Ide Kreatif Membuat Headband Cantik dari Kain

Ide Kreatif Membuat Headband Cantik dari Kain

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Banyak sekali aksesoris yang bisa dipilih untuk menghias rambut agar penampilan lebih menarik salah satunya headband atau ikat rambut. Headband ini fungsinya sama seperti bando, hanya saja bahan yang digunakan yaitu dari kain.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan ide kreatif membuat headband cantik dari kain yang dihias dengan bunga kanzashi. Jika anda memiliki anak perempuan yang sedang lucu-lucunya, membuat headband cantik seperti ini mungkin bisa anda jadikan pilihan untuk menghias rambut putri tercinta.

Headband cantik dari kain satin

Selain bisa dipakai oleh putri anda, headband cantik seperti yang sudah kami buat ini juga bisa dipakai oleh mamanya dan jadilah ikat rambut cantik. Agar anda bisa membuatnya juga, berikut ini sharing cara membuat headband cantik dari kain.

Cara Membuat Headband Cantik


Begini cara membuat headband cantik dari kain yang bisa anda terapkan. Yang kita butuhkan adalah :
1. Kain satin
2. Kian flanel
3. Karet elastik
4. Kancing hias
5. Korek gas
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah Pembuatan Headband

Gambar tutorial headband cantik dari kain part 1

1. Potong kain berukuran 3 cm x 66 cm. Usahakan kain tidak terlalu tebal. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kain satin.

2. Lipat kain menjadi dua bertemu pada sisi panjangnya. Selanjutnya jahit lurus namun jangan dijahit semuanya. Sisakan 4 cm pada kedua ujungnya. Setelah dijahit selanjutnya bakar pinggirnya agar serat kain tidak terburai. Setelah itu balikkan kain menggunakan tusuk sate.

3. Setelah selesai membalik kain, selanjutnya pertemukan ujung dengan ujung kemudian dijahit lurus.

4. Setelah kedua ujung kain tersambung, selanjutnya masukkan sambungan dan hasilnya tampak seperti pada gambar.



5. Siapkan karet elastik yang panjangnya 40 cm dan ujungnya dipasang peniti. Setelah itu masukkan elastik dengan bantuan peniti ke dalam kain. Sematkan jarum pentul pada salah satu ujung elastik agar elastik tidak masuk ke dalam. Dan setelah elastik bertemu dengan ujungnya selanjutnya simpulkan elastiknya atau bisa dijahit agar rapi. Setelah itu jahit tepi kain yang masih terbuka tempat masuknya elastik tadi.

6. Dan itulah hasilnya kain mengerut. Untuk mempercantik ikat rambut, anda bisa menambahkan hiasan bunga kanzashi dari kain perca yang dipotong persegi berukuran 5 cm x 5 cm. Ada dua layer bunga kanzashi yang pertama sebanyak 6 dan yang kedua sebanyak 8. Gunakan kain yang berbeda warna.

Gambar tutorial headband cantik dari kain part 2

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat bunga kanzashi. Lipat kain persegi tadi menjadi lipatan segitiga. Setelah itu lipat seperti pada gambar untuk membuat mahkota bunga.

8. Lakukan langkah yang sama pada kain yang dipotong persegi tadi sehingga jadilah 14 mahkota bunga kanzashi yang siap dirangkai.

9. Rangkai mahkota kanzashi satu-persatu sehingga membentuk menyerupai 2 bunga kanzashi seperti pada gambar.

10. Potong kain flanel membentuk lingkaran untuk dasar bunga kanzashi. Selanjutnya beri lem tembak dan tempelkan bunga kanzashi pada kain flanel.

11. Langkah selanjutnya tempelkan kancing hias di tengah-tengah bunga untuk menutupi lubang.

12. Langkah terakhir tempelkan bunga kanzashi pada headband elastik tadi. Tempelkan potongan kain flanel seperti pada gambar untuk merekatkan bunga kanzashi pada headband.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Headband Cantik dari Kain. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar