Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas (Prakarya SD)

Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas (Prakarya SD)

Masih dalam rangka membuat kerajinan atau prakarya untuk anak SD. Kali ini penulis ingin berbagi cara mudah membuat bunga yang indah dari kertas yang cocok untuk tugas prakarya siswa-siswi Sekolah Dasar. Bagi anak SD, membuat prakarya adalah kegiatan yang menyenangkan. Biasanya tugas dikerjakan secara berkelompok. Untuk anak perempuan biasanya suka membuat bunga. Masalahnya bunga seperti apa yang cocok untuk dijadikan kerajinan untuk anak-anak SD ini. Maksudnya, bunga yang dibuat hasilnya indah tapi caranya cukup mudah.

Nah, jika yang diinginkan adalah membuat bunga yang indah dengan cara yang mudah, maka membuat bunga dari kertas origami adalah pilihan yang tepat. Karena kertas origami adalah kertas yang sudah tidak asing lagi dan tentunya mudah sekali mendapatkan bahan kertas origami yang tersedia di toko-toko peralatan tulis.

Bunga Indah dari Kertas Origami

Yang menarik dari bunga kertas ini adalah warna dan bentuknya yang mirip dengan bunga daisy. Meskipun dari bahan kertas yang sederhana ternyata hasilnya begitu indah sehingga bunga dari kertas ini layak dijadikan pajangan untuk mempercantik ruang tamu. Jika anda juga berniat ingin membuatnya, syaratnya, bunga harus dibuat dengan jumlah yang agak banyak dan dijamin anda tidak akan kecewa karena hasilnya bisa anda lihat seperti gambar di atas.

Cara Membuat Bunga dari Kertas

Untuk membuat bunga yang indah dari kertas ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:
1. Kertas origami double face
2. Kawat
3. Solasi hijau
4. Gunting
5. Lem Kertas
6. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga yang Indah


Tutorial Bunga Indah dari Kertas Origami 1

1. Itulah bahan dan peralatan yang perlu dipersiapkan. Untuk kertas origami di sini yang digunakan adalah yang berukuran 20 cm x 20 cm.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai dari kawat. Panjang kawat kira-kira 25 cm. Lalu lilit kawat dengan solasi hijau. Buat beberapa tangkai kawat sesuai jumlah bunga yang diinginkan.

3. Langkah selanjutnya yaitu membuat bunga. Potong kertas origami menjadi beberapa bagian.

4. Selanjutnya lipat kertas persegi tadi menjadi bentuk segitiga setelah itu lipat lagi menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil.

5. Potong kertas menjadi bentuk melengkung seperti pada gambar untuk membuat mahkota bunga.

6. Buka lipatan maka pola dasr bunga sudah terbentuk. Ada delapan mahkota kecil. Setelah itu gunting sedikit menuju pusat bunga.

Tutorial Bunga Indah dari Kertas Origami 2

7. Buatlah lipatan lurus pada ke-delapan mahkota bunga sehingga terbentuk seperti pada gambar. Untuk satu kuntum bunga dibutuhkan 5 bunga.

8. Langkah selanjutnya tumpuk kelima bunga dengan cara diberi lem kertas di tengah-tengah bunga.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak bunga seperti pada gambar. Jangan lupa gunting sedikit di bagian tengahnya.

10. Langkah selanjutnya pasangkan kelopak bunga pada bunga dengan cara dilem tembak. Setelah itu lubangi bunga menggunakan jarum lalu masukkan tangkai bunga. Tekuk kawat bagian ujung untuk mengunci.

11. Langkah selanjutnya gunting kertas origami warna lain membentuk lingkaran kecil seloanjutnya tempelkan tepat di tengah-tengah bunga untuk menutup kawat. Lakukan hal yang sama pada ujung tangkai yang satunya sehingga satu tangkai ada dua bunga. Agar bunga tampak indah, atur mahkota bersusun tadi dengan cara menangkup-nangkupkan semua mahkota bunga sampai membentuk bunga yang diinginkan.

12. Langkah terakhir yaitu membuat daun. Seelah itu tempelkan daun pada tangkai. Selesai.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas (Prakarya SD). Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar