Membuat Vas atau Pot Bunga dari Barang Bekas Kotak Susu

Pada hakikatnya sebagian besar wanita memang menyukai bunga. Ketika memilih aksesoris, hiasan atau pajangan yang dipilih kebanyakan yang berbentuk menyerupai bunga. Ketika masih sekolah dulu pasti ada pelajaran menggambar dan yang sering digambar adalah bunga. Betul? Dalam membuat kerajinan tangan atau yang lazim disebut prakarya pun yang sering dibuat adalah bunga.

Vas dan Bunga

Ketika membuat kerajinan berbentuk bunga baik untuk dipakai sendiri maupun karena ada tugas dari guru, biasanya setelah bunga jadi kita harus mempersiapkan vas atau pot kecil dari keramik. Untuk vas bunga yang dibuat dari keramik, kita harus membelinya karena tidak mungkin membuatnya sendiri. Namun jika tidak ingin membeli vas bunga, kita masih bisa menggunakan gelas sebagai gantinya. Umumnya gelas yang digunakan untuk vas bunga yaitu gelas kaca yang pasti mudah sekali pecah.

Nah, jika anda termasuk orang yang suka membuat kerajinan tangan khususnya bunga atau saat ini anda sedang membutuhkan vas bunga, mungkin membuat vas atau pot bunga dari barang bekas yaitu kotak susu seperti gambar di bawah ini bisa anda coba.

Vas bunga dari barang bekas yaitu kotak susu

Kelihatannya sederhana memang, namun vas kertas yang sudah kita buat akan memiliki unsur estetika jika sudah kita padukan dengan hiasan bunga. Meskipun dibuat dari bahan kertas, namun siapa sangka vas atau pot ini jika dilihat dari kejauhan tampak seperti pot sungguhan. Dan yang penting vas bunga seperti ini sudah tentu dijamin awet dan anti pecah.

Percayalah membuat vas atau pot seperti ini sangatlah mudah sekali dilakukan. Namun ada juga sebagian orang yang belum tahu bagaimana cara membuat vas atau pot bunga dengan mudah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai cara membuat vas atau pot bunga sendiri dari kertas. Dan berikut ini proses pembuatannya.

Cara Membuat Vas atau Pot Bunga

Untuk membuat vas atau pot bunga, kita hanya membutuhkan barang bekas berupa kotak susu sebagai bahan utama. Sedangkan bahan lain dan peralatan yang dibutuhkan adalah kain perca, lem, dan gunting.

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, mari kita simak langkah-langkah pembuatan vas atau pot bunga berikut ini.

Tutorial vas atau pot dari kertas karton kotak susu

1. Ambil karton bekas kotak susu merk apa saja. Pada tutorial ini menggunakan kotak susu ukuran 400 gram. Setelah itu potong kotak susu menjadi dua.

2. Kotak susu yang sudah dipotong tadi, buang bagian atas dan bawahnya atau tepat pada bagian lipatannya. Selanjutnya lipat kotak susu menjadi dua pada sisi panjangnya dan rekatkan dengan lem.

3. Selanjutnya ukur dari samping kiri dan kanan masing-masing 7 cm dan tandai dengan pensil atau bolpoin. Kemudian lipat dengan bantuan penggaris agar lipatan lurus dan rapi.

4. Langkah berikutnya, kita buat sisi depan dan belakang vas. Ambil potongan kotak susu yang satunya tadi. Selanjutnya letakkan kotak susu yang sudah dilipat tadi untuk dijadikan pola. Setelah itu gambar polanya. Pada bagian atas ukuran dibuat 12 cm. Pada semua sisinya lebihkan 0,5 cm untuk jarak lipatan.

5. Setelah itu gunting menurut pola sehingga kita dapatkan dua sisi permukaan vas dengan ukuran yang pas.

6. Gunting pada bagian bawah yaitu pojok kiri dan kanan. Setelah itu lipat sedikit semua sisi kertas tepat pada garis pola.

7. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan dua permukaan vas tadi. Gunakan lem yang mempunyai daya rekat yang kuat.

8. Nah, itu dia vas atau pot yang sudah setengah jadi. Namun masih ada yang perlu dilakukan yaitu membungkus permukaan pot dengan kain perca atau kain flanel juga oke.

9. Dan itulah vas atau pot yang sudah benar-benar jadi dan siap digunakan untuk menaruh hiasan bunga.

Bagaimana? Mudah kan ? Vas atau pot palsu ini selain cara membuatnya mudah juga sangat murah bahkan gratis karena menggunakan barang bekas. Kelebihan dari vas atau pot kertas ini yaitu bentuknya yang sederhana namun tetaplah menarik dan unik karena dihasilkan oleh tangan kita sendiri.

Tips tambahan
Untuk meletakkan bunga pada pot kertas, anda harus menggulungkan beberapa kertas pada pangkal tangkai bunga hias agar bunga bisa berdiri di tengah-tengah vas. Beri lem tembak pada gulungan kertas dan tempelkan bunga pada vas kertas.

Demikianlah uraian singkat tentang Membuat Vas atau Pot Bunga dari Barang Bekas Kotak Susu. Trimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Selamat beraktivitas dan berkreasi tanpa batas.

0 Response to "Membuat Vas atau Pot Bunga dari Barang Bekas Kotak Susu"

Posting Komentar

DMCA