Cara Mudah Membuat Baju untuk Laptop

Laptop adalah komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Dulu laptop merupakan barang mewah karena harganya yang sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Apalagi ketika mengoperasikannya tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Jika ingin mahir mengoperasikan komputer harus kursus dulu.

Namun saat ini, laptop sudah bukan lagi merupakan barang yang mewah karena kini laptop banyak yang dijual dengan harga terjangkau. Dan tenyata mengoperasikan laptop itu tidak sesulit yang dibayangkan. Jika dulu mungkin hanya kaum terpelajar, anak kuliahan, orang-orang yang memiliki gelar, pekerja kantoran saja yang menggunakannya, namun saat ini tukang becak dan petani di sawah pun juga memakainya. Mereka adalah tukang becak dan petani gaul yang tidak ingin ketinggalan zaman dan selalu mengikuti berita yang selalu update hehe.

Laptop banyak sekali kegunaannya terutama bagi para pelajar dan orang yang pekerjaannya hanya duduk manis di rumah saja seperti saya hihihi. Laptop bagi saya merupakan suatu kebutuhan. Seandainya laptop saya rusak, pastilah saya bingung karena komputer PC saya tidak punya. Hanya inilah laptop saya satu-satunya sehingga saya pun harus merawatnya dengan sungguh-sungguh.

Cara merawat laptop tidak boleh sembarangan, mengingat harga sebuah laptop yang meskipun terjangkau namun tidak bisa dibilang murah. Karena itulah perawatan dan pembersihannya juga harus dilakukan dengan benar, agar laptop tidak mudah rusak. Selama ini saya selalu membersihkan laptop saya sendiri, mulai dari membersihkan keyboard, layar sampai bodynya saya lap sendiri.

Dan saya bersyukur meskipun sudah bertahun-tahun tapi laptop saya belum pernah mengalami kerusakan yang parah. Hal ini tentu saja karena saya benar-benar menjaga, merawat dan membersihkan laptop saya dengan cara yang benar. Dan pada artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman kepada anda semua, khususnya anda yang sedang mencari tips tentang bagaimana cara merawat laptop dengan benar.

Membersihkan laptop dengan benar

Jika laptop kita sudah berusia lebih dari 2 tahun, maka yang tampak adalah tumpukan debu yang menggunung. Disinilah perlunya untuk menyiapkan kuas dan menggunakan kuas tersebut untuk menyingkirkan debu-debu. Bersihkan komponen secara perlahan. Bersihkan juga lubang udara. Lubang udara biasanya akan tertutup oleh debu. Hal tersebut jika tidak segera dibersihkan akan membuat laptop cepat sekali panas.

Untuk membersihkan keyboard, layar dan body dibutuhkan lap bersih dan minyak kayu putih. Lap yang digunakan pun tidak sembarangan. Jangan gunakan lap yang terbuat dari kain yang bulu-bulu halusnya mudah lepas tapi gunakanlah kain microfiber yang  tidak meninggalkan noda. Sedangkan fungsi minyak kayu putih adalah cairan untuk membersihkan laptop karena minyak kayu putih sangat aman.

Berikut ini langkah-langkah membersihkan laptop

1. Membersihkan Layar Laptop
Membersihkan layar laptop tidak boleh sembarangan. Bahan yang paling aman dan mudah didapat untuk membersihkan layar adalah tisu. Karena tekstur tisu yang sangat lembut tidak akan merusak atau menggores layar laptop.

2. Membersihkan Body Laptop
Tuangkan sedikit minyak kayu putih ke badan atau body laptop yang kotor, lalu usap halus bagian yang kotor tersebut dengan lap bersih yang sudah kita sediakan tadi.

3. Membersihkan Keyboard Laptop
Pada sela-sela keyboard terdapat banyak debu yang menempel. Untuk membersihkannya gunakan kuas.

Lakukan secara rutin. Jika terlihat debu sebisa mungkin anda harus langsung membersihkannya terutama keyboard. Karena debu yang menumpuk pada keyboard bisa menyebabkan tombolnya macet. Jika hal ini dibiarkan maka bisa berakibat fatal.

Membuat baju untuk laptop

Membersihkan saja tidak cukup, karena biasanya setelah digunakan, laptop seringkali dibiarkan begitu saja setelah dishut down. Alasannya karena laptop masih panas jadi tidak langsung ditutup sehingga laptop cepat sekali menjadi kotor meskipun baru saja dibersihkan. Solusinya yaitu dengan menutupnya menggunakan baju laptop seperti gambar di bawah ini.

Baju untuk Laptop dari kain

Cara membuat baju untuk laptop

Bagaimana cara membuat baju laptop
Cara membuat baju laptop seperti yang saya buat ini sangatlah mudah. Bahan yang diperlukan adalah kain biasa dan kain flanel untuk membuat aplikasi bunga. Langkah pembuatannya yaitu, pertama-tama bentangkan kain pada laptop. Lebihkan beberapa cm untuk memasukkan laptop bagian atas dan bawah. Selanjutnya jahit pinggiran kain dan lipat beberapa cm ke bagian luar kemudian jahit tepinya dan balikkan. Buat hiasan bunga dari kain flanel selanjutnya tempelkan pada bahan kain dan jahit menurut pola yang diinginkan. Sudah, hanya itu saja. Gampang kan ?

Oh ya, sebagai tambahan, jangan meletakkan laptop diatas kasur atau tempat yang empuk karena akan mengakibatkan hawa panas tidak bisa keluar yang diakibatkan oleh tertutupnya ventilasi udara yang ada di bawah laptop. Solusinya gunakan cooling pad.  Fungsi dari cooling pad yaitu sebagai kipas pendingin untuk melancarkan sirkulasi udara. Cooling pad sangat berguna untuk menstabilkan udara panas yang dihasilkan dari kinerja komponen laptop.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Baju untuk Laptop yang bisa anda coba untuk membuatnya juga agar laptop anda terlindungi dari debu. Sebenarnya masih banyak cara merawat laptop dengan benar. Namun sengaja tidak saya bahas. Apa yang saya tulis ini adalah murni pengalaman pribadi saya dan kiranya cukup sampai disini saja apa yang harus saya bagikan. Harapan saya semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca sekalian.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Baju untuk Laptop "

Posting Komentar

DMCA