Cara Membuat Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah

Cara Membuat Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah

Sedang ada tugas prakarya dari guru seni budaya dan ketrampilan nih? Biasanya anak SD suka membuat kerajinan yang mudah-mudah saja namun bukan berarti kemampuan anak SD itu terbatas. Nyatanya banyak anak SD yang sudah pandai berkarya dan hasilnya patut diacungi jempol. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi Cara Membuat Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah dari botol air meneral yang dihias dengan bunga kertas sehingga tempat alas tulis yang asalnya dari sampah akan tampil cantik dan indah layaknya hiasan meja.

Seperti yang kita ketahui, kerajinan tangan yang sedang booming di kalangan pelajar saat ini adalah kerajinan dari barang bekas. Mengapa menggunakan barang bekas? Tidak lain hal ini bertujuan untuk mendidik anak-anak untuk belajar mencintai lingkungan salah satunya dengan mendaur ulang sampah.

Jika ada yang masih bingung ingin membuat apa. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba membuat tempat alat tulis seperti yang sudah kami buat ini. Tempat alat tulis yang unik, cantik, dan indah berhias bunga-bunga.

Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah dari Botol Bekas

Bagaimana? Bagus kan. Tidak nampak kalau ternyata itu adalah botol air mineral. Jika diletakkan di meja belajar maka jadilah hiasan bunga yang cantik.

Inilah Cara Membuat Tempat Alat Tulis

Nah, bagi kalian para pelajar yang berminat mendaur ulang sampah menjadi tempat alat tulis, berikut ini kami bagikan pengalaman membuat tempat alas tulis cantik dan indah berhias bunga-bunga.

Untuk membuat tempat alat tulis ini, berikut adalah alat dan bahan yang harus dipersiapkan yaitu :
Botol air mineral
Kertas buffalo
Pensil
Gunting/ Cutter
Lem tembak
Pita

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkahnya.

Tutorial Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah dari Botol Bekas

1. Siapkan botol plastik bekas air mineral yang sudah dibersihkan. Lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol. Selanjutnya potong bagian atas botol. Saat memotong botol, sebaiknya gunakan cutter terlebih dahulu. Potong sedikit saja untuk melubangi botol selanjutnya potong dengan menggunakan gunting.

2. Langkah selanjutnya siapkan kertas bufallo warna hijau 1 lembar. Lingkarkan pada botol untuk mengetahui ukurannya. Kemudian buatlah garis-garis dengan jarak 1 cm.

3. Gunting tepat pada garis-garis yang sudah dibuat. Untuk jumlah garis-garis disesuaikan saja dengan ukuran lingkar botol bagian dalam agar nantinya bisa pas ketika dimasukkan.

4. Setelah itu gabungkan kedua sisi kertas. Beri lem tembak lalu rekatkan dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

5. Langkah selanjutnya lengkungkan kertas dengan menggunakan spidol marker atau bisa menggunakan benda lain yang berbentuk silinder.

6. Langkah berikutnya masukkan kertas buffalo yang digulung tadi pada botol. Jika ukurannya benar maka hasilnya gulungan kertas buffalo akan menyatu bisa pas pada botol.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat bunga. Buat pola dulu kemudian terapkan pada kertas buffalo. Ada 3 bagian bunga yaitu besar, agak kecil dan tengahnya bunga. Agar bunga tampak bagus, lengkungkan mahkota bunganya dengan lidi.

8. Kita lanjutkan proses membuat bunga. Tumpuk ketiga bagian bunga sehingga hasilnya akan tampak seperti pada gambar. Banyak bunga disesuaikan dengan tangkai atau kertas yang digunting menurut garis-garis tadi.

9. Langkah selanjutnya tempelkan bunga pada tangkai dengan cara melingkar mengikuti jumlah guntingan kertas. Agar bunga bisa berdiri, ikatkan pita seperti pada gambar dan selesai.

Bagaimana? Mudah kan Cara Membuat Tempat Alat Tulis Cantik dan Indah ini? Ide membuat tempat pensil ini tentunya mudah dipraktekkan anak-anak yang sedang mendapat tugas membuat prakarya.

Baca juga:

Tidak ada komentar