Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Cantik Bentuk Kupu-kupu

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Agar bisa cantik maksimal, maka tidak heran jika perawatan untuk rambut terkadang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini dilakukan agar rambut tetap sehat dan indah. Selain itu, untuk menunjang penampilan biasanya digunakan aksesoris mulai dari jepit rambut, bando, dan ikat rambut.

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan ide kreatif dan cara membuat ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu. Bagi anda ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan berniat ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat, kegiatan seperti ini bisa anda coba khususnya untuk bunda yang memiliki anak perempuan, anda bisa membuat aksesoris rambut yang cantik untuk sang buah hati.

Ikat Rambut Cantik Bentuk Kupu-kupu

Dan untuk kreasi kali ini, yaitu ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu, bahan yang digunakan adalah kain perca satin yang memiliki penampilan glossy, berkilau sehingga tampak elegan dan cocok jika digunakan sebagai bahan aksesoris.

Selain bisa dipakai sendiri, atau untuk putri tercinta, ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan karena bahan yang digunakan juga sangat sederhana yaitu dari kain perca satin.

Anda pun juga bisa membuatnya karena caranya juga terbilang sangat gampang dilakukan meskipun oleh pemula sekalipun. Berawal dari coba-coba siapa tahu pada saatnya nanti memungkinkan keterampilan yang anda miliki dalam membuat ikat rambut bisa menjadi lahan bisnis bagi anda.

Ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu dari kain satin

Bagaimana? memang cantik kan ikat rambut bentuk kupu-kupu dari kain perca satin ini? Berikut ini saya bagikan tutorialnya, simak baik-baik ya, agar anda juga bisa membuat ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu.

Cara Membuat Ikat Rambut Cantik Bentuk Kupu-kupu

Untuk membuat ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain perca satin
2. Ikat rambut
3. Pita
4. Putik imitasi
5. Gunting
6. Jarum dan benang
7. Korek gas
8. Lem tembak

Step by step membuat ikat rambut bentuk kupu-kupu

Gambar tutorial ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu part 1

1. Potong kain satin membentuk persegi panjang berukuran 5 cm x 10 cm sebanyak dua helai. Potongan bentuk persegi panjang berukuran 5 cm x 8 cm sebanyak dua helai. Potongan kain satin ini nantinya akan digunakan untuk membuat sayap atas dan bawah.

2. Selanjutnya yaitu melipat kain untuk membuat sayap bagian atas. Kita gunakan kain yang ukurannya 5 cm x 10 cm. Sebelum melipatnya, bakar dulu semua sisi kain agar serat kain tidak terburai. Selanjutnya melipat kain. Posisikan bagian dalam kain atau yang jelek menghadap ke atas kemudian lipat kain ke kanan menjadi dua seperti pada gambar.




3. Setelah itu lipat lagi menyamping sehingga menjadi lipatan segitiga kemudian bakar tepinya agar serat kain tidak terburai.

4. Lakukan hal yang sama pada kain yang satunya. Lipat dengan arah berlawanan dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

5. Untuk membuat sayap bawah, kita gunakan kain yang ukurannya 5 cm x 8 cm. Lakukan dengan cara yang sama seperti membuat sayap atas.

6. Itulah penampakan keempat sayap kupu-kupu dengan lipatan yang ada di bawah saling berhadapan.

Gambar tutorial ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu part 2

7. Tumpuk kedua sayap dengan posisi sayap bagian atas atau yang lebih besar berada di atas. Sematkan jarum pentul seperti pada gambar.

8. Langkah selanjutnya, jahit tepi kain lalu tarik benangnya dan simpulkan. Jahit lagi yang satunya lalu tarik dan simpulkan benangnya. Selanjutnya gabungkan kedua sayap dengan cara mengaitkan benangnya lalu simpulkan.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat badan kupu-kupu dan antena. Potong pita berukuran 1 cm x 5 cm. Lalu tempelkan putik imitasi.

10. Langkah berikutnya, beri lem tembak dan tempelkan badan kupu-kupu pada bagian sayap tadi tepat di tengahnya.

11. Balikkan kupu-kupu lalu beri lem tembak dan tempelkan ikat rambut. Lipat pita tadi sehingga menutupi ikat rambut lalu tekan-tekan.

12. Dan ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu sudah jadi. Buatlah 2 ikat rambut dengan warna kain yang sama untuk mendapatkan sepasang ikat rambut yang cantik dan siap dipakai atau bahkan untuk dijual.

Kini saatnya berpose ...

Gambar ikat rambut cantik bentuk kupu-kupu yang lucu

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Cantik Bentuk Kupu-kupu yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Selamat berkarya dan bersenang-senang dengan putri tercinta ya :)

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Cantik Bentuk Kupu-kupu"

Posting Komentar

DMCA