-->
32 Ide Kreatif Amplop Lebaran

32 Ide Kreatif Amplop Lebaran

Hari raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan Lebaran merupakan momen yang penuh kebahagiaan dan kerukunan sehingga sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Lebaran selalu menjadi waktu yang spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Momen Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk saling memaafkan. Kita bisa memperbaiki hubungan dengan saudara, teman, atau orang terdekat yang sebelumnya sempat tidak harmonis. Selain itu, kita juga bisa memberikan sedekah dan membantu mereka yang membutuhkan.

Tak kalah pentingnya, Lebaran juga merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat rasa solidaritas. Kita tidak boleh lupa bahwa Lebaran adalah waktu untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh الله سبحانه وتعالى . Mari kita rayakan Lebaran dengan penuh kebersamaan dan rasa syukur. Semoga momen yang penuh kebahagiaan di hari nan fitri membawa keberkahan, kedamaian, dan kesuksesan bagi kita semua.

Sebagai wujud rasa syukur kita bisa memberikan bantuan kepada mereka yang kurang mampu, seperti memberikan sumbangan berupa uang atau sembako. Lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak sedekah dengan cara berbagi amplop atau angpao berisi uang.

Tidak bisa dipungkiri, amplop merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari tradisi lebaran di Indonesia. Amplop digunakan untuk memberikan uang kepada keluarga, sahabat, atau tetangga sebagai simbol kebahagiaan dan persahabatan.

Ide Kreatif Amplop Lebaran 

32 Ide Kreatif Amplop Lebaran dari Kertas dan Kain Flanel
Menjelang lebaran banyak orang mencari tutorial amplop lebaran. Mereka ingin membuatnya sendiri untuk sekedar mencari kesibukan di waktu luang. Namun, ada juga yang ditujukan untuk menambah penghasilan.

Dari dulu hingga sekarang mayoritas penerima amplop lebaran adalah anak-anak. Dan kita pun tahu, saat ini banyak sekali amplop kertas bergambar karakter yang lucu-lucu bisa kita beli dengan harga yang murah. Namun, bagi orang kreatif tentunya membuat amplop sendiri merupakan hal yang menyenangkan.

Untuk membuat amplop lebaran yang cantik dan unik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan bahan. Di sini saya menggunakan bahan kertas origami dan kain flanel yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kerajinan tangan.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah mengukur amplop lebaran. Sesuaikan ukuran amplop dengan uang yang akan dimasukkan. Ada dua cara memasukkan uang ke dalam amplop yaitu dengan dilipat atau digulung. Pastikan amplop rapi dan rapat agar isi amplop tidak mudah terlihat atau keluar.

Bagi anda yang sedang mencari referensi amplop lebaran karakter unik dan lucu, Anda bisa menemukannya di blog ini. Anda bisa mendapatkan tutorialnya dengan cara membuka tautan atau jika tutorialnya kurang jelas, Anda bisa mengunjungi channel youtube Kreasi Ceria.

Dan berikut ini 32 Ide Kreatif Amplop Lebaran berbahan kertas dan kain flanel yang dibuat Kreasi Ceria beberapa waktu yang lalu. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, amplop lebaran Anda akan menjadi lebih istimewa dan membuat penerimanya merasa lebih bahagia. 

1. Ide Kreatif Amplop Kucing dari Kertas

Amplop lebaran karakter kucing ini dibuat dari bahn kertas origami. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunting, melipat, dan menempel. 
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Kucing dari Kertas

2. Ide Kreatif Amplop Kelinci dari Kertas

Amplop lebaran karakter kelinci dibuat dari kertas origami. Cara membuatnya juga terbilang mudah yaitu dengan menggunting, melipat, dan menempel. 
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Kelinci dari Kertas

3. Ide Kreatif Amplop Kelinci dari Flanel

Amplop lebaran karakter kelinci dibuat dari kain flanel. Proses membuat amplop ini cukup mudah karena tidak diperlukan proses menjahit. Cukup gunakan lem tembak atau lem fox.

4. Ide Kreatif Amplop Hello Kitty

Amplop lebaran karakter hello kitty dibuat dari kain flanel. Untuk membuat amplop ini diperlukan pola dasar amplop. Bahan dan peralatan yaitu kertas untuk pola dasar amplop, kain flanel, velcro, gunting, dan lem tembak. 

5. Ide Kreatif Amplop Simpel Bentuk Kelinci

Amplop lucu karakter kelinci dibuat dari kertas origami. Amplop model ini juga bisa dijadikan ladang bisnis yang lumayan karena hanya bermodal selembar kertas origami, jadilah dua buah amplop yang lucu dan unik.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Simpel Bentuk Kelinci dari Kertas

6.  Ide Kreatif Amplop Astor

Dinamakan amplop astor karena bentuknya mirip kue astor. Amplop ini dibuat dari kain flanel. Proses pembuatannya juga mudah dan cepat sehingga cocok dijadikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan. 


7. Ide Kreatif Amplop Karakter Lucu

Amplop karakter banyak disukai anak-anak. Amplop karakter tidak akan langsung dibuang setelah diambil uangnya karena bisa dipakai untuk dompet. Amplop karakter lucu dibuat dari kain flanel dengan cara yang cukup mudah. 
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Karakter Lucu

8. Ide Kreatif Amplop Buah

Aneka amplop buah yang lucu dari kain flanel ini sudah pasti menarik di mata anak-anak. Ada yang berbentuk buah stroberi, apel, jeruk, jambu monyet, jambu air, dan  mangga. Membuat amplop buah seperti ini bisa anda lakukan di waktu luang sebagai aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa dipakai sendiri, amplop buah yang menarik ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan di bulan puasa.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Buah

9.  Ide Kreatif Amplop Es Krim

Amplop es krim ini banyak diminati karena bentuknya yang unik mirip aslinya. Cara membuatnya juga mudah sehingga cocok untuk ide bisnis amplop lebaran. 

10.  Ide Kreatif Amplop Love

Ada-ada saja ya namanya amplop love. Memang terdengar aneh di telinga ketika menyebut namanya bahkan mungkin terkesan berlebihan. Mengapa saya memberi nama amplop love? Hal ini karena amplop yang saya buat ini berbentuk hati, simbol cinta atau love. 
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Love

11. Ide Kreatif Amplop Baju

Cara membuat amplop model baju ini sangat mudah tanpa jahit hanya dilem bagian tepinya saja sehingga proses pembuatannya lebih cepat untuk hasil yang lebih banyak.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Baju

12.  Ide Kreatif Amplop Lolipop

Dinamakan amplop lolipop karena bentuknya mirip permen lolipop. Amplop lolipop tentu saja disukai anak-anak. Proses membuatnya juga sangat mudah. Tidak butuh waktu lama untuk menghasilkan amplop dalam jumlah yang banyak.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Lolipop

13. Ide Kreatif Amplop Aneka Es Krim

Es krim memiliki beberapa macam bentuk. Aneka bentuk es krim tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk membuat amplop lebaran. Cara membuatnya cukup mudah tergantung pola yang digambar untuk menghasilkan amplop aneka es krim.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Aneka Es Krim

14.  Ide Kreatif Amplop Lebah

Amplop lebah adalah amplop yang paling menarik karena bentuknya lucu dan unik. Amplop model ini sangat disukai anak-anak. Cara membuatnya juga cukup mudah. Amplop lebah sangat cocok untuk ide bisnis yang menguntungkan.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Lebah

15.  Ide Kreatif Amplop Bunny

Bunny adalah karakter kelinci yang imut dan menggemaskan. Amplop model ini juga disukai anak-anak loh. Cara membuat amplop bunny dari kain flanel ini bisa anda dapatkan gratis tutorialnya dibawah ini. 

16. Ide Kreatif Amplop Kincir Angin

Wah ada-ada saja Kreasi Ceria ini. Masa kincir angin dibuat model amplop. Tidak masalah modelnya mau seperti apa yang penting unik. Tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuat sebuah amplop. Dari selembar kain flanel berukuran 25 cm x 25 cm dapat menghasilkan 10 amplop kincir angin.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Kincir Angin

17.  Ide Kreatif Amplop Masjid

Wah-wah-wah. Semakin aneh-aneh saja Kreasi Ceria ini. Amplop model masjid. Tapi memang sesuai dengan model amplop pada umumnya sebagai tempat menyimpan uang. Hanya saja amplop model masjid sudah pasti lebih unik. Cara membuatnya juga mudah.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Masjid

18. Ide Kreatif Amplop Multifungsi

Amplop multifungsi adalah amplop yang bisa digunakan untuk menyimpan uang dan untuk hiasan pensil. Amplop multi fungsi sudah pasti disukai anak-anak.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Multifungsi

19.  Ide Kreatif Amplop Tas

Amplop model tas imut ini dibuat dengan cara yang cukup mudah tanpa proses jahit yaitu hanya menggunakan lem saja, tempel dan tempel. Anda bisa mendapatkan tutorialnya di bawah ini.
Selengkapnya Ide Kreatif Amplop Tas

20. Ide Kreatif Amplop Tas Ransel

Amplop model tas ransel adalah amplop unik yang bisa digunakan untuk menyimpan uang sekaligus untuk mainan. Cara membuatnya juga mudah tanpa jahit cukup dilem saja.

21.  Ide Kreatif Amplop Totebag

Amplop totebag adalah amplop model tas jinjing. Cara membuat amplop totebag terbilang mudah karena tidak memerlukan proses jahit. Cukup gunakan lem lilin untuk menghasilkan amplop totebag yang unik dan menarik.

22 - 32 tutorialnya ada di channel youtube Kreasi Ceria.

22. Ide Kreatif Amplop Ikan


23. Ide Kreatif Amplop Gaun


24. Ide Kreatif Amplop Si Unyil


25. Ide Kreatif Amplop Katak


26.  Ide Kreatif Amplop Owl


27. Ide Kreatif Amplop Cupcake


28. Ide Kreatif Amplop Kumbang


29. Ide Kreatif Amplop Wortel


30. Ide Kreatif Amplop Tawon


31. Ide Kreatif Amplop Ayam


32. Ide Kreatif Amplop Kepiting


Meskipun banyak pilihan model amplop lebaran yang tersedia, hal yang terpenting adalah semangat saling memberi dan memaafkan yang terkandung di dalamnya. Karena pada akhirnya, amplop lebaran hanyalah simbol kebahagiaan dan kebersamaan dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Akhir kata, itulah 32 Ide Kreatif Amplop Lebaran. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:

Tidak ada komentar