Tutorial Cara Membuat Bross Bunga Kanzashi Sederhana

Setelah membuat beberapa kanzashi yang dikreasikan menjadi bentuk bunga, kupu-kupu dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi cara membuat bross bunga kanzashi sederhana. Mengapa disebut bunga kanzashi sederhana? Karena bunga kanzashi ini cara membuatnya sangat mudah dan cocok untuk pemula yang ingin membuat bross sendiri.

Nah, untuk anda yang memiliki bayak waktu luang, kegiatan membuat bross kanzashi ini bisa anda coba. Bross bunga kanzashi sederhana ini bisa dibuat dari bahan kain perca satin atau kain apa saja. Dan seperti inilah hasilnya.

Bross Bunga Kanzashi Sederhana dari Kain

Bagaimana? Cantik kan? Lumayan untuk menambah koleksi bross. Selain bisa digunakan untuk bross, bunga kanzashi sederhana ini juga bisa digunakan sebagai hiasan jepit rambut dan hiasan bando. Agar anda juga bisa membuatnya, berikut ini saya bagikan tutorialnya. Simak baik-baik ya...

Cara Membuat Bunga Kanzashi Sederhana

Untuk membuat bross bunga kanzashi sederhana ini, kita hanya membutuhkan kain perca satin atau perca kain jenis lain. Namun untuk lebih bagusnya menggunakan kain satin karena kain satin memiliki corak yang mengkilap. Untuk lebih jelasnya berikut ini bahan dan peralatan yang diperlukan.

Bahan dan peralatan
1. Kain perca satin/ kain apa saja
2. Kain flanel
3. Peniti bross
4. Manik-manik/ kancing hias
5. Korek gas
6. Jarum + Benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Jika semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, berikut ini adalah langkah-langkah membuat bross bunga kanzashi sederhana.

Gambar Tutorial Bross Bunga Kanzashi Sederhana part 1

1. Potong kain membentuk potongan persegi berukuran 5 cm x 5 cm sebanyak lima helai. Untuk warna kain, pilih yang berwarna terang sesuai dengan selera anda.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat mahkota bunga. Lipat kain menyamping sehingga menjadi lipatan segitiga. Selanjutnya yaitu membuat wiru pada lipatan segitiga tadi. Dan hasilnya menyerupai bentuk mahkota bunga seperti pada gambar.

3. Setelah itu gunting ujungnya agar rapi dan bakar dengan korek gas. Tekan-tekan agar menyatu. Gunting lagi sedikit pada bagian bawah dan bakar dengan korek gas lalu tekan-tekan agar menyatu.

4. Lakukan hal yang sama untuk membuat mahkota bunga kanzashi pada potongan kain yang lainnya sehingga menghasilkan lima mahkota bunga kanzashi seperti pada gambar.

Gambar Tutorial Bross Bunga Kanzashi Sederhana part 2

5. Langkah selanjutnya yaitu menyatukan kelima mahkota bunga dengan cara merangkainya. Jahit satu persatu dengan saling terkait antara satu dan yang lainnya sehingga membentuk seperti bunga.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat dasar bross. Gunting kain flanel membentuk potongan lingkaran berdiameter 3 cm. Oleskan lem tembak dan pasangkan bunga kanzashi tadi.

7. Setelah itu oleskan lem tembak di tengah-tengah bunga atau pada bagian yang berlubang dan pasangkan kancing hias.

8. Langkah terakhir, beri lem tembak pada kain flanel dan pasangkan peniti bross agak ke atas sedikit agar bross bisa tegak ketika dipakai.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Bross Bunga Kanzashi Sederhana  yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Bross Bunga Kanzashi Sederhana "

Posting Komentar

DMCA