Cara Paling Mudah Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

Cara Paling Mudah Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

Membuat kerajinan atau prakarya adalah pelajaran yang selalu ada di sekolah. Biasanya para pelajar baik yang masih duduk di bangku sekolah dasar maupun menengah jika ada tugas kerajinan banyak dari mereka yang masih kebingungan kira-kira membuat apa. Survey membuktikan banyak yang memilih membuat bunga. Biasanya siswi atau yang cewek memang cenderung memilih membuat kerajinan bunga. Namun ada juga siswa atau yang cowok ternyata juga senang membuat bunga. Entah seperti apa bunga yang dibuat dan dari bahan apa.

Bagi kalian nih para pelajar yang saat ini ada tugas prakarya, tulisan tentang cara paling mudah membuat bunga tulip dari kain flanel ini mungkin bisa kalian jadikan referensi. Ya, bunga tulip yang sangat keren dan mudah sekali cara membuatnya. Dan seperti inilah penampakan bunga tulip dari kain flanel.

Bunga tulip cantik dari bahan kain flanel

Bagaimana? Bagus kan? Dijamin kalian juga bisa membuatnya dan hasilnya mungkin lebih bagus. Setelah dinilai guru, prakarya yang sudah dibuat jika memang bagus biasanya akan dijadikan pajangan di ruang kelas atau ruang guru. Nah, mau kan dapat nilai bagus terus prakarya kalian dijadikan pajangan? Meskipun nantinya prakarya yang sudah kalian buat ternyata tidak dijadikan pajangan di sekolah, jangan kecewa ya. Karena bisa jadi prakarya kalian itu dibawa pulang oleh guru kalian hehehe

Cara Membuat Bunga Tulip


Untuk membuat bunga tulip, kamu kalian perlu mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan yang sangat sederhana dan juga mudah didapat. Berikut ini peralatan dan bahan-bahannya.
1. Kain flanel
2. Bambu
3. Dakron
4. Lem fox
5. Kawat
6. Solasi hijau
7. Jarum dan benang
8. Gunting
9. Lem tembak
10. Mutiara imitasi

Langkah-langkah Membuat Bunga Tulip
Setelah alat dan bahan-bahan sudah tersedia, berikut ini langkah-langkah pembuatan bunga tulip yang sudah penulis lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Gambar tutorial bunga tulip cantik dari flanel part 1

1. Pertama-tama kita buat tangkai bunga nya dulu. Potong kain flanel warna hijau dengan ukuran 3 cm x 25 cm. Setelah itu beri lem fox dan letakkan bambu lalu bungkus bambu tersebut. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk feston.

2. Buat beberapa tangkai bunga. Pada tutorial ini bunga bunga yang dibuat sebanyak 6 tangkai.

3. Langkah selanjutnya yaitu membuat bunga tulip. Siapkan kain flanel warna apa saja. Kemudian potong menjadi bentuk persegi panjang berukuran 6 cm x 15 cm.




4. Kita lanjutkan proses membuat bunga yaitu dengan cara menjahitnya. Gabungkan kedua sisi kain flanel tadi kemudian jahit lurus sehingga membentuk seperti pipa.

5. Selanjutnya jahit jelujur pada salah satu sisi yang berbentuk seperti pipa tadi secara melingkar mengikuti lingkaran kain tersebut sehingga menghasilkan kerutan. Jarum dan benangnya jangan dilepas dulu, biarkan menjuntai. Tarik benangnya dan kendurkan sedikit kerutannya, lalu masukkan tangkai selanjutnya tarik benangnya untuk merapatkan kerutannya kemudian lilitkan benang yang menjuntai tadi dan simpulkan benangnya. Tusukkan jarum pada kerutan sampai menembus kerutan tersebut agar bunga tidak mudah lepas.

6. Balikkan kain dan rapikan sehingga bentuknya berubah seperti gelondongan tabung.

Gambar tutorial bunga tulip cantik dari flanel part 2


7. Agar bunga berbentuk, isi lubang tersebut dengan dakron secukupnya. Tekan-tekan dan tambahkan lagi dakronnya bilamana masih ada ruang yang kosong di dalamnya agar bunga padat berisi.

8. Jahit bunganya mulai dari bagian dalam agar bundelan benang tidak tampak dari luar dan kelihatan lebih rapi. Jahit untuk mempertemukan kedua sisi kain. Tarik benang dengan kencang dan ulangi menjahitnya agar jahitan lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Setelah itu jahit kembali dari arah sebaliknya. Jangan lupa matikan jahitannya agar benang tidak lepas. Untuk langkah ini benang jangan dipotong dulu. Agar bunga tampak cantik selanjutnya pasang manik-manik di tengahnya dengan cara dijahit. Setelah itu matikan jahitannya dan pastikan agar jahitannya kencang.

9. Buat beberapa kuntum bunga tulip dengan warna yang berbeda.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Potong kawat sepanjang 20 cm. Kemudian lilitkan solasi hijau.

11. Potong kain flanel warna hijau untuk daun. Buat daun yang agak panjang berukuran 17 cm. Selanjutnya tempelkan kawat yang sudah dililit solasi tadi kemudian lengkungkan daunnya.

12. Buat daun sebanyak 6 sesuai dengan jumlah bunga. Dan bunga tulip beserta daunnnya sudah siap dirangkai dalam vas bunga.

Bagaimana adik-adik? Mudah bukan? Kiranya cukup sekian Cara Paling Mudah Membuat Bunga Tulip Flanel yang bisa penulis bagikan. Selamat berkreasi!

Baca juga:

Tidak ada komentar