Cara Membuat Bunga Tulip Cantik dari Kertas Origami (Prakarya SD)

Cara Membuat Bunga Tulip Cantik dari Kertas Origami (Prakarya SD)

Membuat kerajinan adalah hal yang menyenangkan khususnya bagi anak SD. Mereka yang berjiwa kreatif sepertinya tidak kehabisan akal untuk menghasilkan karya yang layak mendapatkan apresiasi. Untuk anak seusianya yang pada umumnya masih suka bermain, bisa berkarya itu adalah hal yang luar biasa. Meskipun kreasi yang dihasilkan mungkin tidak sebagus hasil karya orang dewasa, tapi setidak-tidaknya mereka sudah berusaha menuangkan ide kreatifnya. Untuk tugas prakarya, anak-anak SD ini biasanya mengikuti tutorial dari video maupun gambar. Dan hasilnya terkadang sama atau mirip. Hebat kan?

Seperti yang kita tahu, dalam hal membuat kerajinan, anak perempuan umumnya suka membuat bunga jika ada tugas prakarya. Bahan yang dipilih biasanya yang murah dan tentunya mudah didapat misalnya kertas origami. Ada banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari kertas origami misalnya dari teknik melipat. Namun kertas origami juga bisa dikreasikan menjadi bunga tulip yang cantik. Dan pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat bunga tulip cantik dari kertas origami yang bisa dijadikan referensi untuk tugas Prakarya SD.

Bunga Tulip Cantik dan Indah dari Kertas Origami

Bisa dilihat sendiri kan hasilnya pada gambar di atas memang benar-benar cantik meskipun bahannya sangat sederhana yaitu kertas origami yang murah meriah. Agar bisa membuatnya, tutorialnya ada di bawah ini nih ...

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Origami

Untuk membuat bunga tulip ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:
1. Kertas origami double face
2. Batang bambu
3. Lem Kertas
4. Gunting
5. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga Tulip


Tutorial Membuat Bunga Tulip Cantik dari Kertas Origami 1
1. Itulah bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan yaitu kertas origami double face ukuran 16 cm x 16 cm, batang bambu, lem kertas, dan lem tembak. Untuk batang bambu bisa diganti dengan lidi.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai bunga dari potongan kertas origami warna hijau yang disambung lalu bungkus batang bambu tadi. Gunakan lem kertas lalu lekatkan.

3. Langkah selanjutnya lipat kertas origami menjadi beberapa bagian. Selanjutnya potong membentuk seperti pada gambar untuk membuat mahkota bunga tulip. Dibutuhkan 5 potongan untuk membuat setangkai bunga tulip. Setelah itu gunting sedikit tengahnya.

4. Langkah selanjutnya lipat yang digunting tadi dengan cara menumpang sehingga membentuk seperti pincuk atau sudut lalu beri lem kertas dan tempelkan.

5. Langkah selanjutnya jadikan satu kelima mahkota bunga tulip lalu potong setengah lingkaran pada tepinya seperti pada gambar.

6. Langkah selanjutnya rangkai kelima mahkota bunga tulip dengan posisi saling menindih antara mahkota satu dengan mahkota lainnya. Gunakan lem tembak untuk langkah ini.

Tutorial Membuat Bunga Tulip Cantik dari Kertas Origami 2
7. Langkah selanjutnya yaitu membuat benang sari dengan cara menggunting kertas seperti pada gambar.

8. Beri lem kertas lalu tempelkan kertas tadi pada tangkai bunga dengan cara digulung sehingga tangkai bunga kini memiliki benang sari yang siap dipasangkan pada bunga.

9. Langkah selanjutnya masukkan tangkai pada bunga tulip dilanjutkan dengan membuat kelopak bunga lalu masukkan kelopak bunga pada tangkai dan beri lem tembak lalu rekatkan.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Gunakan kertas origami warna hijau. Daun dibuat berukuran besar dan panjang agar menyerupai daun tulip asli.

11. Langlah terakhir pasangkan daunnya dengan cara dilem tembak dan lengkungkan sedikit daunnya.

12. Buat beberapa bunga tulip dengan kertas origami warna lain agar bunga tulip semakin cantik dan indah ketika dijadikan hiasan.

Demikianlah Cara Membuat Bunga Tulip Cantik dari Kertas Origami (Prakarya SD). Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian khususnya adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Baca juga:

Tidak ada komentar