Ide Kreatif dari Barang Bekas Paling Mudah untuk Prakarya SD

Ide Kreatif dari Barang Bekas Paling Mudah untuk Prakarya SD

Tugas prakarya pasti ada di setiap jenjang sekolah. Pembuatan kerajinan tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Misalnya untuk anak SD, saat ini kerajinan dari barang bekas lebih diutamakan. Hal ini bertujuan untuk mendidik anak agar tahu bahwasanya barang bekas itu tidak semuanya harus dibuang. Karena selama ini, barang bekas misalnya bungkus produk nasibnya selalu berakhir di tempat sampah.
Contoh Ide Kreatif dari Barang Bekas

Barang bekas itu sendiri ada banyak sekali dan mudah kita temukan di lingkungan sekitar. Salah satu dari barang bekas ini misalnya kotak susu. Bagi anda atau anak anda yang gemar mengkonsumsi susu kemasan kotak, setelah susu habis pasti kotaknya dibuang. Bungkus produk seperti itu memang biasanya dibuang. Padahal jika banyak, bungkus-bungkus produk tersebut bisa ditimbang dan ditukar dengan bawang. Namun bagi anda yang memiliki jiwa kreatif, kotak susu ini bisa disulap menjadi barang antik. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi ide kreatif dari barang bekas paling mudah untuk prakarya SD yang mana dari barang bekas ini nantinya bisa mengubah hidup anda jadi jutawan. Ehhemm asyik kan?

Ide Kreatif dari Barang Bekas

Mengapa disebut ide kreatif? Penjelasannya kira-kira seperti ini. Ide kreatif adalah gagasan yang muncul dari pemikiran kreatif yang mana dari pemikiran itu lahirlah karya yang unik. Mengapa dari barang bekas? Tentu saja, karena barang bekas selama ini selalu dibuang ke tempat sampah. Jika anda mampu mengolah barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang lebih berguna, maka anda layak mendapat predikat human creative.

Sedangkan untuk tugas prakarya itu sendiri yang paling tepat diberikan kepada anak adalah membuat kerajinan tangan yang bisa mengasah kreativitas sekaligus untuk mengenalkan mereka akan arti cinta lingkungan. Apa tujuan dibuatnya kerajinan jenis ini. Terangkan juga kepada mereka apa gunanya barang ini nantinya dan mengapa bahannya dari barang bekas.

Contoh kerajinan yang paling mudah diberikan kepada anak adalah seperti yang kita bahas kali ini. Untuk membuatnya, anda bisa menyimak tutorial berikut ini.

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas 

Untuk membuat kerajinan atau prakarya ini, kita hanya perlu mempersiapkan 2 kotak kemasan susu ukuran 1000 ml, spidol, kain flanel, cutter, gunting, dan lem tembak.


Tutorial Kerajinan dari Barang Bekas untuk Tugas Prakarya

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Siapkan dua kemasan kotak susu berukuran 1000 ml. Setelah itu buat penanda menggunakan spidol pada salah satu kotak susu. Di sini kita membuat bentuk rumah dan pola dibuat seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya potong kotak susu yang satunya lagi. Buat potongan persegi panjang dan hasil pengerjaan tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya potong kain flanel seperti pada gambar. Di sini kain flanel yang digunakan ukuran 25 cm x 25 cm. Ukuran dan bentuk disesuaikan dengan ukuran dan bentuk kotak susu tadi.

4. Langkah selanjutnya bungkus kotak susu dengan potongan kain flanel. Bungkus juga yang berbentuk persegi panjang.

5. Itulah hasil pengerjaan yaitu bentuk menyerupai bagian-bagian rumah yaitu rumah dan atapnya.

6. Langkah selanjutnya potong kain flanel menyerupai bentuk pintu dan jendela setelah itu tempelkan dengan cara diberi lem tembak.

7. Buat lubang menggunakan cutter lalu rapikan dengan gunting. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

8. Langkah terakhir lipat menjadi dua bagian yang berbentuk persegi panjang sehingga membentuk seperti atap lalu tempelkan pada rumah. Sekarang kita sudah tahu hasil dari pengerjaan yaitu sebuah celengan yang bisa mengubah hidup anda menjadi jutawan dengan syarat anda harus banyak-banyak bersyukur, tidak bergaya hidup mewah, tidak suka berfoya-foya dan berusaha hidup hemat dengan cara rajin menabung.

Demikianlah artikel tentang Ide Kreatif dari Barang Bekas Paling Mudah untuk Prakarya SD. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar