Cara Membuat Celengan dari Bahan Bekas Sampul Buku

Celengan adalah benda untuk menyimpan uang. Benda tertutup dan hanya memiliki lubang sebesar 0,5 x 4 cm ini bisa menjadi media yang baik untuk membantu kita hidup hemat. Kapan saja kita bisa menyisihkan sisa uang jajan, uang saku bahkan uang belanja. Hingga tidak terasa, tahu-tahu celengan tersebut sudah penuh dan begitu dibuka dan dihitung pastinya akan membuat yang punya tersenyum bahagia.

Mungkin kamu ingin hidup lebih hemat lagi dan tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli celengan. Sekarang ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Celengan itu tidak harus bagus kok apalagi harganya mahal. Apalah artinya celengan bagus dan mahal jika ternyata kosong karena pemiliknya malas mengisi. Entah karena malas mengisi atau memang tidak ada uang untuk ditabung hehe. Sekilas info, menabung itu tidak harus dengan jumlah nominal yang besar. Recehan pun jika dikumpulkan lama-lama juga menjadi nominal yang lumayan kan?

Nah, daripada buang-buang uang untuk membeli celengan, lebih baik membuat sendiri. Karena biasanya celengan kalau sudah penuh dan dibuka, maka celengan tersebut sudah berlubang. Jadinya tidak afdol jika digunakan lagi. Bagaimana kalau kita membuat celengan sendiri ? Hanya dengan modal bahan bekas yaitu dari sampul buku dan lem kamu bisa membuat kerajinan dari bahan bekas menjadi celengan.

Celengan dari Sampul Buku

Celengan dari bahan bekas yaitu sampul buku
Celengan dari bahan bekas juga termasuk salah satu contoh prakarya atau tugas kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan bekas yang saat ini banyak dipraktekkan anak sekolah terutama yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Tugas prakarya ini memang ditujukan untuk mendidik anak hidup hemat sejak dini dengan cara menabung.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan cara mudah membuat celengan bentuk rumah dari bahan bekas yaitu sampul buku yang sudah tidak dipakai. Seperti yang banyak kita lihat, biasanya celengan terbuat dari kaleng berbentuk tabung dan aneka celengan berbahan seng dengan bentuk yang beraneka ragam pula. Sedangkan yang berbahan plastik modelnya pun tidak kalah menarik. Model celengan ayam dan karakter lainnya sangat disukai anak-anak. Namun dalam pembuatan prakarya untuk anak-anak haruslah yang mudah salah satunya yaitu membuat celengan dari bahan bekas sampul buku. Di samping dapat mengurangi sampah, kita juga dapat menggunakannya untuk menyimpan uang dan mendidik anak-anak untuk gemar menabung.

Cara Membuat Celengan dari Sampul Buku

Berikut ini kita akan membahas cara membuat celengan dari bahan bekas yaitu sampul buku. Bahan baku celengan ini merupakan bahan yang sangat murah dan mudah di dapatkan. Daripada kita membuangnya ke tempat sampah, alangkah baiknya kita memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna.

Cara membuat celengan bentuk rumah dari bahan bekas
Dalam membuat celengan bentuk rumah ini desainnya mirip dengan rumah nyata. Cara membuat celengan dari sampul buku bekas ini sengaja saya tulis beserta gambarnya agar mudah untuk kamu praktekkan di rumah. Berikut ini langkah-langkah pembuatan celengan dari sampul buku bekas yang saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

1. Siapkan sampul buku dengan kata lain buku tersebut memang sudah tidak dipakai. Pisau cutter. Pilih pisau cutter yang benar-benar tajam, agar hasil potongan rapi. Penggaris dan pensil untuk menggambar. Jika semua bahan sudah dipersiapkan selanjutnya kita aplikasikan pada bahan. Pertama, kita akan membuat pola dari kertas hvs. Pola dibuat dan digambar berdasarkan bagian-bagian rumah.

2. Setelah menggambar pola desain rumahnya. Selanjutnya kita menggambar desain yang telah kita buat tersebut pada sampul buku bekas. Usahakan ukuran panjang dan lebar di setiap ruangan perbandingannya sama agar lebih mudah nanti dalam pemasangan bagian lain. Selanjutnya potong bagian-bagian rumah seperti pola yang digambar. Hati-hati ketika menggunakan pisau cutter yang sangat tajam. Ketika proses memotong, alangkah lebih baik jika bahan diletakkan di atas alas triplek. Jangan lupa membuat lubang berbentuk persegi panjang kecil untuk memasukkan uang. Agar hasil pemotongan bagus, kamu bisa merapikan semua bagian dengan menggunakan gunting.

3. Setelah bahan yang digunakan sebagai dinding dan atap sudah didapat, sekarang kita akan merekatkan semua bagian tersebut menjadi bentuk rumah. Gunakan lem kayu yang sudah disediakan lalu oles pada setiap tepian bahan yang akan digabungkan. Selanjutnya tutup dengan merekatkan bagian atapnya. Jika ingin hasil penempelan lebih kuat, kamu bisa menggunakan tape/solasi dan merekatkan pada semua sisinya.

4. Nah, itulah hasil kerajinan yaitu celengan dari sampul buku bekas. Dengan sedikit keterampilan kita bisa membuat kerajinan yang sangat unik dan bermanfaat. Kini kita mempunyai celengan baru. Dan yang terpenting, bahan bekas yaitu sampul buku tersebut ternyata bisa disulap menjadi barang yang lebih berguna dan siap digunakan.

Bagaimana ? mudah kan Cara Membuat Celengan dari Bahan Bekas Sampul Buku. Semoga apa yang admin tulis ini bermanfaat. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Celengan dari Bahan Bekas Sampul Buku"

Posting Komentar

DMCA