Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu

Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu

Musim liburan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama mereka yang masih berstatus pelajar. Namun kadang kala liburan yang panjang ternyata juga bisa bikin bosan. Jika orang-orang yang berduit bisa menikmati liburan ke luar negeri, bagi orang yang berkantong pas-pasan seperti saya, liburan cukup di rumah saja hahaha.

Nah, bagi anda semua yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, agar liburan anda menjadi lebih bermakna, maka tidak ada salahnya mengisi waktu liburan dengan berkarya bersama buah hati tercinta.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman liburan yang menyenangkan yaitu membuat prakarya celengan dari bahan bekas botak susu. Ya, kita semua pasti tahu kan, susu adalah minuman bergizi yang disukai anak-anak bahkan orang dewasa juga menyukainya. Apalagi susu segar dalam kemasan kotak yang rasanya sangat lezat dan bisa dinikmati dalam segala suasana. Sudah susunya enak, kemasannya juga bisa dimanfaatkan loh.

Seperti ini nih penampakan celengan bentuk rumah dari bahan bekas kotak susu.

Celengan dari bahan bekas kotak susu

Sangat sederhana bentuknya dan cara membuatnya juga sangat gampang sekali jadi cocok untuk melatih daya kreativitas anak-anak yang masih balita maupun yang sudah duduk di bangku taman kanak-kanak.




Celengan unik dari kotak susu ini, selain bisa digunakan untuk menyimpan uang juga bisa dijadikan pajangan. Anak-anak pasti tertarik untuk membuatnya juga karena membuat celengan ini erat kaitannya dengan budaya hidup hemat yaitu menabung yang pasti juga diajarkan di sekolah-sekolah. Sebagai orang tua tentunya senang dan bangga jika melihat anak yang sudah pandai berkarya. Berikan pujian kepada anak sebagai apresiasi karya yang dihasilkan oleh tangan mungilnya.

Berikut ini penulis bagikan pengalaman membuat prakarya selama liburan yaitu memanfaatkan barang bekas kotak susu menjadi celengan unik bentuk rumah.

Cara Membuat Celengan dari Kotak Susu

Untuk membuat celengan ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. 2 buah kemasan kotak susu
2. Kertas origami double face dan motif
3. Lem fox
4. Cutter
5. Gunting

Langkah-langkah membuat celengan

Gambar tutorial celengan dari kotak susu part 1

1. Persiapkan dua kemasan kotak susu 1000 ml, kertas origami double face, dan yang bermotif. Pada totorial ini yang digunakan adalah kertas origami berukuran 16 cm x 16 cm.

2. Langkah selanjutnya gunakan salah satu kotak susu. Potong kotak susu tadi. Setelah itu lapisi potongan dengan kertas origami motif seperti pada gambar yang diibaratkan sebagai genteng rumah.

3. Setelah itu potong lagi kotak susu membentuk segitiga sebanyak 2 buah. Sesuaikan ukurannya dengan lebar celengan.

Gambar tutorial celengan dari kotak susu part 2

4. Lapisi potongan kertas berbentuk segitiga tadi dengan kertas origami lalu lipat tepinya seperti pada gambar.

5. Untuk bagian utama atau body celengan, gunakan kotak susu yang satunya. Potong bagian atasnya lalu bungkus dengan kertas origami polos seperti pada gambar.

6. Langkah selanjutnya buat lubang untuk memasukkan uang. Anda bisa menggunakan cutter ketika membuat lubang. Penggunaan cutter ini sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jauhkan cutter dari jangkauan anak-anak.

7. Langkah terakhir, pasangkan 2 segitiga tadi pada body celengan. Setelah itu pasangkan bagian atasnya yaitu yang menyerupai atap rumah. Gunakan lem fox yang terbukti memiliki daya rekat yang kuat. Dan celengan bentuk rumah sudah jadi.

Demikianlah sharing pengalaman Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu yang bisa saya bagikan. Anda bisa memcobanya sendiri di rumah. Happy holiday ...

Baca juga:

Tidak ada komentar