Ide Kreatif Membuat Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas

Masih dalam rangka membuat kerajinan dari bahan bekas. Kali ini penulis ingin berbagi ide kreatif membuat tempat pensil lucu unik dari botol bekas. Tempat pensil ini berbentuk kelinci yang dibuat dari botol bekas dan kain flanel.

Membuat Tempat Pensil Sendiri Yuk !

Seperti yang kita lihat, tempat pensil banyak sekali dijual di pasaran. Bentuknya pun sangat beragam dan lucu-lucu baik yang berbahan dasar seng, plastik, hingga dari barang bekas yang dimodifikasi menjadi kreasi handmade yang unik dan memiliki nilai jual.

Untuk memiliki tempat pensil lucu dan unik itu sebenarnya sangat mudah, tidak harus membeli. Kita bisa membuat tempat pensil dari bahan yang sudah tidak digunakan lagi alias dari sampah seperti yang sudah kami buat ini. Tempat pensil seperti gambar di bawah ini dibuat dari botol bekas air mineral.

Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas

Bagaimana? Lucu kan? Selain bisa mengurangi jumlah sampah, membuat tempat pensil seperti ini juga bisa menghemat biaya karena sama sekali tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil ini sering kita jumpai di rumah kita yaitu botol bekas dan kain flanel yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kerajinan.

Membuat tempat pensil unik dan lucu dari bahan bekas mungkin bisa anda jadikan referensi. Saat ini botol bekas sering digunakan oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bahan prakarya. Membuat kerajinan dari bahan bekas ditujukan untuk pembelajaran agar anak mengetahui manfaat barang bekas atau sampah dan bagaimana mengelolanya menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Bagi anda yang berminat mendaur ulang sampah menjadi tempat pensil, berikut ini kami bagikan pengalaman membuat tempat pensil lucu model kelinci.

Cara Membuat Tempat Pensil Lucu Unik

Berikut adalah alat dan bahan untuk membuat tempat pensil dari botol bekas:
Botol air mineral
Kain flanel
Dakron
Mata Boneka
Jarum dan Benang
Gunting/ Cutter
Lem tembak

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkahnya.

Tutorial Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas bagian 1

1. Siapkan botol plastik bekas air mineral yang sudah dibersihkan. Lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol. Setelah itu gambarlah dengan menggunakan spidol untuk pola kelinci.

2. Selanjutnya gunting botol tadi menurut pola yang dibuat. Saat menggunting botol, sebaiknya gunakan cutter terlebih dahulu. Potong sedikit saja untuk melubangi botol selanjutnya potong dengan menggunakan gunting.

3. Selanjutnya siapkan selembar kain flanel. Setelah itu letakkan botol tadi pada kain flanel dan buatlah pola menggunakan pensil sesuai dengan pola pada botol.

4. Setelah itu gunting kain flanel sesuai dengan pola botol. Lebihkan kain flanel kira-kira 1 cm untuk lipatan bawah dan atas.

5. Langkah berikutnya bungkus bagian botol dengan kain flanel tadi. Beri lem pada bagian tepinya kemudian rekatkan.

6. Gunting sedikit kain flanel bagian lipatan tepatnya di kedua sisinya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

Tutorial Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas bagian 2
 
7. Langkah selanjutnya lipat kain flanel yang dilebihkan tadi. Lipat ke dalam yaitu pada bagian mulut botol, beri lem dan rekatkan. Lipat pula pada bagian bawah/ dasar botol.

8. Selanjutnya potong kain flanel untuk bagian alas tempat pensil atau untuk bagian kaki kelinci. Beri variasi dengan kain flanel warna yang berbeda agar lebih menarik.

9. Setelah itu beri lem tembak kemudian tempelkan alas pada bagian bawah tempat pensil.

10. Potong kain flanel untuk membentuk telinga dan tangan kelinci. Beri variasi dengan kain flanel warna yang berbeda.

11. Langkah selanjutnya tempelkan bagian telinga dan tangan kelinci pada body tempat alat tulis seperti pada gambar.

12. Buat bulatan untuk hidung kelinci. Potong kain flanel membentuk lingkaran. Jahit dengan tusuk jelujur dan masukkan dakron. Gunting kain flanel warna putih untuk membuat gigi kelinci dan buat garis dengan bolpoin. Untuk kumis kelinci bisa menggunakan benang wol yang dilipat. Setelah itu pasangkan kumis, gigi, dan hidung kelinci. Gunakan lem tembak. pasangkan pula kedua mata boneka. Selesai.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa diterapkan.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Tempat Pensil Lucu Unik dari Botol Bekas"

Posting Komentar

DMCA