Membuat Ikat Rambut Cantik dari Kain Perca yang Nyaman Dipakai

Membuat Ikat Rambut Cantik dari Kain Perca yang Nyaman Dipakai

Banyak hal dilakukan oleh wanita demi menunjang penampilan, mulai dari baju, sepatu, tas dan pernak-pernik cantik atau aksesoris yang membuat wanita terlihat lebih menarik. Aksesoris itu sendiri memiliki beragam bentuk mulai dari yang sederhana, murah sampai yang mewah. Bagi wanita, rambut adalah mahkota dan memiliki daya tarik tersendiri. Untuk rambut, salah satu aksesoris yang cocok digunakan adalah ikat rambut. Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman membuat ikat rambut cantik dari kain perca yang mana ikat rambut ini nantinya nyaman dipakai.

Membuat Ikat Rambut yang Nyaman Dipakai

Memiliki rambut panjang ternyata gampang-gampang susah merawatnya. Sering kali rambut yang panjang membuat pemiliknya merasa risih dan gerah jika cuaca sedang panas-panasnya. Meskipun memiliki rambut yang indah, jika cuaca panas pasti menimbulkan rasa tidak nyaman dan ingin mengikat rambut panjangnya. Karena rambut panjang yang dibiarkan tergerai terkadang bikin tidak nyaman alias risih.

Jika anda kebetulan memang memiliki rambut panjang, pasti butuh ikat rambut kan? Mungkin anda sudah memiliki banyak koleksi berbagai macam aksesoris ikat rambut namun yang nyaman dipakai sepertinya perlu dipertimbangkan. Karena ada ikat rambut yang bikin rambut rontok ketika ikat rambut itu dilepas. Maka dari itu ada tips memilih ikat rambut yang nyaman dipakai itu seperti apa. Disini saya ingin membagikan tips nya yaitu dengan membuatnya sendiri. Bahan yang digunakan juga harus diperhatikan karena bahan menentukan kualitas. Karena itulah saya memilih bahan dari kain satin yang licin sehingga ketika dijadikan ikat rambut hasilnya cantik dan tidak bikin rambut rontok.

Ikat Rambut Cantik dari Kain Perca yang Nyaman Dipakai
Anda tidak usah khawatir kesulitan membuat ikat rambut seperti ini karena sangat mudah sekali seperti membuat ikat rambut biasa. Tidak perlu mesin jahit, karena kita bisa menjahit nya dengan cara manual. Namun meskipun mudah, ada saja yang masih bingung cara membuatnya karena memang belum tahu. Oleh sebab itu di sini saya bagikan tutorial nya agar anda juga bisa membuat ikat rambut yang nyaman dipakai dari kain perca.

Oke, langsung saja ya simak proses pembuatan ikat rambut cantik dari kain perca satin yang nyaman dipakai berikut ini.

Cara Membuat Ikat Rambut

Untuk membuat ikat rambut cantik nyaman dipakai, kita hanya membutuhkan peralatan dan bahan yaitu :
1. Kain perca satin
2. Karet elastik
3. Peniti
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Lem tembak

Cara membuat:

Cara Membuat Ikat Rambut Cantik dari Kain Perca yang Nyaman Dipakai

1. Siapkan jarum, benang, kain perca satin berbentuk persegi panjang. Untuk tali rambut, di sini kain perca yang digunakan berukuran panjang 60 cm dan lebarnya 8 cm. Karet elastik bisa disesuaikan dengan keinginan karena setiap orang memiliki rambut yang berbeda-beda lebat nya.

2. Langkah berikutnya yaitu persiapan membuat ikat rambut. Lipat kain menjadi dua bertemu sisi panjangnya. Selanjutnya jahit lurus namun jangan dijahit semuanya. Sisakan 4 cm pada kedua ujungnya. Setelah dijahit selanjutnya balikkan kain menggunakan tangan atau dengan sumpit/tusuk sate.

3. Setelah selesai membalik kain selanjutnya satukan ujung dengan ujung kemudian jahit lurus untuk menggabungkan sehingga terbentuklah ikat rambut melingkar yang menyerupai gelang.

4. Selanjutnya kita pasang karet elastik. Masukkan karet elastik yang ujungnya dipasang peniti ke dalam kain. Agar karet elastik tidak lepas, sematkan jarum pentul pada salah satu ujung elastik. Dan setelah karet elastik bertemu dengan ujungnya selanjutnya simpulkan elastiknya atau bisa dijahit agar rapi.

5. Itulah hasilnya. Kain menjadi berkerut dan jadilah ikat rambut biasa. Sampai di sini sebenarnya ikat rambut sudah bisa dipakai.

6. Langkah selanjutnya buat bunga kanzashi dari kain perca satin juga untuk mempercantik ikat rambut. Setelah itu beri lem tembak dan tempelkan bunga kanzashi pada ikat rambut. Selesai. Ikat rambut cantik dari kain perca satin siap dipakai dan tentunya nyaman, yang memakai juga tampak lebih cantik.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Membuat Ikat Rambut Cantik dari Kain Perca yang Nyaman Dipakai. Selamat mencoba

Baca juga:

Tidak ada komentar