Ide Kreatif Membuat Prakarya Bunga Terompet dari Kertas

Anda butuh ide prakarya untuk tugas sekolah anak atau untuk mengisi waktu luang? Jangan bingung! Berikut ini adalah salah satu contoh ide kreatif membuat prakarya bunga dari bahan kertas origami yang bisa anda coba. Semoga menginspirasi.

Prakarya Bunga dari Kertas Origami

Jika anda memiliki anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak, anda pasti mengenal apa itu kertas origami. Hal ini dikarenakan kegiatan melipat kertas origami tidak hanya dilakukan di sekolah saja. Umumnya guru memberikan tugas prakarya kepada anak yang mana tugas tersebut harus dikerjakan di rumah. Tugas yang diberikan tentunya berhubungan dengan kertas origami, entah itu kegiatan melipat atau menempel.

Harus kita sadari jika salah satu tujuan diberikannya tugas pekerjaan rumah adalah untuk memperkuat ikatan antara anak dengan orang tua. Jadi orang tua memang seharusnya bisa bekerja sama dengan anaknya. Sebagai orang tua, sedikit banyak anda pasti membantu anak dalam mengerjakan tugas-tugas prakarya dimulai dari membeli kertas origami hingga mendampingi serta membimbing anak dalam mengerjakan tugas prakaryanya sampai selesai.

Untuk anak usia TK, prakarya yang diberikan haruslah yang sederhana dan tidak rumit sehingga cara pembuatan nya pun mudah untuk diikuti. Setelah anak sedikit lebih mahir, anda pun bisa meningkatkan daya kreativitas anak dengan mengajaknya untuk membuat prakarya yang bisa dikatakan sulit untuk usia anak-anak.

Namun sekali lagi jangan kawatir, karena prakarya yang satu ini mungkin bisa anda coba untuk mengisi waktu luang bersama buah hati anda. Apalagi jika anda memiliki banyak kertas origami yang tidak dipakai. Alangkah senangnya jika kertas origami tersebut dimanfaatkan untuk membuat bunga terompet seperti di bawah ini.

Prakarya bunga terompet dari kertas origami

Bagaimana? Bagus kan bunga terompet dari kertas origami hasil olah tangan Kreasi Ceria? Anda juga bisa membuatnya dengan mudah. Berikut ini sharing tutorial membuat prakarya bunga terompet. Simak baik-baik ya ...

Cara Membuat Bunga Terompet

Untuk membuat bunga terompet ini, anda hanya perlu menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebagai berikut.
1. Kertas origami double face
2. Lidi/ tusuk sate
3. Lem kertas
4. Gunting

Langkah-langkah pembuatan
Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya mari kita eksekusi bersama-sama agar kertas origami yang tidak dipakai bisa disulap menjadi bunga terompet yang indah.

Tutorial membuat bunga terompet dari kertas part 1

1. Untuk membuat satu tangkai bunga terompet dibutuhkan 1 lembar kertas origami ditambah 1/4 bagian kertas origami. Sedangkan untuk warna bunga, silahkan pilih warna yang sesuai dengan keinginan.

2. Langkah selanjutnya lipat kertas menjadi dua dengan lipatan diagonal sehingga membentuk lipatan segitiga. Selanjutnya lipat lagi menjadi bentuk segitiga dan lipat lagi sehingga membentuk segitiga yang lebih kecil.

3. Selanjutnya gunting lipatan segitiga tadi dengan guntingan melengkung untuk membentuk mahkota bunga. Setelah itu buka lipatannya dan rapikan guntingan bila perlu.

4. Selanjutnya buka lagi lipatannya sehingga kita dapatkan bentuk setengan lingkaran. Setelah itu potong menjadi dua dan buka lipatannya lalu potong lagi menjadi dua sehingga kita dapatkan 4 potongan pola dasar bunga terompet yang siap dibentuk.

5. Untuk membentuk bunga terompet, lengkungkan semua ujung mahkota bunga yang bentuknya bergerigi dengan bantuan lidi atau tusuk sate.

6. Setelah semua ujung mahkota bunga dilengkungkan, selanjutnya gunting menyerong salah satu sisi bagian atas.

Tutorial membuat bunga terompet dari kertas part 2

7. Selanjutnya beri lem dan gabungkan sisi satunya bertemu dengan sisi yang digunting tadi sehingga membentuk seperti terompet. Atur bentuk bunganya terutama lengkungannya.

8. Langkah selanjutnya kita buat tangkai putik. Potong kertas origami warna hijau. Setelah itu gulung menyerong sehingga menjadi seperti tangkai. Disini kita butuh empat tangkai putik.

9. Setelah itu ambil lidi atau tusuk sate kemudian bungkus dengan cara melilitkan potongan kertas origami warna hijau. Setelah itu potong kertas warna kuning atau warna apa saja membentuk daun kecil untuk dijadikan putiknya. Selanjutnya tempelkan pada masing-masing tangkai yang sudah dibuat tadi.

10. Buat lagi satu bunga terompet. selanjutnya masukkan tangkai lidi pada bunga terompet. Lakukan hal yang sama pada semua bunga terompet yang sudah dibuat tadi dengan memasukkan pada masing-masing tangkai.

11. Langkah terakhir yaitu merangkai bunga terompet pada tangkai lidi. Ambil dua tangkai bunga terompet dan pasangkan pada tangkai lidi dengan cara melilitkan potongan kertas origami warna hijau. Pasangkan dua tangkai bunga terompet yang lain di bawahnya dan selesai. Kini tangkai bunga bentuknya menjadi bercabang.

Buatlah beberapa tangkai bunga dengan warna yang bervariasi untuk dijadikan hiasan. Percayalah, jika bunga terompet buatan anda hasilnya tidak akan mengecewakan dan cocok untuk diletakkan di sudut ruangan maupun diletakkan di meja belajar anak.

Itulah Ide Kreatif Membuat Prakarya Bunga Terompet dari Kertas. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Prakarya Bunga Terompet dari Kertas"

Posting Komentar

DMCA