Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

Tas menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Hampir semua orang memerlukan tas. Agar tas awet dan bisa bertahan lama, perlu perawatan ekstra. Namun tidak semua orang merawat tas dengan baik sehingga sebagian tas terkelupas.

Beberapa Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

Mungkin Anda juga pernah memiliki pengalaman unik berkaitan dengan tas. Tiba-tiba saja tas branded kesayangan Anda yang harganya mahal terkelupas tanpa diketahui sebabnya. Terkelupasnya tas sering terjadi pada tas berbahan kulit. Penyebabnya bisa jadi karena digigit tikus. Namun ada juga penyebab lain mengapa tas mudah terkelupas. Hal ini karena tidak semua tas yang tampak glamour berasal dari kulit asli. Banyak tas branded tiruan dari bahan imitasi yang mudah rusak alias mudah terkelupas.

Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas

Nah apa yang harus dilakukan jika tas terlanjur terkelupas? Jika terkelupas, tas perlu diperbaiki. Berikut cara memperbaiki tas yang terkelupas dengan mudah.

1. Mengeringkan tas

Jika tas terkelupas karena terkena air, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengeringkan tas tersebut. Keringkan dengan tisu atau bahan penyerap air lainnya. Berhati-hatilah saat mengeringkan agar bagian yang terkelupas tidak semakin lebar. Jika tas masih juga basah, Anda bisa mengeringkannya dengan menjemur di bawah sinar matahari langsung.

2. Membersihkan tas

Jika tas Anda ternyata kotor, maka perlu Anda membersihkan terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan tas dengan minyak kayu putih atau pasta gigi. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih atau pasta gigi di bagian tas yang kotor, kemudian menggosoknya. Ingat, gosoklah dengan pelan agar bagian yang terkelupas tidak sobek atau tidak semakin lebar.

3. Cukup oleskan lem saja

Apabila bagian tas yang terkelupas bisa disatukan, maka cobalah untuk menyatukan kembali dengan lem. Pilih lem yang daya rekatnya tinggi dan tidak merusak bahan. Anda bisa menggunakan cotton bud atau alat kecil lainnya untuk merekatkan bagian sempit yang terkelupas. Setelah diberi lem, biarkan beberapa saat hingga lem benar-benar mempersatukan bagian yang terkelupas. Setelah kering, tas Anda sudah siap untuk digunakan kembali.

4. Menambal bagian tas yang terkelupas

Jika tas yang terkelupas itu tidak bisa disatukan, maka anda harus membersihkan bagian yang terkelupas itu. Setelah tas benar-benar bersih dan kering, Anda bisa mulai untuk menambal atau menutupinya. Gunakan bahan sejenis untuk menambal tas dengan bantuan lem yang memiliki daya rekat yang kuat. Dengan demikian tas yang tadinya terkelupas akan tertutupi.

5. Menutupi bagian yang terkelupas

Jika bagian luar dari yang terkelupas sudah tidak dapat dilem atau disatukan, maka solusinya yaitu dengan menutupinya. Tutupi bagian yang terkelupas tersebut dnegan spidol permanen, selotip, atau aksesoris. Spidol permanen akan sangat bagus jika digunakan untuk menutupi bagian bawah tas yang tidak terlalu kelihatan. Pastikan warna spidol sama dengan warna tas agar hasil perpaduannya cantik dan tidak kelihatan terkelupasnya.

Selain spidol permanen, Anda juga bisa menambalnya dengan selotip. Tapi selotip hanya digunakan untuk tas yang bentuknya seperti koper. Saat menempelkan selotip, keluarkan kreativitas Anda sehingga selotip terlihat seperti hiasan pada tas. Tempelkan selotip sebagus dan serapi mungkin agar tidak ada yang curiga tas Anda sedang terkelupas.

Jika bagian yang terkelupas merupakan bagian penting dalam tas, Anda bisa memperbaikinya dengan cara menempelkan aksesoris tambahan pada tas. Tempelkan aksesoris yang pas dan menyatu dengan warna tas. Tas dijamin menjadi lebih cantik.

Nah demikian tadi sedikit pembahasan mengenai cara memperbaiki tas yang terkelupas dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar