Ide Kerajinan Tangan untuk Anak, Membuat Anak Makin Kreatif

Ide Kerajinan Tangan untuk Anak, Membuat Anak Makin Kreatif

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi lebih kreatif dan membanggakan. Apakah jenis-jenis kerajinan tangan untuk anak, membuat anak makin kreatif? Tentu saja jawabannya iya. Dengan membuat kerajinan tangan, anak bisa melatih otak dan kelincahan tangannya. Hasil dari kerajinan tangan yang dibuat oleh anak juga dapat menjadi hal yang memuaskan bagi anak karena kerajinan tersebut bisa disimpan dan dijadikan sebagai hiasan.

Tidak bisa dipungkiri, kerajinan tangan bisa menjadi hal yang penting karena tidak hanya baik untuk mengasah imajinasi, kreativitas, tapi juga melatih kemandirian si kecil. Akan lebih baik jika Bunda selaku orang tua dapat mendampingi mereka secara langsung. Dengan begitu anak akan memperoleh pengalaman untuk bermain dan berkarya.
Beberapa Ide Kerajinan Tangan untuk Anak

Oeh karena itu, sepatutnya kita mengetahui apa saja kegiatan positif yang bisa dikategorikan sebagai proses kreatif dan membuat anak makin terlatih. Berikut ini beberapa ide kerajinan tangan untuk anak, membuat anak makin kreatif. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

Asah Kreativitas Anak dengan Kegiatan Ini

Banyak hal yang dapat Bunda lakukan untuk mengarahkan si Kecil kepada kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif sekaligus mampu mengasah kreatifitas dan daya imajinasinya. Salah satu aktivitas yang tepat adalah mengajaknya membuat berbagai kerajinan tangan. Kerajinan tangan dapat disesuaikan dengan umur dan situasi si Kecil. Kerajinan tangan yang bisa dibuat misalnya :

Membuat ikan dari piring kertas.

Caranya mudah, gunting sudut piring menjadi bentuk segitiga. Kemudian tempelkan guntingan segitiga tersebut pada sisi berlawanan dengan tujuan potongan tersebut menjadi ekor dari ikan tersebut. Yang lebih menarik, mintalah anak untuk mewarnai ikan kertas yang dibuatnya.

Lukisan telapak tangan

Kreativitas yang kedua ini cukup mudah dan menarik bagi anak. Caranya, anak melebarkan telapak tangannya dan memasukkan tangan tersebut ke dalam cat warna (warna bervariasi lebih bagus). Selanjutnya anak bisa mencetak tangan yang sudah dilumuri cat warna itu pada kertas gambar. Tunggu kering, anak bisa menyaksikan kreativitasnya sendiri.

Membuat gelembung ceria

Saat masih kecil tentu pernah bermain gelembung. Nah, kali ini anak-anak akan diajak membuat gelembung warna-warni. Caranya, tuangkan cairan sabun pada sebuah wadah, bimbing anak untuk meniup gelembung tersebut. saat gelembung sudah terbentuk, teteskan cat warna di atasnya. Siapkan kertas dan tempelkan di atas gelembung sabun tersebut. Selanjutnya tinggal menunggu kering.

Membentuk berbagai karakter binatang dengan origami

Kertas origami adalah kertas berwarna-warni yang bisa dibentuk ke dalam berbagai macam bentuk. Dalam hal ini, anak memerlukan bimbingan orang dewasa untuk mengkreasikan origami tersebut. Anak bisa dibimbing dari hal sederhana, yakni membuat bentuk kipas dari kertas origami tersebut.

Membuat wadah pensil dari botol bekas

Kegiatan ini di samping meningkatkan kreativitas anak, juga bisa menghemat pengeluaran orang tua. Caranya, bimbing anak untuk memotong bagian bawah botol, haluskan ujung bagian dari potongan botol tersebut. Tutupi seluruh bagian botol dengan kain flanel dan berikan aksen pita atau bisa menggunakan kancing sebagai penghias tempat pensil tersebut.

Kerajinan tangan dari sedotan

Jika memiliki sedotan bekas, jangan buru-buru membuangnya. Coba manfaatkan sedotan tersebut untuk dibuat menjadi bunga plastik. Anak harus di bawah bimbingan orang tua karena biasanya benda yang dibutuhkan melibatkan gunting. Agar sedotan yang sudah dibelah memiliki bentuk melengkung, bisa memanfaatkan kunci rumah yang ditarik dari satu ujung ke ujung lainnya.

Demikianlah artikel tentang beberapa Ide Kerajinan Tangan untuk Anak, Membuat Anak Makin Kreatif. Semoga bermanfaat ya Bunda ...

Baca juga:

Tidak ada komentar