkan benangnya. Lakukan hal yang sama untuk semua potongan kain. Setelah itu bakar pinggir kain yang dikerut tadi menggunakan korek gas.

4. Itulah penampakan mahkota mawar dan kita lanjutkan merangkai menjadi bagian-bagian mawar yang terdiri dari bagian satu, dua, dan tiga. Untuk membuat mawar yang lebih besar caranya dengan memperbanyak mahkota mawar.

5. Kita buat bagian satu yaitu kuncup mawar dulu. Tumpuk tiga mahkota mawar tadi dengan posisi berjajar. Gunakan lem tembak dan rekatkan. Kemudian gulung dan rekatkan maka jadilah kuncup mawar.

6. Lakukan hal yang sama untuk bagian dua dan tiga dan hasilnya dapat anda lihat seperti pada gambar. Bagian satu terdiri dari 3 mahkota, bagian dua terdiri dari 5 mahkota, dan bagian tiga terdiri dari 6 mahkota.

Tutorial aksesoris mawar indah dari bahan kain perca part 2

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat ornamen daun dari kain kaca warna hijau. Kain kaca yang digunakan berbentuk persegi berukuran 10 x 10 cm. Untuk membuat daun caranya lipat kain menjadi bentuk segitiga kemudian lipat lagi membentuk segitiga. Setelah itu dijahit dengan teknik tusuk jelujur. Tarik benangnya kemudian simpulkan benangnya dan bakar pinggir kerutan dengan korek gas.

8. Buat lagi satu daun dengan cara yang sama hingga didapat dua daun sebagai pelengkap mawar.

9. Langkah selanjutnya potong kain flanel berbentuk lingkaran untuk dasar aksesoris mawar.

10. Langkah berikutnya tempelkan kedua daun pada kain flanel. Beri lem tembak secara melingkar.

11. Kemudian tempelkan bagian mawar yaitu yang ketiga atau yang paling besar. Beri lem tembak di sela-sela yang belum ada lemnya kemudian rekatkan. Oleskan lem tembak pada kain flanel dan tempelkan bagian mawar yang kedua. Tekan-tekan agar menempel. Kemudian oleskan lem tembak pada dasar bunga dan tempelkan bagian mawar yang kesatu atau kuncup mawar. Tekan-tekan dan atur bentuknya.

12. Dan aksesoris mawar indah dari perca kain kaca sudah jadi.

Demikianlah Cara Membuat Aksesoris Mawar Indah dari Kain Perca yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Aksesoris Mawar Indah dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA