Ide Kreatif Membuat Buah Pear dari Kain Flanel

Harus diakui, kain flanel saat ini masih tetap menjadi pilihan terbaik sebagai bahan kerajinan tangan dibanding dengan bahan lainnya. Hal ini dikarenakan kain flanel memiliki sifat fleksibel dalam arti mudah dibentuk apa saja misalnya bunga, boneka, dompet, aksesoris dan lain sebagainya.

Banyak sekali ide kreatif yang bisa direalisasikan menjadi kreasi unik. Setelah membuat aneka kerajinan dari kain flanel, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman membuat buah pear dari kain flanel. Buah pear dari kain flanel ini nantinya bisa dijadikan pajangan bersama buah-buahan lain yang juga dibuat dari kain flanel untuk diletakkan di bufet atau di atas meja yang ada di sudut ruangan. Jika biasanya hiasan buah-buahan dibuat dari bahan keramik yang mudah pecah, dengan bahan dari kain flanel dijamin hiasan buah-buahan pasti awet dan tampak alami.

Buah pear dari bahan kain flanel
Berikut ini adalah cara membuat buah pear dari kain flanel yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara Membuat Buah Pear dari Kain Flanel

Untuk membuat buah pear, bahan dan peralatan yang diperlukan yaitu :
1. Kertas untuk pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. lem tembak

Tutorial cara membuat buah pear dari kain flanel part 1

1. Pertama-tama buat dulu pola dasar buah pear dari kertas hvs atau kertas apa saja. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran buah pear asli.

2. Selanjutnya terapkan pola pada kain flanel. Pilihlah kain flanel warna hijau atau warna krem agar buah pear tampak natural. Selanjutnya potong kain flanel seperti pola. Potong sebanyak enam buah.

3. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan keenam potongan pola flanel tadi. Jahit dengan teknik tusuk tikam jejak. Sisakan kira-kira 2 cm untuk membalik bahan.

4. Itulah penampakan buah pear bagian dalam setelah semua pola digabungkan. Gunting-gunting sedikit/ dirajang pada pinggirnya agar nantinya mudah dibentuk.

5. Selanjutnya jahit pada pertemuan sambungan agar buah pear tidak berlubang. Menjahitnya yaitu pada bagian atas dan bawah. Tarik benangnya kemudian simpul kan sehingga lubang menutup rapat dan pertemuan sambungan menjadi rapi.

6. Setelah itu balikkan buah pear sehingga bagian yang dijahit posisinya berada di dalam setelah itu jahit yang terbuka tadi tapi benang jangan diputus dulu. Selanjutnya masukkan sumpit atau batang bambu. Tusuk-tusukkan pelan-pelan untuk merapikan jahitan sehingga buah pear terbentuk.

Tutorial cara membuat buah pear dari kain flanel part 2

7. Nah, itu dia penampakan buah pear yang sudah mulai terbentuk. Selanjutnya ambil dakron secukupnya dan masukkan pada lubang untuk membuatnya berisi.

8. Ratakan dakron dengan bantuan sumpit atau batang bambu selanjutnya tutup lubang dengan menjahitnya menggunakan teknik tusuk roll.

9. Langkah selanjutnya jahit pada bagian atas menembus buah pear bagian bawah untuk membuat kesan masuk ke dalam. Tarik benangnya dan simpulkan.

10. Langkah terakhir yaitu membuat tangkai buah. Potong kain flanel warna coklat berukuran 3 x 2 cm kemudian gulung dan jahit pinggirnya. Kemudian buat daun dan jahit untuk membuat seratnya. Setelah itu tempelkan tangkai pada daun dengan cara dilem tembak. Selanjutnya tempelkan tangkai daun yang telah dibuat tadi tepat di tengah-tengah buah pear.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat buah pear dari kain flanel. Ide Kreatif Membuat Buah Pear dari Kain Flanel ini bisa anda praktek kan di rumah.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Buah Pear dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA