-->
Ide Kreatif Membuat Bunga Hias yang Indah dari Kain Flanel

Ide Kreatif Membuat Bunga Hias yang Indah dari Kain Flanel

Punya hobby membuat kerajinan tangan memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada sesuatu yang bisa dijadikan inspirasi. Diantara sekian banyak ide salah satunya yaitu ide kreatif membuat bunga hias yang indah berbahan dasar kain flanel.

Bunga Hias


Bunga hias yang indah dan unik dari kain flanel

Kita semua pasti tahu, kain flanel adalah kain yang sangat populer sebagai bahan dasar dalam pembuatan aneka kerajinan tangan salah satunya bunga. Banyak sekali macam-macam jenis bunga yang bisa dibuat dari bahan kain flanel. Intinya, bentuk bunga seperti apapun itu jika dibuat dari bahan kain flanel sudah tentu hasilnya menarik meskipun teknik yang digunakan sangatlah mudah dan sederhana. Kita tinggal memilih warna-warna apa saja yang sekiranya cocok dengan selera kita.

Seperti pada kesempatan kali ini, saya pun bingung memberi nama bunga yang saya buat ini. Sekilas seperti bunga sakura namun lebih mirip dengan bunga tapak dara. Akhirnya saya memutuskan untuk memberi nama bunga hias sajalah. Karena bunga ini saya buat rencananya memang untuk pajangan yang diletakkan di sudut ruang tamu.

Meskipun sekarang ini bunga hias banyak dijual baik online maupun offline. Namun jika dilihat dari segi harga seringkali membuat kita berpikir dua kali untuk membelinya. Kalau kita bisa membuatnya sendiri kan lumayan bisa menghemat pengeluaran. Lagi pula hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan seperti yang sudah anda lihat tadi. Bagaimana? Bagus tidak bunganya?


Anda tertarik ingin membuatnya juga? Apalagi sebentar lagi kan lebaran. Suasana lebaran umumnya banyak tamu yang berkunjung ke rumah. Ruang tamu yang polos tanpa hiasan tentu tiada berkesan. Dengan adanya bunga hias yang unik, ruang tamu pasti menjadi lebih indah.

Cara Membuat Bunga Hias

Nah, bagi anda yang ingin mempercantik ruang tamu dengan bunga hias yang indah tapi murah, berikut ini caranya. Namun sebelumnya anda harus mempersiapkan bahan dan peralatan yaitu.
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Kertas koran
4. Mutiara sintetis
5. Gunting
6. Jarum + benang
7. Lem tembak

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia. Berikut ini langkah-langkah pembuatan bunga hias. Simak tutorialnya ya ...

Tutorial cara membuat bunga hias dari kain flanel

1. Siapkan tiga kawat kecil dengan ukuran panjang sekitar 30 cm. Kertas koran untuk membungkus ketiga kawat.

2. Langkah selanjutnya potong kertas koran menjadi beberapa bagian. Kemudian ambil ketiga kawat tadi dan jadikan satu. Selanjutnya lilitkan kertas koran pada ketiga kawat tersebut untuk membuat tangkai bunga.

3. Potong kain flanel dengan ukuran lebar 2,5 cm dan panjang mengikuti ukuran tangkai bunga. Untuk warna silahkan sesuaikan dengan selera anda. Biasanya kain flanel yang dijual lembaran berukuran 25 x 25 cm. Anda bisa memotongnya dengan cara menyerong untuk mendapatkan potongan kain flanel untuk tangkai bunga.

4. Setelah itu letakkan tangkai kawat yang sudah dililit kertas koran tadi di tengah-tengah kain flanel. Selanjutnya tangkupkan kain flanel tadi dan jahit menggunakan teknik tusuk feston. Buat tangkai lagi dengan cara yang sama sehingga kita memiliki dua tangkai bunga.

5. Selanjutnya, potong kain flanel yang akan dipersiapkan untuk membuat bunga yang terdiri dari putik, tengah bunga, dan mahkota bunga yang jumlahnya 5 lembar.

6. Cara membuat bunga yaitu dengan memberi lem tembak di tengah-tengah mahkota bunga selanjutnya tangkupkan. Setelah itu rangkai kelima mahkota bunga tersebut sehingga menjadi seperti bentuk bunga. Selanjutnya tempelkan bagian tengahnya bunga dan hias dengan mutiara sintetis yang dijahit di tengah-tengah bunga. Anda bisa menggunakan kancing baju atau potongan kain flanel jika tidak ada mutiara sintetis.

7. Buatlah beberapa bunga dengan cara yang sama. Selanjutnya tempelkan potongan kain flanel pada tangkai untuk dijadikan putik bunga.

8. Langkah berikutnya yaitu memasang bunga pada tangkai. Gunakan lem tembak agar bunga menempel kuat pada tangkai. Jangan lupa potong kain flanel membentuk menyerupai daun. Potong sebanyak 3 lembar.

9. Terakhir, ikat kedua tangkai dengan benang. Selanjutnya tempelkan ketiga daun pada pangkal tangkai bunga. Dan proses membuat bunga hias selesai.

Bunga hias yang indah dari kain flanel sudah siap dipajang. Anda bisa meletakkan bunga pada pot yang dibuat dari kertas karton yang dilapisi dengan kain flanel. Agar bunga bisa berdiri tegak, gulungkan kertas pada pangkal tangkai. Beri lem tembak dan tempelkan pada pot kertas.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Bunga Hias yang Indah dari Kain Flanel. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang sambil menunggu saat berbuka puasa. Trima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat menjalankan ibadah puasa...

Baca juga:

Tidak ada komentar