Tutorial Cara Membuat Kaktus Centong dari Kain Flanel

Tutorial Cara Membuat Kaktus Centong dari Kain Flanel

Kaktus adalah sejenis tanaman hias yang memiliki bentuk yang unik. Ada banyak jenis kaktus salah satunya kaktus centong. Ada yang menyebutnya tanaman entong-entongan karena bentuknya yang mirip dengan centong nasi.

Tumbuhan kaktus centong biasanya tumbuh di halaman rumah. Tumbuhan ini bisa tumbuh tinggi dan bercabang-cabang dan cabangnya itu berupa daun sekaligus sebagai batangnya. Bentuknya yang menarik ini ternyata telah menginspirasi saya untuk membuatnya sebagai hiasan rumah. Bukan kaktus yang sebenarnya, namun kaktus palsu dari kain flanel. Dan berikut ini tutorial cara membuat kaktus centong dari bahan kain flanel yang bisa anda ikuti jika anda ingin membuatnya juga hehe.

Oh ya, seperti inilah penampakan kaktus centong yang sudah kami buat. Kini kaktus centong dari kain flanel ini menjadi hiasan cantik di sudut ruangan.

Bunga Kaktus Centong dari Kain Flanel

Waah kok banyak sekali ya kreasi dari kain flanel di blog ini. Semua yang dipublish merupakan konten original. Tentu saja. Karena di dunia nyata, Kreasi Ceria adalah sebuah industri kreatif yang bergerak di bidang handmade.

Cara Membuat Kaktus Centong

Untuk membuat kaktus centong ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut.
1. Kain flanel
2. Kertas untuk pola
3. Dakron
4. Mutiara imitasi
5. Jarum dan benang
6. Gunting
7. Lem tembak

Langkah-langkah membuat kaktus centong

Gambar Tutorial Kaktus Centong dari Kain Flanel part 1

1. Siapkan kain flanel warna hijau. Setelah itu buat pola dari kertas. Pola dibuat menyerupai pohon kaktus centong seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya, terapkan pola pada kain flanel. Sematkan jarum pentul kemudian gunting kain flanel menurut pola.

3. Setelah kain flanel digunting selanjutnya jahit dengan menggunakan teknik tusuk feston.

4. Langkah selanjutnya masukkan dakron pada body kaktus. Atur dakronnya agar rata. Jangan terlalu banyak dakronnya agar bentuknya agak gepeng menyerupai kaktus centong. Siapkan pula potongan kain flanel seperti pada gambar untuk bagian bawah kaktus centong.

5. Selanjutnya jahit potongan kain flanel tadi di bagian bawah dengan teknik tusuk feston.

6. Langkah selanjutnya pasang mutiara imitasi pada kaktus depan dan belakang dengan cara dijahit satu-persatu.

Gambar Tutorial Kaktus Centong dari Kain Flanel part 2

7. Langkah berikutnya yaitu membuat bunga untuk kaktus. Potong kain flanel warna merah muda. Potong seperti pada gambar.

8. Langkah berikutnya rangkai potongan kain flanel tadi membentuk bunga dengan cara dijahit. Dan hasilnya seperti pada gambar.

9. Untuk bagian tengah bunga, potong kain flanel warna kuning membentuk potongan lingkaran. Jahit dengan teknik tusuk jelujur kemudian tarik benangnya dan buat bulatan. Selanjutnya tempelkan bulatan di tengah-tengah bunga.

10. Buat bunga sebanyak tiga dengan cara yang sama. Dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

11. Langkah selanjutnya tempelkan semua bunga pada pohon kaktus centong dengan menggunakan lem tembak.

12. Letakkan kaktus centong pada pot bunga. Beri bulatan-bulatan yang diibaratkan sebagai bebatuan. Dan Jadilah hiasan kaktus centong yang siap mempercantik ruangan.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Kaktus Centong dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat membuatnya juga ya ...

Baca juga:

Tidak ada komentar