Cara Membuat Kanzashi Kupu-Kupu Sederhana untuk Pemula

Lagi senang-senangnya membuat kanzashi nih ceritanya. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi cara membuat kanzashi kupu-kupu sederhana untuk pemula yang baru mengenal teknik melipat-lipat potongan kain atau yang sama sekali belum mengenal istilah kanzashi. Jika kita melihat aksesoris entah itu bross, jepit dan ikat rambut, bando yang dihias dengan bunga-bunga dari kain perca yang dilipat-lipat, itulah yang dinamakan kanzashi.

Kabarnya, kanzashi ini asalnya dari Jepang yaitu hiasan rambut wanita Jepang semacam konde. Nah, oleh tangan-tangan kreatif, kanzashi ini dikreasikan menjadi aneka bentuk yang unik dan indah misalnya bunga, kupu-kupu dan lain sebagainya. Salah satu kanzashi buatan Kreasi Ceria kali ini yaitu kanzashi kupu-kupu yang dikreasikan menjadi bross cantik.




Bagi anda yang kebetulan memiliki banyak kain perca dan ingin membuat bross sendiri atau aksesoris lain, membuat kanzashi kupu-kupu sederhana sepertinya layak anda coba. Selain hasilnya memuaskan dan bisa langsung dipakai, kanzashi kupu-kupu sederhana seperti ini juga bisa dijadikan ladang bisnis untuk menambah penghasilan anda.

Dan seperti inilah penampakan kanzashi kupu-kupu sederhana yang bisa anda buat sendiri di rumah ...

Kanzashi kupu-kupu sederhana dari kain perca

Bagaimana? Bagus kan? Meskipun sederhana, namun hasilnya tidak terlalu mengecewakan bukan? Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya juga. Berikut ini tutorial cara membuat kanzashi kupu-kupu sederhana.

Cara membuat Kanzashi Kupu-kupu Sederhana

Untuk membuat kupu-kupu kanzashi sederhana, kita hanya perlu menyiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain satin
2. Kain flanel
3. Putik imitasi
4. Manik-manik
5. Kawat
6. Korek gas
7. Peniti bross (optional)
8. Gunting
9. Lem tembak

Langkah-langkah membuat kanzashi kupu-kupu sederhana

Gambar tutorial cara membuat kanzashi kupu-kupu sederhana 1

1. Pilih kain satin yang warnanya sesuai dengan selera anda. Pada tutorial ini menggunakan kain warna emas dan coklat. Selanjutnya potong kain satin warna yang sama membentuk potongan persegi berukuran 7 cm x 7 cm sebanyak 2 lembar dan ukuran 5 cm x 5 cm sebanyak 2 lembar. Potong kain satin warna lain membentuk persegi berukuran 5 cm x cm dan 4 cm x 4 cm. Dengan demikian terdapat potongan kain bentuk persegi sebanyak 8 lembar.

2. Langkah selanjutnya lipat potongan kain satin yang berukuran 7 cm x 7 cm. Lipat menjadi dua dengan mempertemukan ujung-ujungnya sehingga bentuknya menjadi bentuk segitiga. Kemudian lipat kain satin berukuran 5 cm x 5 cm menjadi bentuk segitiga. Lalu tumpuk seperti pada gambar.

3. Setelah itu lipat lagi kedua ujungnya ke tengah sehingga membentuk seperti pada gambar.

4. Lipat lagi menjadi dua seperti pada gambar setelah itu potong sedikit ujungnya lalu dibakar. Tekan-tekan agar menyatu. Potong pada bagian sisi-sisinya yang kurang rapi lalu dibakar dan ditekan-tekan. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kain persegi tadi.

5. Dan itulah hasilnya terdapat 4 layer tumpuk untuk dijadikan sayap kupu-kupu.

6. Langkah selanjutnya beri lem tembak pada bagian bawah seperti pada gambar lalu tekan-tekan agar melekat dan atur agar layer menjadi datar.

Gambar tutorial cara membuat kanzashi kupu-kupu sederhana 2

7. Lakukan hal yang sama pada semua layer tadi sehingga hasilnya tampak seperti pada gambar.

8. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua layer menjadi bentuk menyerupai kupu-kupu. Beri lem tembak pada sisi-sisinya dan tempel kan satu dengan yang lain.

9. Setelah itu rangkai 3 manik-manik. Masukkan kawat dan lengkungkan kedua ujungnya seperti pada gambar agar manik-manik tidak lepas.

10. Langkah selanjutnya, beri lem tembak dan tempelkan putik imitasi. Setelah itu pasangkan manik-manik tadi dengan cara mengaitkan kawatnya.

11. Untuk dasaran kupu-kupu, gunakan kain flanel yag dipotong seperti pada gambar. Beri lem tembak secukupnya lalu tempel kan pada kanzashi kupu-kupu.

12. Langkah terakhir, tempelkan peniti bross pada kain flanel agak ke atas sedikit agar bross bisa tegak dan enak ketika dipakai.

Selain dijadikan bross, anda juga bisa mengkreasikan kanzashi kupu-kupu sederhana ini menjadi aksesoris lain sesuai dengan selera anda.

Demikianlah Cara Membuat Kanzashi Kupu-Kupu Sederhana untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas, berkreasi tanpa batas.

0 Response to "Cara Membuat Kanzashi Kupu-Kupu Sederhana untuk Pemula"

Posting Komentar

DMCA