Tutorial Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Origami

Tutorial Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Origami

Kertas origami adalah kertas yang biasa digunakan untuk tugas prakarya atau kerajinan. Seperti yang kita tahu, kertas origami memiliki beraneka ragam warna dan beberapa ukuran. Untuk mendapatkan kertas origami tidaklah sulit karena kertas jenis ini banyak dijual di toko peralatan tulis. Selain digunakan untuk kerajinan dengan teknik melipat, kertas origami juga bisa dikreasikan menjadi bunga yang sangat indah. Bunga dari kertas origami ini nantinya bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Selain itu bunga dari kertas origami juga cocok untuk tugas prakarya anak SD.
Bunga Indah dari Kertas Origami untuk Prakarya SD

Sebagai orang tua tentunya anda ikut berperan ketika anak sedang ada tugas prakarya. Biasanya orang tua memberikan contoh yang mudah diikuti oleh anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Nah, jika anda sedang mencarikan referensi untuk putri anda, berikut ini tutorial membuat bunga yang indah dari kertas origami yang mudah diikuti.

Tutorial Membuat Bunga dari Kertas

Untuk membuat bunga yang indah, kita perlu mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kertas origami double face
2. Kertas koran
3. Kawat
4. Lem kertas
5. Lem tembak
6. Gunting

Langkah-langkah Membuat Bunga

Tutorial Cara Membuat Bunga Indah dari Kertas Origami 1

1. Langkah pertama yaitu mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan. Pilihlah kertas origami warna cerah. Di sini kertas origami yang digunakan adalah yang berukuran 20 cm x 20 cm.

2. Selanjutnya kita membuat tangkai bunga. Untuk membuat tangkai bunga, potong kertas korang memanjang dengan lebar 1 cm. Kemudian lilitkan potongan kertas koran pada kawat. Setelah itu potong kertas origami warna hijau menjadi beberapa potong dengan lebar 5 cm lalu disambung selanjutnya dililitkan pada tangkai kawat untuk menutup lilitan koran tadi.

3. Langkah selanjutnya potong kertas membentuk lingkaran sebanyak 8 untuk membuat mahkota bunga. Untuk ukuran bisa disesuaikan menurut keinginan.

4. Langkah selanjutnya lipat kertas menjadi dua lalu lipat lagi seperti pada gambar. Beri lem sedikit saja di tengah-tengah agar menyatu.

5. Selanjutnya beri lem kertas pada salah satu sisinya lalu susun dengan yang lainnya sehingga kedelapan mahkota bunga menyatu.

6. Beri lem lagi dan satukan mahkota bunga lalu buka sehingga terbentuk bunga yang mekar. Atur kemekarannya dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial Cara Membuat Bunga Indah dari Kertas Origami 2

7. Langkah selanjutnya potong kertas origami membentuk lingkaran. Bisa dipilih warna yang lebih cerah agar warna bunga menjadi kontras. Setelah itu beri lem tembak dan tempelkan kertas berbentuk lingkaran tadi di tengah-tengah bunga. Buat beberapa bunga dengan warna yang berbeda. Setelah itu membuat kelopak bunga.

8. Langkah selanjutnya tempelkan kelopak bunga pada bunga. Lalu masukkan tangkai pada bunga. Masukkan lagi tangkai pada bunga yang satunya sehingga ada dua bunga pada satu tangkai. Setelah itu lengkungkan tangkainya.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Beri lem tembak dan susun beberapa daun seperti pada gambar.

10. Langkah terakhir ikat beberapa tangkai bunga yang sudah jadi dengan kawat lalu taruh pada vas bunga berikut daunnya.

Demikianlah artikel tentang ide kreatif membuat prakarya yaitu Tutorial Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Origami. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar