Cara Mudah Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita sebagai seorang muslimah. Definisi dari kata hijab itu sendiri artinya menutupi. Secara umum kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab atau kerudung yang menutup dada hingga ke bagian atas pinggul atau yang sering disebut hijab syar'i. Umumnya model jilbab atau hijab yang di pakai oleh muslimah adalah jilbab instan, jilbab segi empat, dan pashmina.

Jilbab instan adalah jilbab yang langsung bisa dipakai. Selain sederhana, mudah dipakai dan menghemat waktu, jilbab instan sangat cocok dipakai kaum muslimah yang tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan. Sedangkan jilbab segi empat adalah jilbab yang berbentuk persegi. Jilbab ini sudah sangat umum dan biasanya dipakai untuk acara formal dan non formal. Jilbab segi empat umumnya dipakai anak sekolah dan untuk acara-acara penting seperti ke kantor. Jilbab segi empat ini sangat digemari oleh kalangan hijabers khususnya muslimah remaja. Mereka berlomba-lomba menciptakan kreasi terbaru.

Dan bagi anda yang ingin tampil modis dan fashionable, mengenakan jilbab pashmina bisa dijadikan pilihan. Meskipun cara memakai jilbab pashmina agak sedikit ribet dan berbelit-belit, namun saat ini hijab pashmina menjadi salah satu dari sekian banyak jenis kerudung modern yang menjadi trend dan banyak dikoleksi oleh para remaja muslimah.

Kerudung pashmina ini berbentuk persegi panjang dan dapat dikreasikan menjadi berbagai model dan bentuk-bentuk yang menawan. Jilbab pashmina memiliki berbagai gaya dan model yang menarik dan biasanya terkesan modern sehingga cocok sekali untuk para wanita yang ingin tampil cantik, modern dan modis dengan balutan hijab. Apapun model hijab yang dikenakan, yang terpenting adalah memenuhi persyaratan jilbab muslimah yang sesuai syari'at.

Mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan

Berbicara mengenai kerudung pashmina, tidak semua orang mampu mengkreasikannya sehingga jilbab instan masih menjadi favorit banyak muslimah yang menyukai kesederhanaan dan tidak suka ribet.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan yang langsung bisa dipakai. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya memiliki banyak kerudung pashmina tetapi masih bingung cara memakai dan mengkreasikannya. Sehingga saya pun berinisiatif untuk mengubahnya menjadi jilbab yang simpel.

Permak jilbab sendiri

Umumnya kerudung pashmina berukuran panjang 180 cm dan lebar 90 cm, namun tidak semua kerudung pashmina memiliki ukuran yang sama. Bahan kerudung pashmina juga beraneka ragam mulai dari yang sederhana, murah sampai yang mewah dan mahal. Untuk mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

Proses memotong
Siapkan kerudung pashmina dan jilbab instan untuk contoh. Bentangkan kerudung pashmina kemudian lipat menjadi dua. Cara melipatnya dari atas ke bawah bukan menyamping. Selanjutnya letakkan jilbab instan di atas lipatan kerudung pasmina. Beri jarak 1,5 cm untuk kampuh. Selanjutnya potong kerudung pashmina menurut pola jilbab.

Cara mudah permak jilbab

Proses menjahit
Setelah dipotong, buka lipatan kerudung pashmina. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini (gambar 1). Pola ini bisa dijadikan sebagai pola dasar jilbab untuk pembuatan jilbab selanjutnya. Anda tinggal menyesuaikan ukuran dan bentuk bagian bawah. Sisa potongan dari kerudung pashmina bisa digunakan untuk lapisan jilbab (gambar 2) agar jilbab tidak transparan.

Cara paling mudah permak jilbab sendiri

Saatnya menjahit jilbab. Pertama-tama jahit kelim dulu pada bagian lapisan. Selanjutnya tumpuk pola 2 di atas pola 1, bagian dalam kain (yang jelek) berada di atas. Kemudian jahit tepinya (yang bergaris pink). Lalu balikkan sehingga posisi pola 2 berada di dalam. Pertemukan sisi jilbab (a dan b) kemudian jahit (yang bergaris biru) begitu pula untuk bagian lapisan. Selanjutnya tarik sedikit pola 2 agar sambungan tidak kelihatan kemudian jahit tindas.

Membuat rempel
Siapkan kain untuk rempel. Anda bisa menggunakan sisa potongan kerudung pashmina, kain perca maupun jilbab yang sudah tidak dipakai lagi. Terlebih dahulu ukur lingkar jilbab. Untuk membuat rempel diperlukan kain berukuran panjang 2 sampai 3 kali lingkar jilbab tergantung banyak sedikitnya wiru. Jahit kelim kain untuk rempel kemudian buatlah lipatan/wiru.

Cara membuat rempel atau pada saat membuat wiru ini bisa langsung diaplikasikan pada jilbab dengan bantuan jarum pentul. Selanjutnya jahit rempel mengikuti tepi jilbab kemudian obras agar serat kain tidak terburai selanjutnya jahit tindas. Agar kelihatan menarik, anda bisa memasang label DIY (label buatan sendiri) atau label bekas dari baju, kerudung atau baby doll.

Permak jilbab pashmina menjadi jilbab instan sudah selesai. Kini saatnya berpose...

Model jilbab instan yang cantik
Bagaimana? cantik kan? Sudah syar'i kan?

Keuntungan permak jilbab sendiri

Pengalaman di dunia jahit-menjahit akan semakin bertambah, bahkan pemula sekalipun bisa mencoba untuk permak jilbab sendiri karena memang prosesnya yang begitu mudah. Jika diperhitungkan, permak jilbab ke tukang jahit ongkosnya bisa jadi lumayan mahal. Bisa permak jilbab sendiri maka otomatis akan menghemat isi dompet anda. Lagi pula, kerudung yang tadinya tidak dipakai pasti menuh-menuhin lemari. Dengan memodifikasinya tentunya akan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Ok, demikianlah Cara Mudah Permak Jilbab Pashmina menjadi Jilbab Instan versi saya. Trima kasih karena anda sudah membacanya dan mohon maaf bila ada salah kata.

0 Response to "Cara Mudah Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan"

Posting Komentar

DMCA