Tutorial Membuat Gantungan Kunci Keroppi dari Kain Flanel

Seperti yang kita ketahui, gantungan kunci adalah benda yang dikaitkan dengan kunci agar kunci memiliki penanda sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Disamping itu, gantungan kunci juga bisa dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik tas. Gantungan kunci dalam bahasa Inggris  disebut keychain.

Gantungan Kunci Keroppi

Beberapa waktu yang lalu, saya mengunjungi toko aksesoris. Kebetulan saya sedang butuh gantungan kunci untuk menggantikan gantungan kunci lama yang sudah buluk. Banyak sekali model gantungan kunci dari berbagai bahan yang bisa kita temukan di toko-toko aksesoris. Namun kebanyakan gantungan kunci yang dijual itu dari bahan yang keras seperti plastik. Meskipun ada yang empuk tapi modelnya kurang menarik. Akhirnya saya tidak jadi membeli dan ingin membuatnya sendiri. Gantungan kunci keroppi. Dan tutorial membuat gantungan kunci keroppi dari kain flanel ini akan saya bagikan di sini.

Gantungan Kunci Keroppi dari Kain Flanel

Bagi saya, gantungan kunci menjadi benda yang sangat penting karena kunci tanpa gantungan biasanya mudah hilang apalagi kunci kontak motor. Lain halnya jika ada gantungan kuncinya maka akan mudah dicari karena dengan penampakan gantungan kuncinya saja maka sudah bisa diketahui kuncinya.

Dengan gantungan kunci berbahan kain flanel yang empuk, dijamin ebek-ebek motor nggak bakalan lecet-lecet. Dan ketika kunci kontak diletakkan di suatu tempat, maka mudah ditemukan karena warna keroppi hijau yang mencolok. Jika tidak ingin menggunakannya sebagai gantungan kunci, keroppi dari kain flanel ini juga bisa dijadikan boneka pajangan kalau dibuat dengan ukuran besar.

Gantungan Kunci Boneka Keroppi dari Kain Flanel

Bagaimana? Lucu kan? Lumayan untuk menambah koleksi mainan di rumah anda. Dan berikut ini ....

Cara Membuat Gantungan Kunci Keroppi

Untuk membuat gantungan kunci keroppi, peralatan dan bahan yang diperlukan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Mata boneka
5. Tali kur
6. Gantungan kunci
7. Pita
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Lem tembak

Langkah-langkah membuat gantungan kunci keroppi

Tutorial Gantungan Kunci Keroppi dari Bahan Kain Flanel

1. Pertama-tama, buatlah pola dasar gantungan kunci keroppi pada kertas hvs atau kertas buku. Sedangkan untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan. Pola dasar gantungan kunci keroppi berupa pola bagian kepala, badan, dan kaki.

2. Langkah selanjutnya yaitu menerapkan pola dasar gantungan kunci keroppi pada kain flanel. Pilih kain flanel warna hijau muda. Untuk bagian badan potong kain flanel sebanyak 2 buah. Bagian kepala 2 buah. Bagian kaki 4 buah.

3. Langkah selanjutnya pasangkan tali kur dengan memasukkannya pada rantai gantungan kunci seperti pada gambar.

4. Selanjutnya jahit bagian pola kepala keroppi. Gunakan teknik tusuk feston. Menjahitnya dimulai dari bawah. Selanjutnya beri lem tembak pada bagian atas dan tempelkan tali kur yang sudah dikaitkan dengan gantungan kunci tadi. Setelah itu lanjutkan proses menjahit nya dan sisakan kira-kira 1,5 cm untuk lubang masuknya dakron. Kemudian masukkan dakron dengan bantuan sumpit atau tusuk sate dan lanjutkan menjahit untuk menutup lubang masuknya dakron tadi.

5. Lakukan hal yang sama untuk bagian badan dan kaki. Dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat mulut dari kain flanel warna hitam. Potong melengkung dan tempelkan pada bagian kepala keroppi. Tambahkan potongan bentuk lingkaran kecil di kanan kiri mulutnya. Selanjutnya tempelkan kedua mata boneka.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat rok. Lipat atau wiru pita berukuran lebar 3 cm. Sesuaikan dengan ukuran badan keroppi.

8. Setelah itu tempelkan roknya pada badan keroppi. Tempelkan pita agak kecil pada rok bagian atas agar bentuk rok tampak seperti rok sebenarnya.

9. Langkah terakhir gabungkan badan, kepala, dan kaki keroppi dengan cara dilem tembak. Pasangkan kepala dan kaki pada badan keroppi. Tambahkan hiasan pita di bawah kepala keroppi. Selesai.

Gantungan kunci keroppi dari kain flanel sudah jadi dan siap dipasangkan pada kontak sepeda motor atau untuk hiasan tas.

Demikianlah sharing Tutorial Membuat Gantungan Kunci Keroppi dari Kain Flanel. Selamat mencoba...

0 Response to "Tutorial Membuat Gantungan Kunci Keroppi dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA