Cara Melemaskan Kain atau Baju yang Kaku Agar Nyaman Dipakai

Cara Melemaskan Kain atau Baju yang Kaku Agar Nyaman Dipakai

Kain yang kaku biasanya terjadi pada kain yang baru saja dibeli. Kain atau baju yang baru dibeli terasa kaku karena kandungan bahan kimia di dalamnya yang belum hilang sedikitpun. Kandungan bahan kimia ini membuat kain tetap awet. Umumnya jenis kain yang kaku ini agak sedikit tebal dan banyak digunakan sebagai bahan pembuatan seragam sekolah atau seragam kerja. Kain jenis ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan seperti taplak meja, tutup kulkas, dan lain sebagainya.

Cara Melemaskan Kain atau Baju yang Kaku

Anda pasti juga tidak nyaman memakai baju yang kaku. Karena baju yang kaku bisa bikin gerah. Tapi karena baju harus dipakai maka Anda harus memakainya meskipun tidak nyaman. Nah jika Anda memiliki kain atau baju baru yang masih kaku, berikut akan dijelaskan cara melemaskan kain atau baju yang kaku agar nyaman dipakai.

Cara Melemaskan Kain atau Baju yang Kaku Agar Nyaman Dipakai

1. Mencuci kain

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci kain tersebut. Pakaian baru yang sudah dicuci terasa lebih lemas bukan? Hal tersebut dikarenakan kandungan bahan kimianya sebagian sudah menghilang. Saat mencuci kain kaku yang baru beli, usahakan dipisah dengan kain lainnya karena kain baru biasanya luntur.

Mencuci dengan air hangat juga bisa membantu mempercepat lemasnya kain, tapi lihat dulu bahan kain yang akan Anda cuci dengan air hangat. Karena kadang ada kain yang tidak cocok apabila dicuci dengan air hangat. Setelah mencuci dan belum juga lemas, Anda bisa mencuci ulang. Jika bisa tambahkan juga pelembut dan pewangi pakaian.

2. Menjemur dan menyetrika

Jemur kain atau baju baru yang selesai Anda cuci. Jika sudah kering, setrika juga. Intinya perlakukan kain seperti kain pada umumnya yang perlu dijemur dan disetrika. Penjemuran bisa di bawah sinar matahari langsung, tapi jika cuaca tidak mendukung, Anda bisa mengeringkan dengan pengering yang Anda miliki.

Pengeringan kain bisa memperlembut kain tersebut. Begitu juga dengan menyetrika. Menyetrika dapat sedikit memperlebar serat kain sehingga kain menjadi lebih lembut. Menggunakan semprotan pelembut pakaian juga akan semakin melembutkan kain.

3. Mengepang, menganyam, membulatkan

Sebenarnya semakin sering digunakan, semakin cepat suatu kain melemas. Namun jika Anda ingin langsung nyaman saat menggunakan, Anda bisa mengepang, menganyam, atau membulatkan kain tersebut sebelum disetrika. Anda bisa memperlakukan kain kaku tersebut sesuka hati Anda asal tidak merusak kain. Semakin sering dipelintir atau dibuat kucel, semakin cepat lemas kain tersebut. Setelah kucel kain bisa Anda setrika agar terlihat mulus saat digunakan.

4. Menggunakan bahan - bahan khusus

Sebenarnya hal ini tidak disarankan karena bisa merusak kain. Namun jika kepepet kain sangat kaku, sulit lemas, kita bisa apa? Nah hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menambahkan garam, soda kue, cuka, atau boraks saat proses pencucian. Pilih salah satu bahan yang Anda punya. Bahan-bahan tersebut mampu mempercepat kain menjadi lemas dan lembut tapi ya efek sampingnya ke setiap kain berbeda-beda. Jadi Anda perlu berpikir panjang terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan yang telah disebutkan.

Demikian sedikit informasi tentang cara melemaskan kain atau baju yang kaku agar nyaman dipakai. Semoga bermanfaat dan semoga Anda dapat menemukan cara yang tepat sehingga baju Anda bisa nyaman dan enak dikenakan. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga:

Tidak ada komentar