Ide Kreatif Membuat Pohon Apel dari Kain Flanel

Ide Kreatif Membuat Pohon Apel dari Kain Flanel

Masih dalam rangka membuat kerajinan atau prakarya. Kali ini penulis ingin membagikan ide kreatif membuat pohon apel dari kain flanel. Meskipun tidak mirip dengan pohon apel aslinya, minimal bisa digunakan untuk menghias ruangan.

Bagi kalian para pelajar yang saat ini ada tugas prakarya, tak usah bingung-bingung lagi ingin membuat kerajinan seperti apa. Kreasi flanel dalam bentuk pohon apel ini mungkin bisa kalian jadikan referensi. Dan seperti inilah penampakan pohon apel dari kain flanel.

Ide Kreatif Pohon Apel dari Kain Flanel

Bagaimana? bagus kan? Baiklah, langsung saja ya berikut ini saya bagikan tutorial cara membuat pohon apel dari kain flanel yang bisa kalian terapkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Pohon Apel

Untuk membuat pohon apel ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Kertas hvs untuk pola
3. Dakron
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Lem tembak

Langkah-langkah membuat pohon apel 

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkah membuat pohon apel dari kain flanel.

Gambar Tutorial Pohon Apel dari Kain Flanel 1

1. Pertama-tama, buat pola dasar pohon yang digambar di atas kertas hvs. Setelah itu gunting pola dasar pohon tadi dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

2. Pilih kain flanel warna coklat. Setelah itu lipat kain flanel ukuran 25 cm x 25 cm menjadi dua. Terapkan pola dasar pohon pada kain flanel. Sematkan jarum pentul selanjutnya gunting kain flanel menurut pola dasar tadi.

3. Setelah kain flanel digunting, selanjutnya lepaskan jarum pentul dan sematkan jarum pentul pada kain flanel. Selanjutnya jahit sekeliling pohon flanel dengan teknik tusuk feston.

4. Langkah selanjutnya, masukkan dakron secukupnya pada pohon flanel tadi. Atur dakronnya agar rata dan pohon flanel mulai berbentuk.

5. Setelah itu potong kain flanel bentuk potongan lingkaran untuk alas pohon flanel. Selanjutnya jahit melingkar pada bagian bawah menggunakan teknik tusuk feston.

6. Nah, itu dia pohon dari kain flanel yang dapat diletakkan dengan posisi tegak.

Gambar Tutorial Pohon Apel dari Kain Flanel 2

7. Kita lanjut dengan proses membuat daun. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Potong sebanyak mungkin kemudian tempelkan daun satu-persatu pada pohon flanel.

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat buah apel. Di sini yang digunakan adalah kain flanel warna merah. Potong kain flanel berbentuk potongan lingkaran agak kecil. Kemudian jahit jelujur di sekeliling kain flanel. Tarik benangnya dan jahit saling mengait agar terbentuk bulatan. Buat sebanyak lima biah.

9. Langlah selanjutnya tempelkan buah apel merah yang sudah dibuat tadi pada pohon seperti pada gambar.

10. Pohon apel dari kain flanel sudah jadi. Letakkan pohon apel pada pot yang dibuat dari kertas dan kain flanel. Beri lem tembak pada alas pohon apel selanjutnya tempelkan pada pot. Dan pohon apel dari kain flanel siap dipajang di rumah atau pun dibawa ke sekolah.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Pohon Apel dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan di sini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar